Dyspepsia » Discussions » Mual dan nyeri ulu hati

  • Posted October 24, 2012
    yeni: siang dokter....
    Dok: selamat siang
    yeni: dokter saya mau tanya
    Dok: silahkan
    yeni: perut saya kok sering mual2 dan gk enk makan di ulu hati ini terasa sakit. apa penyakit yg saya derita saat ini
    Dok: usianya berapa?
    Dok: sudah sejak kapan keluhannya?
    yeni: 27 tahun
    yeni: gk enak makannya sudah 5 hari
    yeni: waktu itu bersamaan dg nyeri haid
    Dok: saat ini gejala apa yang paling mengganggu?
    yeni: mual2 dan gk enk makan...
    Dok: apakah disertai dengan demam?
    Dok: apakah anda ada riwayat gangguan maag?
    yeni: tidak desertai demam...
    yeni: ada riwayat maag
    Dok: hal ini mungkin disebabkan oleh adanya gangguan maag
    Dok: anda dapat mengkonsumsi antacida untuk mengurangi gejala
    Dok: dan biasakan pola makan yang teratur
    Dok: sehari makan 3x dengan 2x snack diantaranya
    Dok: jangan sampai perut terlalu kosong
    yeni: oh gitu ya...., berarti saya kena maag ya....?
    Dok: mungkin saja iya
    Dok: tanpa pemeriksaan secara langsung saya tidak dapa mengatakan diagnosis dengan pasti
    yeni: katanya dokter yg kemaren saya periksa katanya infeksi saluran pencernaan
    Dok: bila dari hasil pemeriksaan secara langsung anda memiliki infeksi maka mungkin memang hal tersebut
    yeni: nanti saya tak coba beli obat antacida karena obat yg di kasih dokter kemaren keluhannya kok msh tetep...
    Dok: ok
    yeni: makasih ya dokter atas infonya...,
    yeni: klo da keluhan lagi bolehkah saya bertanya?
    Dok: sama sama
    Dok: boleh kok
  • Posted November 1, 2012
    Dok: halo
    sefan: hai
    sefan: siang, dok..
    Dok: bisa dibantu?
    sefan: dok, saya punya penyakit lambung, nih. dah kmna2 mash aja suka kambuh, gimna dok? apa benar sakit maag ssh disembuhkan?
    Dok: yang paling penting dalam penatalaksanaannya bukan sembuh dengan obat
    Dok: tapi mengatur pola makan yang benar dan pola hiup sehat
    Dok: untuk pengaturan makan bagi penderita gastritis dianjurkan porsi kecil dengan frekuensi sering, hindari terlambat makan
    Dok: hindari makanan pedas juga stress
    Dok: hal tersebut justru menjadi pemicu meningkatnya produksi asam lambung
    sefan: ciri2x maag yg udah kronis itu gimna dok? kalo boleh tau..
    Dok: yang tidak berkurang dengan perubahan pola hidup
    sefan: mksdnya, dok??
    Dok: dengan tadi perubahan pola hidup yang saya jelaskan diatas tidak menurangi keluhan dan gejala
    sefan: ya... yayaya... saya faham
    sefan: trims ya dok atas informasinya..
    sefan: dok, boleh satu lagi saya tanya?
    Dok: oke
    sefan: kenapa kalo sakit lambung kepala ikut sakit ya?
    Dok: gangguan pencernaan berimbas gangguan penyerapan makanan, bila makanan tidak diserap dengan baik tentu akan mengganggu metabolisme jaringan lain
    Dok: krn jaringan butuh nutrisi untuk bekerja
    Dok: termasuk otak
  • Posted November 9, 2012
    yayan: mau nanya dok tentang dada saya saat minum kopi berlebihan kok kadang terasa sakit y
    Dok: dada sebelah mana
    yayan: sblah bawah deket perut
    yayan: kadang buat bernafas jg agak sakit
    Dok: apakah rasanya melilit? spt panas terbakar?
    Dok: apakah merasa mual?
    yayan: ya agk panas
    Dok: kemungkinan yg anda alami adl gejala maag. kopi memang bs mengiritasi lambung
    yayan: y kalo trus berdiri n jalan rasanya mual
    yayan: pgen muntah
    Dok: sebaiknya minum kopi stl makan kenyang. hindari jg makanan yg pedas, asam, mengandung santan
    Dok: jika anda tdk bs tahan, berarti sebaiknya tdk usah minum kopi
    yayan: kalo maag emang saya pernah skit maag smpai kronis dok
    yayan: tp dah lama bget g kambuh
    yayan: setelah saya rutin minumm telur ayam kampung
    Dok: maag bs kambuh krn kopi
  • Posted December 13, 2012
    ayu shaleha: saat bangun tidur perut saya kecil, tapi kenapa setelah di isi makan saat siang hari perut saya membesar. dan setelah makan, rasanya mual, dan terkadang dada saya terasa sesak. padahal saya makan secukupnya dok
    Dok: apakah membesarnya sangat signifikan?
    ayu shaleha: tidak begitu dok. saat saya tekan, di dalam perut seperti ada bunyi udara keluar.
    Dok: keluar dari mana? apakah anda selalu merasa kekenyangan sehabis makan?
    ayu shaleha: entahlah dok. pokonya saat saya tekan, di dalam perut bunyi suara udara. iya dok, kekenyangan. padahal saya makannya tidak banyak.
    Dok: boleh tahu usia, berat badan dan tinggi badan anda?
    ayu shaleha: usia saya 18 tahun. berat 45 kg, dan tinggi 150 cm.
    Dok: selain perut membesar, keluhan apa lagi yg dirasakan?
    ayu shaleha: mual sehabis makan, terkadang sesak nafas.
  • Posted December 14, 2012
    fatmawati: iy saya tiappagi sering diare. . tp mlm na enggak np y dok
    dok: Sudah sejak kapan keluhan ini dirasakan?
    fatmawati: udah beberapa hr yg lalu dok
    dok: Dalam satu hari, berapa kali diare?
    fatmawati: cuma pagi max.2x
    dok: Apakah diare cair/padat?
    fatmawati: tadi pagi pertama padat trus yg k 2 cair
    dok: Disertai lendir/darah?
    fatmawati: enggak dok. . cm sama pusing jg
    dok: Apakah sejak beberapa hari belakangan ini mengkonsumsi sesuatu yang di luar kebiasaan?
    fatmawati: enggak dok semua sama
    dok: Bagaimana dengan pola makan?
    fatmawati: pola mkn emg g teratur dok
    dok: Dikatakan diare apabila terdapat bab cair lebih dari 4 kali dalam sehari. Bisa jadi yang ibu rasakan karena pola makan yang tidak teratur.
    fatmawati: tp cm tiap pagi dok. . apa enggak apa"
    dok: Apakah BAB disertai nyeri perut yang tidak biasa?
    fatmawati: nyeri" mules gt dok
    dok: Atasi terlebih dahulu dengan atur pola makan dan hindari makanan pedas. Cukup minum untuk mencegah dehidrasi
    fatmawati: bole tnya 1lagi dok???
    dok: Silahkan
    fatmawati: tiap maag saya kambuh pinggul atas kiri juga sakit nyeri bgt n telapak tangan saya juga sering berkeringat. . bahaya g dok????
    dok: Apakah nyeri maag disertai mual muntah?
    fatmawati: klo mual kadang iy dok
    dok: Bagaimana dengan suhu tubuh ibu?
    fatmawati: anyep gt dok keluar keringat dingin
    dok: Tanda-tanda yang perlu diwaspadai pada serangan sakit maag adalah jika nyeri ulu hati disertai dengan mual dan muntah, demam tinggi, nyeri menjalar ke punggung belakang atau ke lengan
    fatmawati: kadang waktu maag kambuh ampe k dada juga sakit
    dok: Kapan keluhan tersebut muncul? Apakah berhubungan dengan saat makan?
    fatmawati: saat maag uda terlanjur kambuh. . tidak sebelum makan. .
    dok: Maaf atas penundaaannya. Sebentar lagi saya akan berbicara dengan anda.
    dok: Setelah makan apakah keluhan berkurang?
    fatmawati: iy dok
    fatmawati: sakit d bagian perut(lambung) tambah sakit dok
    dok: Bagaimana dengan BAB?
    fatmawati: tidak ada masalah. .
    dok: Terima kasih telah menunggu. Sebentar lagi saya akan berbicara dengan anda.
    dok: Apakah ada obat-obatan yang rutin dikonsumsi?
    fatmawati: cuma obat maag dok klo kambuh
    dok: Sebentar lagi saya akan berbicara dengan anda.
    dok: Apakah dengan obat maag tersebut keluhan membaik?
    fatmawati: hari berikut na nyeri berkurang tp saya tetep minumin obt lg
    dok: Dapat juga disebabkan karena pola makan yang tidak teratur tadi
    fatmawati: nyeri d pinggul kiri tidak perlu d khawatirkan lkn dok???
    dok: Dalam skala 1-10 (1 paling tidak sakit, 10 paling sakit) berapa skala nyeri yang dirasakan saat serangan?
    fatmawati: 7-8 dok
    dok: Jika nyeri sangat mengganggu dan obat tidak membantu, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk diketahui penyebabnya lebih lanjut
    fatmawati: saya cuma takut na d ginjal it dok
    dok: Apakah ada gangguan saat buang air kecil?
    fatmawati: seperti na tidak ada dok
    dok: Apakah ada keluhan sembab di muka pagi hari atau bengkak di kaki?
    fatmawati: tidak dok
    dok: Jika tidak ada keluhan seperti yang saya sebutkan, kemungkinan penyebab nyeri perut karena kelainan di ginjal kecil
    fatmawati: bahaya g dok
    dok: Tergantung dari penyebab sakit ulu hati
  • Posted December 17, 2012
    kharisma syamsuri: gimana penanganan asam lambung dok?
    Dok: bagaimana keluhannya?
    kharisma syamsuri: mual dok, trus pusing banget.
    Dok: hal ini dirasakan saat sedang apa?
    kharisma syamsuri: sepanjang hari dok, kadang hilang sakitnya, kadang muncul. apalagi kalo telat makan dikit aja. trus selesai makan malah makin pusing + sakit kepala
    Dok: yg anda alami ini kemungkinan gejala maag. hal ini memang bs tjd jika telat makan, makan yg pedas/asam/kopi, merokok, minum alkohol, dan saat stres
    Dok: sebaiknya anda menghindari hal2 tsb supaya jgn timbul gejala ini. maag bs dibarengi dgn lemas, mual, muntah, mencret, dan sakit kepala
    Dok: saat merasa spt itu, anda bisa minum obat maag dulu, kemudian makan spt biasa (yg lunak dan hangat)
    kharisma syamsuri: hmm. trus gimana tuh cara menanggulanginya dok?
  • Posted December 29, 2012
    Dok: ya
    panji hendar: slmt siang dokter
    Dok: ya
    panji hendar: begini dok ayah saya menderita diabetes krg lbh sejak 4 tahun yg lalu, ayah saya juga memiliki penyumbatan di jantung, pernah 2 kali anfal. mnrt dokter saat ini ayah saya sudah tidak dpt d pasang ring dan d bypass pun tdk bisa. yang ingin saya tanyakan saat ini sering sekali ayah saya mengeluh mual dan perutnya terasa kembung. mhn penjelasannya dok trima kasih
    Dok: untuk keluhan nya sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter ya agar tahu penyebabnya, mual dan kembung bisa karena banyak hal. Keluhan jantung dan gangguan lambung agak mirip sebaiknya di cek langsung ke dokter ya.
  • Posted January 11, 2013
    riki okto: Perut saya sendiri tadi malam tidak enak, ulu hati berdenyut2, nafas sesak
    Dok: Berapa usia anda?
    riki okto: Saya 27 thn.
    Dok: Keluhan tersebut pernah dialami sebelumnya?
    riki okto: Pernah tapi kadang timbulnya dan tidak tentu jamnya
    riki okto: Saya sudah berhenti merokok tapi sesak napasnya suka timbul tiba2
    Dok: Apakah anda mempunyai riwayat penyakit sebelumnya?
  • Posted January 11, 2013
    army dwi astuti: dokter saya mau tanya kalau saya jalan jauh lambung saya selalu perih dan engap kenapa ya dok seperti itu
  • Posted January 14, 2013
    retha: dok nama saya irul sya punta kelygan dgn prut saya ,emang saya punya magh ,gmna caea