Dokter Umum » Discussions » Cara Menurunkan Berat Badan

  • Posted September 17, 2012
    andi: caranya agar bisa menurunkan berat badan gimana ya....
    Dok: berapa berat dan tinggi badan anda skrg?
    Dok: brp usia anda?
    andi: dulu aku perokok berat, namun setelah berhasil berhenti, kok berat badan semakin bertambah
    andi: berat badan 88 kg
    andi: tinggi 172 kg
    andi: usia 35 th
    Dok: anda bisa mulai dengan berolahraga kecil
    Dok: setiap hari makin ditingkatkan
    Dok: lalu menjaga jumlah makanan, sebaiknya jgn mengemil
    andi: saya gak pernah ngemil dok
    Dok: perbanyak makan sayur dan buah, kurangi makanan pedas dan berminyak
    andi: sayurnya dimasak atao sayuran mentah dok
  • Posted September 17, 2012
    batasi porsi makanan anda dengan tetap memperhatikan kecukupan nutrisi, istirahat yang cukup, serta melakukan olahraga secara rutin dan konsisten. Sebaiknya hindari penggunaan obat2an untuk menurunkan berat badan.
  • Posted December 25, 2012
    Dok: hallo
    erny: Hallo...aq erny usia 40 th
    Dok: ya
    erny: Dokter aq mau tanya....apa pemakaian obat itu pasti bisa kurus kah
    erny: Krn aq dah nyoba bbrp obat diet...tp gak ada hsl
    Dok: Umumnya pemakaian obat diet pun harus disertai dengan olah raga dan pengaturan pola makan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Penurunan berat badan yang sehat maksimal 10% dari BB tiap bulan, penurunan berat badan terlalu cepat dan drastis tidak sehat dan akan mengganggu kesehatan.
  • Posted December 26, 2012
    batasi porsi makanan anda dengan tetap memperhatikan kecukupan nutrisi, istirahat yang cukup, serta melakukan olahraga secara rutin dan konsisten.
  • Posted January 2, 2013
    widya: Saya Widya. Saya ini ibu rumah tangga yang bekerja karena habis melahirkan dan menyusui. Berat badan saya naik dari 48 kg menjadi hampir 60 kg dengan tinggi badan 157 cm. Sat ini anak tidak lagi menyusui dok.
    Dok: Boleh saya tahu berapa usia anda?
    widya: 27 tahun dok
    Dok: BMI anda 24.34, termasuk dalam kategori normal
    Dok: Apa yang ingin anda tanyakan?
    widya: Tapi lemak di perut menimbun dok, pipi terlihat chubby
    widya: Biasanya saya menggunakan pakaian ukuran M sekarang menjadi L
    Dok: Usaha apa saja yang anda lakukan untuk menurunkan berat badan?
    widya: saya sudah pernah minum teh pelangsing, olahraga (lari pagi) minimal 30 menit, 2 kali seminggu, saya tidak suka ngemil dok, makan seperti biasa
    widya: sarapan pagi, makan siang dan jarang makan malam.
    Dok: Namun masih belum turun juga?
    widya: belum dok
    Dok: Kapan anda melahirkan?
    widya: tgl 08 Desember 2011 dok
    Dok: Berat badan anda stabil di 60 kg atau pernah mengalami penurunan lalu naik lagi?
    widya: sering sekali dok. Yang ingin saya tanyakan apa yang harus saya lakukan untuk menghilangkan timbunan lemak yang ada di perut dan wajah
    Dok: Jika anda menurunkan berat badan, otomatis timbunan lemak juga akan menghilang
    widya: maaf dok tinggi badan 155
    Dok: Selain jogging, olah raga apa saja yang sudah anda lakukan?
    widya: sit up, pagi dan sebelum tidur dok
    Dok: Bagaimana anda menjaga pola makan anda?
    widya: saya makan seperti biasa dok cuma saya senang minum air es putih
    Dok: Untuk menurunkan berat badan, intinya kalori yang masuk harus lebih kecil dari kalori yang keluar
    widya: bisa berikan contoh dok
    Dok: Jika anda konsumsi 2000 kalori per hari, lakukan aktivitas yang dapat membakar kalori lebih dari itu
    widya: apakah tidak ada makanan / minuman yang dapat membantu proses tersebut dok karena apabila mengkonsumsi obat diet saya sulit tidur
    Dok: Lebih baik dengan proses alami
    Dok: Melalui pengaturan makan dan olah raga
    widya: bagaimana menekan keinginan mengkonsumsi makanan berlemak dok contoh, bakso
    Dok: Usahakan hindari keadaan lapar
    Dok: Makan sedikit tapi sering dengan memperhatikan jumlah kalori yang masuk
    widya: jenis makanan seperti apa contoh nya dok
    Dok: Makan seperti biasa
    Dok: Perbanyak sayur dan buah
    Dok: Hindari makanan dari karbohidrat simpleks karena tinggi kalori namun menyebabkan cepat lapar
    widya: apakah saya harus mengurangi mengkonsumsi nasi putih dok?
    Dok: Tetap konsumsi namun perhatikan jumlah kalori
    Dok: Jika anda mau, bisa diganti dengan nasi merah yang mengandung lebih banyak serat sehingga lebih mengenyangkan
    widya: bolehkah saya mengganti nasi dengan roti atau mengenyangkkan dengan susu low fat dok?
    Dok: Sebaiknya pilih roti yang tidak mengandung gula tambahan
    Dok: Susu low fat juga dapat menjadi pilihan
    widya: jenis olahraga apalagi yang saya harus lakukan dok?
    Dok: Selain jogging, lakukan olah raga yang dapat membantu mengecilkan perut
    Dok: Seperti sit up
    widya: mengapa dengan aktifitas pekerjaan saya yang cukup padat tidak bisa membantu mengurangi berat badan
    Dok: Aktivitas apa saja yang anda lakukan?
    widya: saya mengajar di sebuah sekolah
    Dok: Apakah pekerjaan anda membuat anda dalam keadaan stress?
    widya: iya
    Dok: Stress juga dapat menghambat usaha penurunan berat badan
    widya: tolong beritahu saya dok bahan herbal alami yang dapat saya konsumsi untuk mengurangi nafsu makan n sejenisnya
    Dok: Maaf saya tidak dapat menyarankan.
    widya: selain olahraga makan makanan rendah lemak apa lagi yang harus saya lakukan dok
    widya: apa ada hal2 yang dapat saya lakukan lagi dalam usaha penurunan berat badan
    Dok: Atur pola makan dan olah raga teratur
    widya: cuma itu saja dok
    Dok: Itu kunci dasarnya
    widya: baiklah dok akan saya coba
    Dok: Semoga berhasil
    Dok: Hindari stress
    Dok: Istirahat cukup dan jangan begadang
  • Posted January 3, 2013
    batasi porsi makanan anda dengan tetap memperhatikan kecukupan nutrisi, istirahat yang cukup, serta melakukan olahraga secara rutin dan konsisten.
  • Posted January 4, 2013
    Dok: Halo
    ana abuana abu: pagi dok
    Dok: Ada yang bisa saya bantu?
    ana abuana abu: mau naya dok ngurusin badan gimana ya?
    Dok: Beapa usia anda?
    ana abuana abu: 25
    Dok: Berapa tinggi/berat badan anda?
    ana abuana abu: tinggi 167 brt 90
    Dok: BMI anda 32.27, termasuk dalam obesitas
    ana abuana abu: obesitas itu apa dok?
    Dok: Kegemukan
    Dok: Normalnya berat anda 57-67 kg
    Dok: Usaha apa saja yang sudah anda lakukan untuk menurunkan berat badan?
    ana abuana abu: apa ada obatnya dok?
    Dok: Apakah anda sudah mengatur pola makan dan olah raga teratur?
    ana abuana abu: sudah dok
    Dok: Olah raga apa yang anda lakukan?
    ana abuana abu: lari terus
    Dok: Sudah berapa lama anda olah raga?
  • Posted January 5, 2013
    batasi porsi makanan anda dengan tetap memperhatikan kecukupan nutrisi, istirahat yang cukup, serta melakukan olahraga secara rutin dan konsisten. Sebaiknya hindari penggunaan obat2an untuk menurunkan berat badan
  • Posted January 7, 2013
    a.wahid28@ymail.com
    member
    abdul wahid
    Dok: Halo
    abdul wahid: kalau buat turunin berat badan gmana ya?
    Dok: Berapa berat badan anda?
    abdul wahid: 76 kg
    Dok: Berapa tinggi badan anda?
    abdul wahid: 164
    Dok: Berapa usia anda?
    abdul wahid: 21
    Dok: BMI anda 28.26, termasuk dalam overweight
    Dok: Olah raga apa saja yang sudah anda lakukan?
    abdul wahid: trus gmana donk
    abdul wahid: pus up ma lari
    Dok: Atur pola makan dan olah raga teratur
    Dok: Sesuaikan dengan kebutuhan kalori harian
    abdul wahid: pola makannya gmana ya?
    Dok: Bagi kebutuhan kalori sehari dalam 3 waktu makan besar dan diselingi dengan dua kali snack di antara waktu makan besar
    Dok: Sedikit tapi sering, dengan begitu anda akan tetap kenyang dan meminimalisir makan yang tidak perlu
    Dok: pilih snack yang sehat
    abdul wahid: ya, bawaanya pengen ngemil mulu
    Dok: Makan sedikit tapi sering
    abdul wahid: olah raga yg cocok pa ya?
    Dok: Pilih olah raga yang sesuai dengan anda, yang terpenting teratur. 30 menit sehari cukup dengan total waktu olah raga 200 jam seminggu
  • Posted January 8, 2013
    batasi porsi makanan anda dengan tetap memperhatikan kecukupan nutrisi, istirahat yang cukup, serta melakukan olahraga secara rutin dan konsisten.