Dokter Umum » Discussions » Bagaimana Cara Menghilangkan Keloid?

  • Mus
    Posted September 19, 2012
    Mus: aku punya keloid di dada. sekitar 6 titik. gimana dok, bisa gak di hilangkan?
    Dok: apakah anda mempunyai riwayat jika luka mudah berbekas dan sulit sembuh?
    Mus: tidak. semua bekas luka aku gak pernah berbekas seperti keloid yang terjadi sekarang ini.
    Dok: utk bisa menyatakan seseorang terkena keloid, hrs diketahui dulu riwayat sebelumnya, misalnya, jika luka atau tergores sedikit saja, akan membesar, menebal, menghitam, dan sulit hilang
    Dok: biasanya penyakit menurun
    Mus: tidak. ayah dan ibuku biar sedikit pun tidak ada keloid.


    Mus: bentuknya daging yang mengeras, munculnya satu persatu dari tahun 2006. awalnya seperti jerawat kecil. tapi jerawatnya tidak mau pecah.
    Dok: apakah nyeri?
    Mus: tdk nyeri. cuman kalau kena baju kasar agak terasa gatal.
    Dok: warnanya?
    Mus: Warnanya coklat. mengikuti warna kulitku.
    Dok: apakah membesar?
    Mus: Iya membesar. memanjang kira2 4 cm dan tingginya kurang dari setengah cm. itu yang paling besar. tapi yang lainnya ukurannya kecil
    Dok: membesarnya anda ukur kira2 dlm berapa lama?
    Mus: Lamanya membesar kurang lebih 6 Tahun



    Dok: apakah di tmpt yg anda sebut keloid itu sebelumnya ada luka/
    Mus: tdk. cuma jerawat yang tidak mau pecah.
    Dok: keloid terbentuk jika sebelumnya ada bekas luka krn tergores, tertusuk, atau lainya di tmpt itu
    Dok: jika sblmnya hanya jerawat, kemungkinan bukan keloid, bisa berupa bisul atau lainnya
    Mus: itu awalnya jerawat, terus jerwatnya gak mau pecah, mungkin karena kilit dadaku tebal?



    Dok: jika berasal dari jerawat, biasanya bukan keloid
    Dok: bisa saja itu adalah kumpulan lemak di bwh kulit, yg semakin menumpuk, disebut lipoma
    Dok: atau bisa juga pertumbuhan daging sejenis tahi lalat
    Dok: tetapi jika anda merasa ini mengganggu silakan periksa ke dokter kulit
    Mus: bisa gak dioperasi?
    Dok: jika memang besar dan tdk ada obat utk mengecilkannya, biasanya dioperasi
    Mus: Aku memang rencana mau operasi. karna sangat tdk nyaman.
    Dok: Sebentar lagi saya akan berbicara dengan anda.
    Mus: oke Ibu Dokter Anna. terima kasih atas saran dan penjelasannya. Blabla doktor semoga sukses...
  • Posted September 24, 2012
    untuk menghilangkan keloid dapat dilakukan dengan penyuntikan obat triamcynolone pada keloid tersebut secara bertahap. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan teknik pembedahan micro yang umumnya dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik.
  • Posted December 28, 2012
    Al Ulya: saya mau tanya tanya tentang penyakit keloid
    Dok: Apa keluhan yang anda rasakan?
    Al Ulya: saya ada keloid di perut sudah 2x operasi tapi ggal dan semakin membesar
    Dok: Boleh saya tahu operasi apa?
    Al Ulya: operasi penghilang keloid tapi dengan metode bukan laser
    Dok: Apa awalnya sehingga menyebabkan timbul keloid?
    Al Ulya: cacar air dok
    Al Ulya: usia saya 20 tahun, saya operasi pertama kelas 6 SD
    Dok: Cacar air terjadi saat usia berapa?
    Al Ulya: kelas 3 SD
    Dok: Keloid terbentuk di area tubuh mana saja?
    Al Ulya: di perut
    Al Ulya: sebelah kiri
    Al Ulya: operasi kedua SMA kelas 2
    Dok: Hanya di perut? Di bekas cacar di area lain tidak ada?
    Al Ulya: tidak ada dok
    Dok: Berapa buah keloid yang terbentuk?
    Al Ulya: saya pernah jatuh dan menbekas keloid juga di jempol kaki teapi tidak tumbuh
    Al Ulya: satu dok
    Dok: Berapa ukurannya?
    Al Ulya: 8cm
    Dok: Apa warnanya? Serupa dengan kulit atau kemerahan?
    Al Ulya: coklat tua
    Dok: Menonjol dari permukaan kulit?
    Al Ulya: kalau saya mau menghilangkan, tindakan apa yg harus saya lakukan
    Al Ulya: iya dok
    Al Ulya: soalnya sudah 2x operasi dan tidak berhasil
    Dok: Pertama pastikan dulu diagnosis keloid tersebut, jika memang benar keloid, bisa dilakukan penyuntikan Triamcinolone ke dalam keloid tersebut
    Al Ulya: kalo memastikan sudah pasti keloid dok
    Dok: Tindakan tersebut dapat dilakukan di dokter bedah
    Al Ulya: efek yang ditimbulkan apa dok setelah saya suntikkan
    Al Ulya: bagaimana dengan operasi laser?
    Dok: Ke dokter mana waktu itu anda berobat?
    Al Ulya: dokter bedah rumah sakit umum boyolali
    Dok: Sebaiknya anda kontrol ulang jika memang belum ada perbaikan. Untuk tindakan apa yang sebaiknya diambil, silahkan didiskusikan dengan dokter yang merawat dan memeriksa anda langsung
    Al Ulya: saya pernah disarankan oleh lain dokter yaitu melakukan operasi laser
    Al Ulya: bagaimana dgn pendapat dokter
    Dok: Terapi laser dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan keloid. Mengenai apakah memang anda sudah perlu mendapatkan terapi itu atau tidak saya tidak apat memberi jawaban karena tidak periksa anda secara langsung
  • Posted December 30, 2012
    untuk menghilangkan keloid dapat dilakukan dengan penyuntikan obat triamcynolone pada keloid tersebut secara bertahap. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan teknik pembedahan micro yang umumnya dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik.
  • Posted January 13, 2013
    muhammad ilham: mlm dok! dok mau nanya gmn cara mengobati koloid?
    Dr. Anna: slmt malam
    Dr. Anna: koloid?
    Dr. Anna: keloid maksudnya?
    muhammad ilham: saya mempunya pertumbuhan daging di bagian belakang telinga bekas bisul
    Dr. Anna: sudah brp lama?
    muhammad ilham: sudah tiga thn
    Dr. Anna: sudah diobati?
    muhammad ilham: sd sbesar telur cicak
    muhammad ilham: belum pernah dok!
    Dr. Anna: utk mengobati keloid, ada beberapa cara.
    Dr. Anna: bs dg cream kulit, suntikan, terapi laser hingga operasi dll.
    muhammad ilham: seberapa besar keberhasilan jika menggunakan suntikan? dan biayax berapa dok jika menggunakan suntikan
    Dr. Anna: pilihan pengobatan tergantung dari ukuran dan letak keloid tersebut.
    Dr. Anna: utk biaya tergantung dari fasilitas kesehatan yg anda kunjungi.
    Dr. Anna: sebaiknya anda berkonsultasi dahulu dg dokter kulit/ bedah plastik
    muhammad ilham: dok gmn klw kita langsung kerumah sakit biayax berapa? krn sy takut klw sy berobat bru uang sy tdk cukup
    Dr. Anna: tgtg RS yg anda kunjungi (RS pemerintah atau swasta), silakan lgsg menghubungi RS tersebut.
  • een
    Posted February 7, 2013
    een: dol mau tanya, aku ada keloid yg lama dan belum lama aku dapat luka lagi dan jadi keloid juga kayanya
    Dok: Sejak kapan anda memngalami masalah ini?
    een: kalau keloid yg 1 udah 1th lalu.n luka baru ini baru 2bln....
    Dok: Luka bekas apa?
    een: luka bekas jatuh dari motor.......
    Dok: Bisa jelaskan apa yang anda maksud dengan keloid?
    een: aku belum terlalu mengerti keloid tuh apa.tp klu gx salah keloid tu tmbuhnya jaringan yg tidak sempurna
    Dok: JAdi dari bekas luka anda, apa yang nampak?
    een: agak menonjol bekas lukanya dok
    Dok: Seperti ada daging tumbuh?
    een: ya kaya gt dok
    Dok: Apakah pertumbuhannya melewati batas luka atau masih dalam batas?
    een: masih dlm batas tapi dia kenonjol ke atas.gx datr ky kulit sebelumnya
    Dok: Kemungkinan itu adalah keloid
    Dok: Dimana lokasinya?
    een: punggung kaki
    Dok: Mengganggu penampilan?
    een: bangat...aku dalam 1 punggung kaki ada 2 keloid......
    Dok: Jika ya, sebaiknya anda berkunsultasi ke dokter untuk dilakukan penyuntikan steroid
    Dok: Dokter bedah
    een: memang aku ada niat untuk dilakukan penyuntikan steroid.klu keloid yg baru 2bln ni bisa jg d lakukan penyuntikan steroid
    Dok: Bisa
  • Posted February 8, 2013
    Ruth: mau tny pencegahan keloid untuk luka caesar
    Dok: Apakah anda mempunyai bakat keloid?
    Ruth: caesar anak pertama 2 thn lalu timbul keloid dok
    Ruth: ini caesar kedua jgn smp ada keloid lg dok
    Dok: Sebaiknya anda diskusikan dengan dokter yang akan mengoperasi anda
    Ruth: sdh caesar dok
    Dok: Kapan?
    Ruth: yg pertama 2 thn lalu sblm caesar sdh disuntik anti keloid tp msh muncul keloidnya
    Ruth: caesar kedua tgl 28 januari kmrn
    Dok: Sekarang luka cesar di tempat yang kemarin juga?
    Ruth: kata org ada salep buat mencegah keloid dok
    Ruth: iya sama dok
    Dok: Bisa menggunakan salpe menghilangkan bekas luka yang dijual di pasaran
    Ruth: itu bs untuk mencegah keloid?
    Ruth: namanya apa ya dok
    Dok: Saya tidak dapat merekomendasikan merk tertentu
    Dok: Namun efektifitasnya masih dipertanyakan
  • Posted March 4, 2013

    diah: crtanya aku habis operasi ... dulu waktu aku operasi caesar setelahnya keloid an...nah skrng aku bru aja operasi lagi diperut....kira2 biar tdk tumbuh keloid lagi msti gmanaya dok
    Dok: apakah dalam keluarga anda ada riwayat keloid?
    diah: seingat saya,ibu saya dulu ada juga keloid di punggung...
    Dok: pd pasien yg mempunyai riwayat keloid, setelah operasi/luka memang kemungkinan tumbuh keloid ada
    Dok: penanganannya adl sblm operasi, beritahukan dulu ke dokter bedahnya, kemudian diskusi bagaimanan penanganannya jika tjd keloid
    Dok: biasanya pengobatan keloid ditangani oleh dokter bedah plastik. spt apa tindakannya tergantung pd jenis keloid yg terbentuk nanti
    diah: selain itu dok....???mungkin ada obat obatan yg disarankan agar keloi nya tdk tumbuh
    Dok: mengenai obat2an juga sebaiknya dgn resep dokter anda, karena tergantung jenis keloid dan kondisi anda
  • Posted March 27, 2013
    Agung santoso: kejadian pertama daun telinga saya luka terus berdarah lama kelamaan kok tumbuh seperti daging...trus gmn dokter cara menanggulanginya??
    Dok: kapan berdarahnya?
    Agung santoso: sudah hampir 1 tahun...apakah ada obat untuk memperkecil daging benjolan daun telinga saya
    Dok: apakah dulu anda pernah spt ini sebelumnya??
    Agung santoso: gak pernah ini baru pertama kali... kemarin saya tanyakan ke dokter katanya itu namanya keloid...??saya jadi bingung
    Dok: kemungkinan yg anda alami ini memang keloid, yaitu pertumbuhan daging yg berlebih, melebihi batas luka. pd orang2 tanpa keloid, jika luka sembuh biasanya timbul jaringan parut atau bekas luka, misalnya koreng, atau menghitam, atau agak menimbul sedikit, dll. pd org dgn keloid, biasanya bekas luka menutup dan tumbuh menjadi spt daging tambahan
    Dok: keloid bs diobati, tetapi sebaiknya anda konsultasi dulu ke dokter bedah
    Agung santoso: iya dokter ...apakah keloid itu bisa tumbuh besar???
    Dok: bisa
    Agung santoso: kalau misal di obati gmn y dok kira kira???
    Dok: pengobatannya ada yg bedah, ada yg nonbedah, hal ini tergantung dari keadaan keloidnya. krn itu harus diperiksa dulu oleh dokter baru bs diputuskan terapinya
    Agung santoso: oh ea dr.dewi terimakasih y atas informasinya...
  • Posted April 2, 2013
    salsabila asma firdausi: bagaimana cara agar keloit di tangan hilang ???
    Dok: keloidnya sejak kapan?