Dysmenorrhea » Discussions » Nyeri haid

  • Posted April 26, 2013
    ozah: klo datang bulan sering sakit, bln 1 telat 4 hari bln 2 telat 9 hari
    Dok: nyeri di awal mens adl hal yg wajar, selama tdk berkepanjangan dan hanya di awal mens saja
    Dok: siklus mens yg tdk teratur bs disebabkan banyak hal, misalnya: stres, kelelahan, makan tdk teratur, gangguan hormon, penggunaan obat2an, dll
    ozah: pada masa subur kami berhubungan tiap hari sampai pd jadwal mau haid
    ozah: apa ada pengaruh
    Dok: hubungan seksual tdk mempengaruhi siklus haid, kecuali jika tjd kehamilan
    ozah: sbelum dtg haid apa bisa di tes pak
    Dok: silakan melakukan test pack 2 minggu stl terlambat haid. anda juga bisa memastikannya ke dokter kandungan (usg) saat sudah minimal 5 minggu telat haid
    ozah: hub seksual tiap hari tdk apa2 ya dok, spy cepat hamil
    Dok: sebaiknya setiap 2 hari, memberi anda berdua kesempatan utk istirahat dan menjaga kualitas sperma
    ozah: tkadang stelah brhubungan 3 hari terus off 2 hari cairan sy bisa keluar putih itu knp ya dok
    Dok: apakah gatal?
    ozah: iya
    Dok: apakah berbau tdk sedap?
    ozah: sbelum & ssudah keluar cairan itu gatal
    Dok: apakah baunya tdk enak?
    ozah: iya betul dok
    Dok: kemungkinan yg anda alami adl infeksi pada kemaluan. hal ini bisa diobati. segera konsultasi ke dokter utk diperiksa lebih lanjut
    ozah: apa itu faktor jd lambat hamil
    ozah: sbelumnya kami sdh 3 dokter kandungan konsul
    ozah: sdh di ksh obat buat hormon jg
    Dok: infeksi pada kemaluan bisa menyebar ke kandungan jika tdk segera diobati. efeknya memang bisa berpengaruh pada kesuburan
    ozah: mhn petunjuk dok klo di cirebon dmana?
    Dok: silakan anda cari di sini http://www.blabladoctor.com/groups?category_id=52&subcategory_id=636
    ozah: ok trims dok
  • Posted April 30, 2013
    Dr.: siang
    Mina: dok saya mau tanya, saya selalu merasa sakit sekali perutnya saat sedang haid, apa itu wajar?
    Dr.: masih wajar
    Dr.: tidak wajar jika sampai berkepanjangan
  • Efi
    Posted May 13, 2013
    ayu fitria mandarasari: saya mau tanya, kenapa setiap mensturasi saya sakitnya gak wajar ya?
    ayu fitria mandarasari: misalnya pertama saya gemeteran gitu, kuku saya biru semua, terus lama-lama saya lemes banget. baru deh keluar mens nya, abs itu saya pusing nggak karuan,sampe ahirnya muntah
    Dok: sejak kapan mengalami ini?
    ayu fitria mandarasari: itu sudah kurang lebih 6bulan, sebelumnya kalo minum obat seperti kiranti dan feminax rasa sakitnya masih bisa saya tahan,atau obatnya ngefek,saya lgsg tidur. skrg kalo minum obat,perut saya makin menjadi,dan sudah pasti obat yg saya minum keluar lg
    Dok: apakah siklus anda teratur?
    ayu fitria mandarasari: teratur kok dokter
    Dok: keluhan saat mens ini berlangsung selama berapa lama biasanya?
    ayu fitria mandarasari: apa itu wajar atau saya harus periksa ya?
    ayu fitria mandarasari: hari pertama yang paling gak bisa saya tahan dok, saya bener2 gabisa ngapa2in ditempat tidur. hari kedua, masih sakit juga tapi sudah bs masuk makanan. hari ketiga biasanya nyeri tapi sudah bs beraktifitas. hari selanjutnya sudah gak sakit sih dok
    Dok: sebelumnya apakah tdk ada keluhan ini?
    ayu fitria mandarasari: apa itu berbahaya atau wajar ya dokter? kadang saya takut karena sakitnya luar biasa
    ayu fitria mandarasari: mungkin sudah sekitar 6 bulan dokter. sebelumnya saya masih bs mengkonsumsi obat-obatan seperti feminax dan kiranti. tapi skrg saya udh gabisa masuk obat lagi,karna malah makin sakit dan selalu saya muntahin
    Dok: sebelum 6 bulan ini apakah seperti ini juga?
    ayu fitria mandarasari: iya seperti ini tapi nggak sampe muntah2 dok... dan sebelum 6bulan ini saya selalu konsumsi obat-obatan, jadi kalo sudah mulai sakit banget saya baru minum obat
    Dok: saya tdk bs berkomentar berbahaya atau tdknya, krn saya tdk memeriksa anda secara langsung
    Dok: tapi krn perubahan ini baru2 saja dan mengganggu aktivitas anda, sebaiknya anda konsultasi ke dokter kandungan. sekaligus bs mendapat obat yg sesuai utk mengurangi keluhan
    ayu fitria mandarasari: begitu ya dok.... terimakasih dokter :)
  • Posted May 15, 2013
    Dr.: siang
    wenty mawenda: selamat siang dok. saya wenty dari jakarta
    Dr.: ya
    Dr.: ad ayang bs dibantu
    wenty mawenda: saya ingin menanyakan kenapa setiap saya menstruasi rasanya sakit hingga 2 hari berturut2
    wenty mawenda: apa ada yang salah dengan saya?
    Dr.: usia berapa?
    wenty mawenda: tahun ini 19 th
    Dr.: sejak kapan nyerinya?
    wenty mawenda: sejak saya SMP
    Dr.: berapa hari kalau haid?
    wenty mawenda: tidak tentu, kadang 1 minggu kadang cuma 4 hari
  • Posted May 20, 2013
    Ariyana noorhayati: halo permisi dok ? mau nanya hmmm mslah ad nggk dok hubungannya kurangnya darah bsa mnyebabkan menstruasi nggk ad lgi?
    Dok: bagaimana keluhannya?
    Ariyana noorhayati: sering pusing melayang mual sih trus pas banget lgi menstruasi,
    Ariyana noorhayati: bru 2 hr mens trus nih udh nggk ad lagi ap ad pengruhnya dri kurang drah itu dok jd mens sya udh nggk ad lg?
    Dok: sebelumnya bagaimana siklus mensnya?
    Ariyana noorhayati: udh 2x mens ini sering sakit smpe kurng drah kya gini , siklusnys sih 28 hri gmna tuh dok?
    Dok: biasanya siklus teratur?
    Dok: brp hari biasanya mens berlangsung (sebelum saat ini)
    Ariyana noorhayati: 2 hri yg derasnya ssanya yg sdkit* smpe 4-5 hri aj biasanya
    Dok: jadi mens yang hanya 2 hari baru 2x ini saja?
    Ariyana noorhayati: iya sklus trturnya 28 hari
    Ariyana noorhayati: iya dok gmna itu?
    Dok: apakah biasanya di awal mens anda juga merasa lemas, pusing, dll? (sebelum ini)
    Ariyana noorhayati: stiap kli mau mens gitu ya
    Dok: sebenarnya kurang darah tidak menyebabkan mens berhenti, namun mens yg terlalu lama atau darah haid yg keluar terlalu banya lebih dari biasanya, bisa menyebabkan kurang darah/darah kurang
    Dok: ada 2 istilah, kurang darah: merupakan tekanan darah yg rendah, ini gejalanya jg sama dgn darah kurang (darah dalam tubuh menurun krn banyak dikeluarkan), yaitu pusing, lemas, mengantuk, sulit konsentrasi, dll
    Dok: jika gejala2 ini dialami di awal mens dan berhenti begitu mens berhenti atau begitu hari2 terakhir mens, maka ini adalah wajar. kecuali jika hal2 ini sudah mengganggu aktivitas anda (sampai pingsan, tdk bs bekerja, dll)
    Dok: jika anda merasa gejala2 tsb semakin berat, sebaiknya konsultasi ke dokter kandungan
    Ariyana noorhayati: ouwgh trus gmna, ? mmang udh sblmnya dknal anemia sih, aplgi klo sblm mens shri itu udh sakit sering pusing smpe nggk bsa bgun stlh esk hri trnyta mens, nah bru 2 kli in yg mensnya awlnya nggk ad tnda* seperti biasa mlah pas udh mens jd pusing trus mual ampe muntah bhya nggk dok?
    Ariyana noorhayati: knp mesti kedokter kandungan dok?
    Dok: ke dokter kandungan karena hal ini menyangkut dengan keadaan rahim/kandungan anda
    Ariyana noorhayati: kemngknan knp dok
    Dok: jika baru dialami sekali dua kali, belum tentu berbahaya, kecuali terus-menerus dan mengganggu aktivitas anda. pada orang biasa pun, saat mens bisa menderita anemia krn banyak darah yg keluar. pada orang anemia, harus berhati2 mengenai keluarnya darah yg terlalu banyak
    Dok: jika mual dan muntah menetap, sebaiknya anda ke dokter
    Dok: kemungkinannya bisa krn gangguan hormon atau gangguan pada kandungan
    Ariyana noorhayati: sebabkan gra* ap dok?
    Ariyana noorhayati: bru 2x aj sih ap nnti aj klo seandainya udh lbih dri 2x dok
    Dok: jika anda sudah tidak tahan gejalanya, silakan ke dokter
    Ariyana noorhayati: klo sya mnum telur ayam yg nggk trllu msak itu gmna dok ?
    Ariyana noorhayati: memangnya kmgkinn knp dgn kndungan rahim sya dok mnrt dokter
    Dok: ada apa dgn telur ayam? saya belum pernah mendengar penelitian itu
    Dok: saya tdk bs berkomentar, krn saya tdk memeriksa anda secara langsung
    Ariyana noorhayati: biasanya sih buat mnmbah drah dok?
    Dok: saya belum pernah membaca penelitiannya
    Ariyana noorhayati: emang ad hubgannya dok mens dgn rahim kndungn emngnya brbhya ya dok?
    Dok: berbahaya atau tidaknya saya tdk bs berkomentar, tergantung kondisi pasien saat diperiksa
    Ariyana noorhayati: oh jd sran nya gmna dlu dok sblm kdkter ap ad cra yg lain slain konsul kdkter
    Dok: paling baik adl dengan makan teratur, bergizi, istirahat cukup
  • Posted May 23, 2013
    maijonimaijoni: siang dok saya mau tanya perut istri saya sering sakit saat datang bulan cara mengatasinya gimana ya dok
  • Posted May 27, 2013
    icha cinthiya: dokter kalau pms sakitnya sampai pingsan itu normal gak?
    Dok: sejak kapan mengalaminya?
    icha cinthiya: sejak umur 15 tahun sampai sekarang
    icha cinthiya: sekarang sy 20 thin
    Dok: biasanya mengalaminya pada brp hari mens atau sblm mens?
    icha cinthiya: 1 hari sebelum mens dan 2 hari diawal mens dokter
    Dok: apakah siklus mensnya teratur?
    icha cinthiya: kadang tidak teratur dokter , kadang telat 1 - 2 minggu
    Dok: apakah darah sangat banyak keluarnya?
    icha cinthiya: hari pertama sampai 3 banyak , hari seterusnya sedikit
    Dok: bagaimana dgn aktivitas sehari2? apakah sering merasa kelelahan?
    icha cinthiya: iya sering
    Dok: anda bisa saja pingsan krn kelelahan, kurang tidur, makan tdk teratur/kurang, dll. sedangkan mens adl saat dmn anda banyak kekurangan darah
    Dok: jadi coba pada mens berikutnya istirahat cukup, jangan memaksakan diri, makan yang bergizi, terutama buah dan sayuran, serta hindari stres
    Dok: jika hal ini masih tetap berlanjut, sebaiknya konsultasi ke dokter kandungan
    icha cinthiya: terimakasih dokter
  • evi
    Posted May 28, 2013
    evi afriani: saya mau tanya sesuatu ke pada dr ?
    Dr. Anna: silakan
    evi afriani: knp ya doc , setiap awal saya mau datang bulan selalu muncul rasa sakit yg amat sakit doc ? itu biasanya terjadi sebelum hari pertama doc ?
    Dr. Anna: brp usia anda?
    Dr. Anna: sdh brp lama tjadi?
    evi afriani: 23 tahun doc ... itu terjadi udah hampir 1 tahun lebih doc
    Dr. Anna: brp hari biasanya nyerinya (yg terasa sgt sakit)? Siklus mens teratur?
    evi afriani: 1 hari sebelum sama 1 hari pertama
    Dr. Anna: memang pada wanita bs tjadi nyeri saat menstruasi akibat kram pd otot rahim.
    Dr. Anna: utk menguranginya sangat disarankan utk rajin berolahraga (terutama diluar siklus mens), minum minuman hangat, kompres perut atau pijatan lembut.
    evi afriani: oo iyaa tq ya doc, jd gak ada masalah serius ya doc ...
    Dr. Anna: nyeri yg dirasakan bisa bervariasi derajatnya.
    Dr. Anna: jika anda rasakan nyeri bertambah/mengganggu aktivitas; sebaiknya diperiksakan ke dokter. Mungkin diperlukan pemeriksaan tambahan sperti USG utk mengetahui penyebabnya.
  • Posted May 28, 2013
    atika mulia: mengapa y dok,.saat menstruasi saya merasakan nyeri yng begitu hebat??
    Dr.: pagi
    atika mulia: pagi dok..
  • Posted May 28, 2013
    AyaKu: sy mau bertanya seputar rasa nyeri yg hebat saat menstruasi
    Dok: usia anda berapa?
    Dok: sudah sejak kapan keluhannya?
    AyaKu: sy hrs gimana dok agar rasa nyerinya hilang tanpa perlu minum obat??
    AyaKu: menjelang 24 dok
    AyaKu: sejak sethn lalu dok
    Dok: nyeri perutnya dirasakan berapa hari?
    AyaKu: awal menstruasi dan 1-2 hari menjelang bersih
    Dok: menstruasi berapa hari?
    AyaKu: seminggu dok paling lamanya
    Dok: nyeri pada haid selama 3 hari pada setiap haid anda?
    AyaKu: mksdnya dok?
    Dok: setiap anda haid anda merasa nyeri perut selama 3 hari?
    AyaKu: iya
    AyaKu: solusinya gimn dok biar rasa nyerinya ilang tanpa perlu minum obat
    Dok: menurut bbrp penelitian, olah raga teratur dapat membantu untuk menghilangkan nyeri pada saat haid
    AyaKu: sy jg bekerja dari jam 8.00-16.00 wita
    Dok: disertai dengan mengurangi rokok, minuman beralkohol, minuman yg mengandung kafein
    Dok: hindari stress, istirahat yg cukup
    Dok: konsumsi makanan yg sehat
    AyaKu: terima kasih dok
    Dok: sama sama