Menstrual problems » Discussions » mens tidak teratur

  • Posted December 21, 2012
    Ripkah: Selamat Siang Dr. Anna
    Dok: selamat siang
    Ripkah: dok, saya mau tanya, umur saya 18thn saya sudah 2bln belum datang bulan.. apa ini termasuk normal atau bagaimana ? makasih :)
    Dok: apakah ini pertama kali mengalaminya?
    Ripkah: sudah beberapa kali sih dok ..
    Dok: hal ini dapat disebabkan oleh bbrp hal
    Dok: seperti adanya stress, peningkatan atau penurunan berat badan yang drastis
    Dok: adanya gangguan pada ketidak seimbangan hormon, gangguan pada hormon tiroid, gangguan pada sistem reproduksi
    Dok: apakah sudah pernah melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan?
    Ripkah: belum dok ..
    Dok: sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan keadaan anda
    Ripkah: saya belum pernah ke dokter kandungan
    Ripkah: oh . iya baiklah .. makasih dok :)
    Dok: sama-sama
  • Posted December 25, 2012
    Dok: hallo
    nana: iya dok saya mau tanya, teman saya umur 15 th tetapi belum kena menstruasi tuh asal'a knp ya, dan teman saya ad satu lagi kalo dapet tuh knp 2 bln smpek 3 bln sekali dok, makasih
    Dok: periode menstrusi bervariasi stiap individu
    Dok: siklus menstruasi pun tidak selalu teratur,,
    nana: gmna dok
    Dok: jadi masih normal untuk 2 kasus tersebut....
    Dok: apalagi usia teman anda masih relatif muda.....
    Dok: dipantau saja stiap bulannya siklus mens... jika keluhan mens sering berturut-turut dan mengganggu aktifitas anda, anda dapat memeriksakan langsung ke dokter utk melihat kondisi anda
  • Posted December 27, 2012

    Lisa Amalia: saya baru berumur 22 tahun tinggi saya 175 tp berat saya 90kg. menstruasi sy dari SMA sampai sekarang sering tidak teratur bisa sampai 3 bulan tidak datang, dan apabila tiba menstruasi paling lama 1 Minggu dan itu pun tidak lancar banyak bercak2 bergumpal yg keluar, kira2 apakah ada penyakit yg menimpa saya ?
    Dok: banyak penyebab tdk lancarnya haid, bs krn stres, kelelahan, gangguan hormon, pola makan tdk teratur, bs jg krn berat badan tdk seimbang
    Dok: krn anda termasuk dalam golongan overweight, ada baiknya mulai mengatur pola makan, istirahat, dan OR yg bisa menurunkan BB mencapai ideal (utk ukuran anda adl 67-73kg)
    Lisa Amalia: apakah sy harus memeriksakan ke dokter kandungan? soalnya sy rada takut untuk memeriksakan ke dokter.
    Dok: kemudian hindari stres baik fisik maupun psikologis, hindari makanan siap saji, yg mengandung msg, dan pengawet
    Dok: krn hal ini sudah berlangsung lama, ada baiknya jika anda konsultasi dgn dokter kandungan, agar bisa diperiksa secara langsung dan jika diperlukan akan diberi obat yg sesuai
    Lisa Amalia: kalau penyakit kista itu bagaimana dok gejalanya? mungkin ngga saya terkena penyakit seperti itu karena jadwal bulanan sy yg tidak teratur?
    Dok: utk mengetahui apakah ada sesuatu dalam kandungan, harus diperiksa lebih lanjut, bs dgn USG, cek darah, dll. gejala kista tergantung jenis kistanya, letaknya, ukurannya, dll
    Lisa Amalia: oww begitu yah. OK Dok terima kasih atas konsultasi nya dan waktunya
  • Posted December 28, 2012
    devi: mau tnya dok,bln oktober sy haid tgl 3 tp tgl 29 ud haid lg diawali flek hmpir seminggu kemudian keluar darah sprti biasa,totalnya hampir 2minggu..truz bln des ini tgl 23 ada flek coklat tp cm 2 hari setelah itu bersih,pagi td tespk hslny negatif,,kira2 knp yaa dok??
    Dok: bagaimana siklus haid anda biasanya?
    devi: biasanya normal dok,cm bln nov kmrn aja yang kacau,, saya ulang ya dok,tgl 23 kmrn saya ada flek coklat tp cm 2 hari, saya kira saya hamil tp td pagi saya test hslnya negatif,, atau saya terlalu cepat untuk test yaa dok?
  • Posted December 29, 2012
    Dok: ha;;p
    wanti: siang
    wanti: saya amu tanya tentang menstruasi dok
    Dok: ya
    wanti: cara untuk memancing agar menstruasi datang gimana ya? sebenernya tanggal 25 kemarin saya sudah harus haid, tp tgl 26 belum. ya maksud aku agar bisa liburan besok gak keganggu dengan haid. begitu dok
    wanti: bagaimana?
    Dok: siklus haid setiap individu tidak selalu sama... kadang maju kadang mundur... tergantung kondisi fisik juga...
    Dok: jika masih maju atau mundur 1-3 hari masih normal....
    wanti: kira kira dokter punya tips gak untuk cara memancing haid?
    Dok: jauhkan diri dari stress dan kelelahan fisik
    Dok: gangguan menstruasi yang dikarenakan sebab patologis atau penyakit hanya diketahui jika dilakukan pemeriksaan langsung ke dokter.
  • Posted January 3, 2013
    denok: saya umur 31 th, tidak memakai alat kontra sepsi tp kok mens saya tidak teratur ya dok, kenapa itu dok
    Dok: bagaimana tdk teraturnya bs dijelaskan?
    denok: tidak lancar, kadang terlambat 2 minggu gt dok, apa itu wajar dok
    Dok: sejak kapan anda mengalami hal ini?
    denok: kadang terlambat 2minggu dan cuma 3 at 4 hari sdh selesai,
    Dok: berapa berat badan dan tinggi anda?
    denok: setelah menggunakan KB spiral
    denok: Bb 68 dan tingginya 168
    Dok: sudah berapa lama sejak melepas kb?
    denok: kurang lebih 1 th
    Dok: apakah selama 1 thn tdk menggunakan kb apapun?
    denok: tidak
  • Posted January 3, 2013
    nurfitri: kok saya haid sebulan gak seperty perempuan yg lain na
    Dok: bs dijelaskan bagaimana siklusnya biasanya?
    nurfitri: akir2 ini saya haid sebulan 3x
    nurfitri: tp klo sudah haid wktu nya cuma 3 sampwe 4 harian
    Dok: sejak kapan haidnya spt ini?
    nurfitri: baru dok
    Dok: sdh brp lama?
    nurfitri: baru bulan kemarin dok
    Dok: apakah anda sedang menggunakan kontrasepsi?
    nurfitri: tidak dik
    nurfitri: dok
    Dok: selama ini bagaimana siklus mensnya?
    nurfitri: normal dok,baru kali ini aja sayanalamin sprti ini dok
    Dok: perubahan siklus mens bs disebabkan banyak hal, misalnya: stres, kelelahan, makan tdk teratur, banyak makan makanan dengan pengawet, msg, merokok, alkohol, dll
    Dok: bs jg krn gangguan hormon (gangguan organ di dalam tubuh)
    Dok: anda bisa mencoba menghindari hal2 yg saya sebut di atas utk beberapa waktu
    Dok: jika belum ada perubahan, sebaiknya anda konsultasi ke dokter kandungan utk diperiksa secara langsung dan menyeluruh
    nurfitri: kira2 penyakit apa. dok yg mungkin bisa terjadi kalau terus2an spt ini dok
    Dok: saya tdk bs memastikan apa yg menyebabkan perubahan siklus mens anda, krn saya tdk memeriksa anda secara langsung
    Dok: utk memastikan penyebabnya, anda bs konsultasi ke dokter kandungan, dan mengatur pola makan dan istirahat
    nurfitri: ok dok,
    nurfitri: makasi buat info nya
  • Posted January 4, 2013
    rara: Haloo dokter saya mau tanya saya belum menikah umur saya 22 tahun saya sudah 3 bulan ini berhenti haid saya pun sudah konsultasi ke dokter waktu bulan november tapi dokter saranin saya waktu itu untuk konsultasi lagi bulan januari ini saya pun sempat di usg.apakah telat haid saya tidak berbahaya ?
    Dok: saya tdk bs menyimpulkan berbahaya atau tdk krn saya tdk memeriksa anda secara langsung
    Dok: apakah anda sudah melakukan test pack?
    rara: Sudah dok dan hasilnya negatif malah sebelum saya konsultasi ke dokter dan yang bikin saya sedikit takut adalah waktu pas saya tes usg dokter bilang rahim saya bagus hanya telur yang dalam perut saya itu kecil-kecil dan dokter bilang ini yang membuat seseorang susah untuk punya anak . Saya sempet khawatir dok , padahal kan saya juga blm menikah . Dan dokter pun menyarankan januari ini saya harus cek up baru dia bisa kasih obat katanya . Apakah wajar jika terjadi keterlambatan haid sampai 3 bulan ? Karna sebelumnya haid saya lancar dok .
    Dok: tdk teraturnya siklus mens bs disebabkan banyak hal, yg paling sering adl krn stres, kelelahan, makan tdk teratur, konsumsi rokok, alkohol, makanan dgn pengawet/msg, konsumsi obat2 tertentu, kontrasepsi, dll
    Dok: anda bisa menghindari stres, kelelahan, dll yg saya sebutkan di atas utk beberapa waktu, lihat apakah ada perubahan atau tdk
    Dok: jika tdk, sebaiknya konsultasi ke dokter kandungan utk diperiksa lebih lanjut, apakah ada penyebab lainnya spt gangguan hormon atau gangguan pd rahim
    rara: Iya dokter saya sempat terganggu dengan pola makan saya yang kurang teratur sekarang-sekarang ini. Apakah ada kemungkinan saya bisa haid kembali dengan lancar? Makanan apa saja yang harus saya hindari dan bagus untuk di konsumsi ?
    Dok: jika memang penyebabnya adl hal2 yg saya sebutkan di atas, maka ketika hidup anda sudah kembali teratur, kemungkinan siklus akan kembali spt semula
    Dok: hindari makanan siap saji, berminyak, dan cemilan2 dalam kemasan
    Dok: perbanyak makan sayur dan buah
  • Posted January 15, 2013
    weny surono: salm knal dok,,,sya mau tnya ap penyebab telad dtng bln... ap bnr krn kekurangan hormin? mohon solusinya....
  • tya
    Posted January 28, 2013
    Dynastya: dok saya udah telat 4 minggu, kira2 knp ya dok?
    Dok: apakah anda sudah tes kehamilan?
    Dynastya: sudah dan hasilnya negatif
    Dok: sebelumnya bagaimana siklus mens anda?
    Dynastya: kadang suka telat sih dok plg 2 minggu.. tp ini yg agak lama