Dokter Umum » Discussions » Rambut beruban di usia muda

  • Posted April 25, 2012
    Saya: terima kasih sebelumnya...saya ada masalah dengan kesehatan rambut saya dok..
    Saya: rambut saya telah beruban cukup banyak..kenapa ya?...
    Dok: Penyebab munculnya uban dini berbeda pada tiap orang. Pola pertumbuhannya di kepala pun tak selalu sama. Ada yang tersebar merata, ada juga yang hanya muncul di tempat-tempat tertentu (uban lokal).
    Dok: reza bagaimana? merata atau tempat tertentu saja?
    Saya: sejak smp,,uban udah keliatan pada rambut saya..bagian atas dan samping lumayan banyak..akhirnya saya pakai semir agar tdk kelihatan...krn temen2 saya g da yng smpe da uban kya saya...
    Dok: orang tua reza dulu beruban tidak waktu muda?
    Dok: kakek? nenek? om atau tante?
    Saya: ya kurang tau dok..tp setahu saya, orang tua normal kok rambutnya..bpk saya telah meninggal..kalo ibu saya,skrga aja ubannya mash sdkt..kalo kakek nenek om tante, normal jg...
    Dok: kemungkinan disebabkan oleh produksi melanin yang terganggu (yg akan mewarnai rambut). Ini bisa disebabkan gangguan auto imun pada kulit kepala..
    Saya: o..apaan itu?he,g ngerti..mf y dok,kalo jd ngrepotin..da yg pnh kasih saran,,pakai air kelapa..gmn dok?
    Dok: jadi ada yang menghambat produksi melanin nya..
    Dok: kalau pengobatan tradisional itu diluar kompetensi saya reza.. reza pakai shampo apa?
    Saya: ooo..gt ya..ya namanya jg orang tua..kdg kash saran sederhana gt...skrg pake pantene antri dendruf,krna kdg da ketombe jg d rmbt saya..sungguh menyebalkan..
    Dok: karena shampoo yang tinggi kadar sulfur dapat memperparah uban
    Saya: terus..saya harus gmn dok...mohon petunjuknya...
    Dok: saran saya reza dapat mengunjungi dokter kulit untuk diperiksa secara langsung (dilihat kulit kepala nya)
    Saya: hmm..gt ya dok..kdg saya merasa malu kalao ketemu dokter,,apalagi sampe di cek rambutnya..hehe...kok dokter kulit?
    Dok: nggak apa2 reza..
    Dok: supaya bisa dicari penyebabnya.. iya dokter kulit yang spesialis kulit ya, bukan yang dokter kecantikan
    Dok: yang gelarnya dr. ....., SpKK
    Saya: iya dok..terima kasih...oke dok..hehehe..ngledek niye..saya kn cowok,masa ke dokter kecantikan..eh,tp banyak yg blg,saya cantik,,hehehe
    Dok: iya reza semoga berhasil ya
    Saya: mksh dok...selamat siang aja..kapan2 bs dlnjut ya..cz saya banyak masalah dalam kesehatan..hehe
    Dok: ok reza
  • Posted April 25, 2012
    Tumbuhnya rambut putih pada usia muda bukan berarti tidak normal. Menurut beberapa ahli, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Selain stres dan keturunan, ternyata makanan juga memengaruhi timbulnya uban.

    Beberapa faktor yang memengaruhi tumbuhnya uban, di antaranya stres, keturunan, penyedap makanan, produk shampo, cat rambut, dan merokok.

    Untuk solusinya, anda harus menghindari faktor-faktor pencetus yang telah disebutkan di atas.

    Semoga bisa lebih jelas infonya ya, Reza.
  • Posted December 26, 2012
    rius farulian: kalau rambut ber uban di usia muda kenapa ya ??
    Dok: brp usianya?
    rius farulian: 18 tahun dok ,
    Dok: apakah dalam keluarga ada yg mengalami hal ini jg?
    rius farulian: tidak ada dok ,
    Dok: berubannya di kepala saja atau jg di tempat lain?
    rius farulian: di kepala saja dok ,
    Dok: banyak faktor yg menyebabkan rambut memutih, antara lain: keturunan, stres, pengaruh hormon, pengaruh obat2an/makanan, dll. utk mengetahui dengan pasti penyebabnya, anda harus periksa secara langsung ke dokter spesialis kulit. jika memerlukan obat, maka akan langsung diterapi
    rius farulian: oh gitu ya dok ,ywdh terima kasih dok ,
  • Posted December 26, 2012
    Rambut menjadi beruban ketika sel-sel melanosit di folikel rambut berhenti memproduksi melanin (pigmen warna).
  • Posted March 25, 2013
    hendra edison s: saya berumur 17 tahun tetapi saya sudah beruban. mengapa bisa seperti itu dok ?
    Dok: Bisa saja, hal itu normal
    hendra edison s: lantas langkah selanjutnya agar kembali normal bagaimana buk dokter ? apakah saya boleh menjabut rambut putih tersebut ?
    Dok: Sebaiknya jangan