Hemorrhoids » Discussions » Buang air besar disertai darah

  • Posted August 24, 2012
    ujang: saya sering menghadapi penyakit keluar darah pada saat buang air besar, warnanya merah. Tetapi, menjadi hilang dan berkurang jika saya memakan buah pepaya, kenapa ya ?. Terima kasih atas jawabannya
    Dok: darahnya menetes?
    ujang: bersamaan dengan tinja
    Dok: apa ada nyeri di anus?
    Dok: darahnya bercampur begitu dengan tinja?
    ujang: ya, bercampur dengan tinja.
    Dok: apa ada nyeri di anus?
    Dok: atau ada benjolan di anus
    ujang: tidak ada rasa nyeri, dahulu ada benjolan dekat anus, tetapi hilang sendiri sekarang
    Dok: ada 2 kemungkinan, yang pertama adalah ambeien atau wasir. Yang kedua adalah ada semacam luka di saluran pencernaan
    ujang: terima kasih atas jawabannya, dulu pernah ke puskesmas. Oleh dokter, dimasukan sesuatu ke dalam anus, tetapi sekarang berak berdarah itu sudh hilang. Cuma, kadang-kadang muncul kembali kalau ini terjadi maka saya akan memakan pepaya lagi.
    Dok: sama-sama
  • Posted November 20, 2012
    faisol: maaf sblumnya y dok, saya td pgi BAB kok ada darahnya ya dok??
    Dok: darahnya bercampur BAB atau menetes?
    faisol: maaf sblmny dok, sya bingug td pgi waktu BAB kok ad darahnya ya dok?
    Dok: darahnya bercampur BAB atau menetes?
    faisol: menetes si tiak tp darahnya masi baru dan agak lumayan banyak saya jd agak takut..
    Dok: jadi bercampur dgn BAB?
    Dok: apakah BAB anda keras?
    faisol: tidak bercampur. kyke dok cuma keluar bersamaan fases. kenapa y dok??
    faisol: biasa aja tidak keras
    Dok: apakah sebelumnya pernah seperti ini?
    faisol: belum perna dok
    Dok: apakah anda ada luka di sekitar anus sebelumnya?
    faisol: uda tk priksa tidak ad wajar2 saja
    Dok: keluarnya darah segar saat BAB ada banyak kemungkinannya. yg paling sering adl hemoroid atau ambeien. jenis2 ambeien ini juga ada banyak, tergantung tingkat keparahannya.
    faisol: bicara lewat apa maksudnya?
    Dok: hemoroid ini bs disebabkan oleh kurang makan serat, kurang minum air, terlalu banyak makan daging, dll, sehingga saat BAB keras dan perlu mengedan. hal ini dapat melukai usus sehingga berdarah
    faisol: trus dg gejala saya td ap saya harus ke dokter terdekat atau ap cara mengobati atau mencega trjadi lagi dok?
    Dok: kemungkinan lain BAB berdarah adl jika ada polip/tumor, yaitu berupa daging tambahan yg tumbuh di dalam usus sehingga menghambat gerakan kotoran saat keluar dan menyebabkan luka
    Dok: sebaiknya anda konsumsi dulu makanan yg byk serat spt buah dan sayur, banyak minum air putih, serta hindari stres. kurangi makan daging sapi, dll
    Dok: jika masih berdarah, sebaiknya anda periksa ke dokter utk dilakukan pemeriksaan lebih lengkap
    faisol: iya mugkin dok, trima kasih y dr.anna. kalu blh tau applicasi ini bisa saya gunakan kpn saja ma smpai kpn?? kxke membantu bgt. saya qra td palsu..
    Dok: senin-jumat jam 08.00-22.00, sabtu-minggu jam 18.00-22.00
  • Posted January 11, 2013
    cathy: berak darah,apakah berbahaya?
    cathy: keluar darah pada waktu buang air besar
    Dok: Berapa usia anda?
    cathy: 24 th
    Dok: Sejak kapan mengalami keluhan ini?
    cathy: baru satu hari kemarin dok
    Dok: Sebelumnya tidak pernah sama sekali?
    cathy: tidak pernah
    Dok: Bercak darah berwarna apa? Merah segar, merah tua atau kehitaman?
    cathy: merah segar
    Dok: Menetes setelah buang air besar? Atau bercampur dengan tinja?
    cathy: bercampur dengan tinja
    Dok: Bagaimana dengan BAB-nya, apakah seperti daire, normal atau keras?
    cathy: normal dok
    Dok: Ada gejala mual muntah?
    cathy: mual setelah buang air besar
    Dok: Ada keluhan nyeri perut?
    cathy: tidak ada dok
    Dok: Bagaimana dengan berat badan anda?
    cathy: berat badan normal
    Dok: Stabil?
    cathy: iyaa
    Dok: Bagaimana dengan pola makan anda?
    cathy: saya suka makan pedas dok
    Dok: Konsumsi sayur dan buah?
    cathy: Sayur iyaa,tapi kalau buah jarang dok
    Dok: Cukup minum air putih?
    cathy: kurang dok
    Dok: Bagaimana dengan pola BAB-nya selama ini?
    cathy: pola BAB normal dok
    cathy: setiap hari BAB
    Dok: Ada berbagai macam penyebab bercak darah setelah BAB, kemungkinan keluhan anda disebabkan oleh perdarahan saluran cerna bagian bawah, bisa oleh karena hemorrhoid, polip, radang usus dan lain sebagainya. Periksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan diagnosis pastinya.
  • Posted January 23, 2013
    putry: dok, mau tanya akhir2 ini saya sering bab brdarah. kira2 itu apa ya pnyebabnya?
    Dok: darahnya bercampur atau menetes
    putry: kadang brcmpur tp kdang mnetes sdikit
  • Posted March 4, 2013
    rinaldi: mau tnya akhir"ini saya sering lemes bdan..trus kalo (maaf) BAB suka campur darah...
    Dok: usia anda berapa?
    rinaldi: knp ya itu dok?
    rinaldi: knp ya itu dok?
    Dok: berapa berat dan tinggi badan anda?
    rinaldi: 23tahun..
    rinaldi: 171 berat saya belom tau dok
    Dr.: bab bercampur dengan darah atau ada tetesan darah?
    Dr.: apa warna darahnya?
    rinaldi: merah dok.. cair gitu...
    Dok: sudah sejak kapan BAB bercampur darah?
    rinaldi: sudah lama dok... ada lah 2tahun...
    rinaldi: cuma jarang"...
    Dok: apakah bab dengan disertai darah bila BAB terasa keras?
    rinaldi: kalo saya kecapean trus konsumsi mkanan yang pedes terlalu banyak baru dok...
    rinaldi: iya dok... bener banget
    Dok: apakah teraba adanya benjolan pada anus?
    rinaldi: iya dok..
    Dok: berdasarkan deskripsi anda mungkin ini adalah wasir
    Dok: makan makanan yang banyak seratnya
    Dok: usahak agar BAB tidak keras
    Dok: lakukan olah raga yang teratur
    rinaldi: waduhhh... :(
    Dok: tapi sebaiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan diagnosisnya
    rinaldi: ohh gitu dok.. jadi untuk makan yg pedes ga ngaruh ya?
    Dok: makanan yang pedas juga ada baiknya dikurangi
    rinaldi: memang sih saya sekarrang sangat kurang olahraga..
    Dok: coba dibiasakan lagi olah raganya
    rinaldi: oh begitu dok... iya dok.. mkasih banyak yaa ...
    Dok: sama sama
  • Posted April 1, 2013
    Raja: Dok
    Dr.: selamat siang
    Raja: Dok
    Raja: Siang..
    Raja: Dok,mau nax
    Dr.: ada yang mau ditanyakan?
    Raja: Obat gejala ambeiyen apa yah
    Raja: Aq biasa buang air besar kluar darah,itu apa yah
    Dr.: usia berapa?
    Raja: Dok????
    Raja: 25
    Dr.: sudah berapa lama keluar darah?
    Raja: Bru sih kok dok,,,,,3 bulan trkhir,,,,,tp skrg udh nggak laggi
    Dr.: darah segar merah atau hitam?
    Raja: Darah segar dok
    Dr.: apakah ada benjolan yang keluar dari lubang anus?
    Raja: Nggak ada dok
    Dr.: apakah buang air besar keras?
    Raja: Itu dia kendala biasax dok,tp kadang tdk kadang jga iyyah
    Dr.: sering menahan buang air besar?
    Raja: Nggak kok dok
    Dr.: bagaimana dengan minum air, cukup 8 gelas dalam 1 hari?
    Raja: Nah biasa aq atasi dgn bgtu mmh biasax dpk, alhamdulollah
    Raja: Tp sy aq mau tax itu gejala tanda aq sakit apa yah dok???? Dabn antisipasix gmna dok
    Dr.: jika tidak ingin terulang jangan menahan buang air besar, segerakan. minum air putih harus cukup dalam 1 hari minimal 8 gelas. dan jangan mengedan jika buang air besar
    Dr.: itu sudah termasuk haemorrhoid
    Raja: Nggak ada gejala sakit apa aq gtu yah dok???
  • Posted April 9, 2013
    john: slamT siang bu..
    Dr.: selamat siang
    john: saya mau konsultasi masala keaehatan bu
    Dr.: silahkan
    john: keluhan saya masalah bUang air besar tidak normal.
    Dr.: tidak normal gmn?
    john: kadang skali seminggu baru buang air
    Dr.: keras?
    john: keras bu. itu pun klo buang air skali singgunya kotorannya sedikit dan hitam
  • Posted April 15, 2013
    Dr.: siang
    abd azis nasuto: 2hari sy bab dsertai darah..knp y dok???
    Dr.: ada yang bisa dibantu?
    abd azis nasuto: 2hr ini sy bab d sertai darah yg keluar....knp ya dok???
    Dr.: darah segar atau hitam?
    abd azis nasuto: segar tp yg terakhir agak gelap dok...
    Dr. Dewi: bercampur feses atau tidak?
    abd azis nasuto: tidak dok...
    Dr. Dewi: ada benjolan keluar?
    abd azis nasuto: tidak ada dok....tp kyk ada panas atau perih d dalam anus
  • Posted April 16, 2013
    Dr.: siang
    abd azis nasuto: dok ...sy 3hari ini bab darah knp y dok???
    Dr.: usia berapa?
    abd azis nasuto: 27thun
    Dr.: darah segar atau hitam?
    abd azis nasuto: segar tp terakhir agak gelap tp tidak hitam dok
    Dr.: apa ada benjolan yang keluar dari anus?
    abd azis nasuto: ada semacam daging lembut...dy keluar n terasa perih n panas kalau mengedan....tp kalau sakit perut tanpa mengedan tdak ada darah yg keluar hanya feaces aja
    Dr.: sering mengedan?
    abd azis nasuto: kadang dok...tp klo mengedan pasti ada darah n terasa perih d anus
    Dr.: karena kalau ambeyen ayau hemorhoid, dilarang mengedan
    Dr.: karena mngedan itu jaringan ada yang turun, jaringan itu penuh pembuluh darah. makanya keluar darah segar
    Dr.: harus dicegah agar tidak mengedan, seperti segerakan BAB jangan ditahan, banyak minum air putih, banyak makan serat
    abd azis nasuto: sudah dok....sy minum lebih dr 8 gelas sehari n suka makan buah n serat kaya serat..
    Dr.: sering nahan BAB?
    abd azis nasuto: ada obat untuk mecegah dok..cos dulu meskipun mengedan saya tidak pernah keluar darah
    abd azis nasuto: g pernah dok...sy selalu segera..
    Dr.: BAB sering keras?
    abd azis nasuto: jarang seh dok
    Dr.: maaf untuk resep tidak dapat diberikan karena tidak diperiksa secara langsung
    abd azis nasuto: jd mohon info...apa yg harus sy lakukan untuk mencegahnya dok???
    Dr.: yang td dibilang, segerakan BAB, bany minum air putih, banyak makan buah dan serat
    Dr.: untuk pengobatan dapat berobat ke dokter sekitar
    abd azis nasuto: sudah sy lakukan termasuk olaraga secara rutin....
    Dr.: ya
    abd azis nasuto: kalau terlalu makan pedas n berminyak termasuk penyebab serius g dok????
    Dr.: tidak juga
    abd azis nasuto: jd hanya sering mengedan n kurang serat ya dok....
    Dr.: bisa jadi
    abd azis nasuto: ok dok...terima kasih banyak tas info. selamat siang n slamat bertugas
    Dr.: sama-sama
  • Posted April 17, 2013
    Dr.: siang
    Muhamad rizal: Saya tiap pg stelah sarapan saat buang air besar kluar darah sdikit,perut tdk terasa skt,tp didubur terasa panas sdh seminggu ini knp ya dok?gmn solusi dr anda dok?
    Dr.: usia berapa?
    Muhamad rizal: 46th
    Dr.: bagaimana dengan BAB? keras?
    Muhamad rizal: Track record drdlu blom pernah skt lain2nya dok ni br pertama kalie,buang hajatnya ga keras tp biasa dok?
    Dr.: sering mengedan?
    Muhamad rizal: yes
    Dr.: sering menahan buangair besar?