Dokter Umum » Discussions » Cepat lelah

  • Posted August 26, 2012
    bagus: saat ini saya berusia 38 tahun,untuk beraktifitas yang memerlukan tenaga agak besar, saya cepat sekali lelah,,,kenapa ya dok..
    Dok: apakah anda makan dengan teratur dan bergisi seimbang?
    bagus: belum sepenuh nya dok, artinya pada saat jam makan tp saya tidak segera makan,,,
    Dok: jadi sering terlambat makan ya
    Dok: apakah menuny asudah bergizi seimbang?
    bagus: untuk bergizi sesuai dengan yg dibutuhkan karena terkadang ada makanan yg sy tidak suka,,
    Dok: cobalah banyak makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti buah dan sayuran. anda juga bisa mendapatkannya dari suplemen multivitamin
    bagus: ma'af , maksud sy belum sesuai..
    Dok: selain itu juga ilahraga teratur
    bagus: nah itu dok...
    bagus: untuk olahraga yg cocok seusia sy apa,,,
    Dok: dapat dengan jogging pagi atau bersepeda. misalnya 3 kali seminggu
    bagus: kemudian dok, istri saya berusia 36 tahun tp sepertiny dia untuk berhubungan suami istri dia gairah nya menurun,,
    Dok: apakah istri anda bekerja juga?
    Dok: mungkin ada istri anda kelelahan
    bagus: ya bekerja dok
    bagus: kalau perempuan yg monopuse itu usia berapa dok...
    Dok: perempuan menopause biasanya usia 50 tahun ke atas pak
    bagus: ooia...terimakasih dok,,selamat malam...
    Dok: selamat malam
  • Posted August 29, 2012
    selalu ingat bahwa pengaturan pola hidup dalam keseharian sangat penting, diantaranya pola makan diatur sedemikian rupa sehingga gizi tercukupi dan sesuai, pola istirahat yang cukup dan teratur, olahraga secara teratur dan menyesuaikan dengan kemampuan, dan yang terakhir adalah hindari diri dari stress psikis..selamat mencoba!!
  • Posted October 16, 2012
    Romy: saya cepat merasa lelah,sulit tidur di malam hari sulit bangun di pagi hari..menurut dokter gimana>?
    Dok: berapa jam anda tidur sehari?
    Romy: tidur jam 12 malam,bangun jam setengah 8...karna pagi saya harus bekerja dan malamnya saya kuliah
    Romy: *bangun jam 8 pagi
    Dok: bagaimana dgn pola makan anda? apakah sering tidak teratur hingga kurang makan? atau anda lebih sering mengemil drpd makan besar?
    Romy: nafsu makan saya kurang,terkadang saya selalu menahan lapar,karena tidak nafsu makan,padahal saya merasa memang saya lapar.lebih suka ngemil drpd makan besar
    Dok: penyebab cepat lelah ada banyak, bs krn kurang/berlebihan istirahat/, kurang/berlebihan makan, kuarang/berlebihan olahraga, dan stres. jika salah satu dari alasan ini tjd pd anda, sebaiknya anda segera mengoreksinya
    Dok: sebaiknya makan besar, walau tdk terlalu banyak tetapi lebih baik 4 sehat 5 sempurna dibanding setumpuk cemilan, krn cemilan hanya mengandung kalori, tapi kurang vitamin dan serat
    Dok: utk jam tidur sebenarnya sdh cukup, anda bs mengurangi stres emosional/pikiran agar tidur lebih nyenyak dan tdk gelisah
    Dok: hindari rokok dan alkohol
    Romy: oh...mungkin itu...jujur saya selalu merasa stress,karna saya tidak pernah bisa menjadi gemuk (jadi melihat kondisi tubuh saya yg kurus) saya tidak merasa pede.saya sudah berusaha menaikkan berat badan saya tetapi gagal
    Dok: utk menaikkan sebaiknya makan teratur, rutin minum susu atau vitamin penambah nafsu makan (jika memang diperlukan), kurangi mengemil kecuali cemilan sehat spt buah2an, puding, bubur kacang hijau, dll
    Dok: dan jangan stres
    Romy: saya selalu berpikir,apakah dengan melakukan fitness dan mengkonsumsi Amino bisa mempercepat kenaikan badan saya?
    Dok: olahraga rutin (tdk hrs berat) memang dpt menjaga kebugaran tubuh, waktu istirahat jd teratur, dan dpt meningkatkan nafsu makan. sedangkan suplemen yg anda sebutkan adl utk membentuk otot, tdk berhubungan dgn berat badan
    Romy: oh...seperti itu..yah saya beranggapan kalo berotot,berat badan pasti naik...benarkah ga dok???
    Dok: memang jika otot terbentuk berat badan naik sedikit, krn otot tampak lebih padat
    Dok: tetapi saat berat badan di bawah ideal, kerja suplemen utk membentuk otot mjd kurang efektif krn cadangan protein oleh otot kebanyakan digunakan oleh tubuh mjd energi, sebab tubuh kurang dpt energi dari makanan, istirahat, dll
    Dok: jd sebaiknya berat badan ideal dulu br membtk otot
    Romy: oh,,jadi saya harus menggemukkan badan terlebih dahulu sebelum membentuk otot?
    Dok: betul
    Romy: baik,terima kasih ya bu atas sarannya.
    Romy: bu,untuk permulaan...saya harus lakukan apa ya bu,biar bisa saya terpkan mulai besok
    Dok: sama2
    Dok: anda bisa mulai dengan mengatur pola makan agar teratur (jam2 makan sama dari hari ini, bsk, dst), dan sebaiknya 4 sehat 5 sempurna
    Dok: hindari kopi, rokok, alkohol
    Romy: jujur saya perokok,menghilangkan kebiasaan merokok gimana yah?
    Dok: bisa kurangi jml batang per hari sedikit2 dulu, atau saat mau merokok, ganti dgn kegiatan lain yg bs mengalihkan pikiran anda, misalnya membaca, browsing, ngobrol, olahraga, dll
    Romy: OK..saya rasa cukup...terima kasih ibu :D
  • Posted October 16, 2012
    Pengaturan pola hidup sangat penting. Pola makan diatur sehingga gizi tercukupi dan sesuai, pola istirahat yang cukup dan teratur, olahraga secara teratur.
  • Posted October 24, 2012
    yunus: banyak kerjaan yang terpikirkan capenya melebihi capenya kerja yg menggunakan otot.Supaya ngga lemes dan selalu bergairah apa resepnya ?
    Dok: sebaiknya anda tetap makan teratur dan istirahat cukup
    yunus: makanya makan malas apalagi susah tidur
    Dok: hal2 tsb akan menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh dan mudah sakit serta cepat lelah
    yunus: apa ada resep yang lain ?
    Dok: yg saya sebutkan adalah cara terbaik agar badan tetap fit
    yunus: caranya
    Dok: makan teratur (jgn telat) dan istirahat cukup (tidur 6-8 jam/hari)
    yunus: saya tidur kira2 2jam per24 jam, kalau pakai obat, obat apa yg baik ?
    Dok: sebaiknya tdk menggunakan obat tidur, tapi jika ingin, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter krn obat tsb tdk dijual bebas krn efek sampingnya keras
    yunus: saya sebagai guru + kelompok kerja guru jadi banyak yang dipikirkan demi kemajuan pendidkan maka capenya lumayan juga memporsir otak
    Dok: krn itu sebaiknya anda menghindari stres dan kelelahan agar pikiran jernih
    yunus: de Anna tugasnya dimana ?
    Dok: saya ada di website ini saja
    yunus: kirain buka praktek, terima kasih atas konpirmanya (selamat sore)
  • Posted October 26, 2012
    pengaturan pola hidup dalam keseharian sangat penting, diantaranya pola makan diatur sedemikian rupa sehingga gizi tercukupi dan sesuai, pola istirahat yang cukup dan teratur, olahraga secara teratur dan menyesuaikan dengan kemampuan, dan yang terakhir adalah hindari diri dari stress psikis.
  • Posted December 11, 2012
    reza: bagaimana caranya biar terhindar dr insomnia
    Dok: berapa jam anda tidur setiap hari?
    reza: kalau siang tidak tidur, kalau malam tidur jam 1 paginya padti kesiangan bangun jam 9
    Dok: paling cepat tidur jam brp kalau malam hari?
  • Posted December 11, 2012
    sebaiknya anda identifikasi terlebih dahulu penyebab utama sehingga anda mengalami kesulitan tidur, diantaranya adalah gangguan pada gagal jantung dan iskemia pada pembuluh koroner, stroke, kondisi degenerative, demensia, gangguan tidur karena gangguan sistem saraf pusat, hipotiroid, menopause, siklus menstruasi, kehamilan dan hipogonadism, gangguan paru obstruktif, penyakit lambung, gangguan pada darah, penggunaan obat (seperti dekongestan, koritokosteroid dan bronkondilator), demam, nyeri dan infeksi, depresi, sindroma post trauma, penggunaan obat psikotropika, stress dan cemas. Kemudian konsultasikan kepada dokter anda mengenai penyebabnya.
  • Posted January 7, 2013
    Dok: Pagi
    hartono: dok saya ada keluhan badan terasa cape trs padahal istirahat cukup trs mata sering berkynang2
    Dok: Berapa usia anda?
    hartono: 35 thn dok
    Dok: Sejak kapan mengalami keluhan ini?
    hartono: 2bln
    Dok: Apakah anda mempunyai riwayat penyakit dahulu?
    hartono: klo dulu bronkhitis
    Dok: Sudah diobati?
    hartono: sudah sembuh dok
    Dok: Keluhan yang sekarang dialami setiap hari?
  • Posted January 8, 2013
    pengaturan pola hidup dalam keseharian sangat penting, diantaranya pola makan diatur sedemikian rupa sehingga gizi tercukupi dan sesuai, pola istirahat yang cukup dan teratur, olahraga secara teratur dan menyesuaikan dengan kemampuan, dan yang terakhir adalah hindari diri dari stress psikis.