Others Eyes Problems » Discussions » Kedutan di bawah mata

  • Posted April 19, 2012
    Saya: pagi dok mau tanya nich,,,mataku kok kedutan trus ya yg kanan kiri tp di bawah mata,,,itu knp ya dok,,tlg infonya
    Dok: pagi.. dengan siapa saya bicara?
    Saya: ini sy arif budi dok
    Dok: kedutan bisa disebabkan karena mata kelelahan
    Dok: mata kering, ketidakseimbangan nutrisi, kelelahan
    Saya: tp udah seminggu ini kedutan ga berhenti dok
    Saya: kasih saran dok apa yg harus ak lakukan,,biar ga kedutan lg
    Dok: sementara istirahatkan mata dan kurangi paparan cahaya
    Dok: kurangi konsumsi kafein
    Dok: cukup tidur
    Saya: masalahnya sy kerj di dpn computer trus dok tiap hari
    Dok: itu bisa menjadi salah satu penyebabnya
    Dok: cahaya komputer bisa diredupkan sedikit agar tak terlalu terang
  • Posted April 19, 2012
    Beberapa penyebab mata kedutan adalah :

    1. Kualitas Tidur Yang Buruk
    Dr.Andreas Prasadja, RPSGT, sleep physician di Sleep Disorder Clinic dari RS Mitra Kemayoran, mengatakan kedutan bisa diakibatkan oleh gangguan pada organ penglihatan kita yang bersifat sementara akibat kurang istirahat. Gangguan ini lebih parah, jika sudah menjalar ke otot sekitar bibir. Kondisi ini disebabkan oleh adanya iritasi yang terjadi pada saraf kranial ke-7 di wajah oleh pembuluh darah arteri serebri anterior atau karena gangguan yang lain.
    kalau begini, Tidurlah yang cukup dan teratur. Kalau berkutat di depan komputer sepanjang hari, istirahatkan mata sejenak dengan cara melihat ke jauh depan, kemudian pejamkan. Kompresan air dingin baik juga diberikan untuk mengurangi peradangan. Jika kedutan masih berlanjut, konsultasi ke spesialis saraf.

    2. Gangguan saraf motorik ke-7
    Menurut Dr.Donny Istiantoro, Sp.M, spesialis mata di Jakarta Eye Center, kedutan pada mata adalah hal yang tidak perlu dikhawatirkan. Karena, biasanya akan sembuh sendiri. Karena gangguan saraf motorik ke-7 ini hanyalah akibat terlalu lelah. Untuk hal ini, bisa atasi dengan mengonsumsi multivitamin penambah darah atau vitamin E. Jika kondisinya semakin parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari, kita bisa meminta yang ahli untuk melakukan suntik Botoks. Atau pergi memeriksakan diri ke ahli bedah mata.

    3. Dystonia atau Blepharospasm
    Menurut naturopati Riani Susanto, ND, CT., mata berkedut bisa disebakan oleh faktor keturunan, trauma fisik dan infeksi. Ini membuat saraf bergerak dan otot mata berkontrasi kedutan (dystonia). Atau bisa juga karena stres dan kelelahan, sehingga kontraksi otot menjadi tidak terkendali dan menyebabkan terjadi kontraksi pada daerah sekitar mata (blepharospasm).

    Semoga bisa membantu ya :)
  • Posted February 27, 2013
    mohamad muftian: Hallo dok
    Dok: selamat sore
    mohamad muftian: Kelopak mata kiri saya kenapa suka kedut2 tan yah dok
    Dok: usia anda breapa?
    Dok: seringnya itu frekuensinya berapa kali dalam seminggu?
    mohamad muftian: 37 dok frekuensi ny udah 3 hari ini dok
    Dok: sebelumnya pernah mengalami hal yang sama?
    mohamad muftian: Blm pernah dok
    Dok: dalam 3 hari ini seberapa sering munculnya?
    mohamad muftian: Tiap 30 detik dok tp saat malam hari
    Dok: apakah anda mengkonsumsi alkohol?
    Dok: atau anda merokok?
    Dok: sering minum kopi?
    mohamad muftian: Saya perokok dan suka kopi
    Dok: hal ini dapat menyebabkan kedutan pada mata
    Dok: stress, kurang tidur, kelelahan juga dapat menyebabkan hal ini
    Dok: saya sarankan coba kurangi kopi dan rokoknya
    Dok: dan istirahat yang cukup
    mohamad muftian: Iya.. Makasih dok
    Dok: dan bila kedutan masih berlanjut saya sarankan anda memeriksakan diri ke dokter saraf karena pada bbrp kasus hal ini dapat menandakan adanya gangguan pada sistem saraf
  • Posted May 14, 2013
    Kharizmi Tavtazani: Malam dok
    Kharizmi Tavtazani: Saya mau tanya, kalau mata kedutan itu penyebabnya apa ya?
    Dr. Anna: slmt malam
    Kharizmi Tavtazani: Apa ada hubungan dengn gejala stroke?
    Dr. Anna: jika kedutan tjadi dalam waktu singkat, biasanya tdk berbahaya.
    Dr. Anna: hrs diperiksakan jika tjadi terus menerus & dlm wkt lama
    Kharizmi Tavtazani: Kalau misalkan sudah bbrp hari, tp tidak sering?
    Kharizmi Tavtazani: Dokter yg hrs saya temui apakah hrs dr mata atau syaraf?
    Dr. Anna: biasanya mata berkedut bkaitan dg stres, klelahan, alergi atau akibat kafein/alkohol.
    Dr. Anna: sbaiknya ke dokter umum dahulu nanti jika perlu dirujuk akan disesuaikan dg kluhan
  • Posted July 5, 2013
    vchan: dok, konsul lagi .....mata kedutan menandakan apa dok
    Dok: biasanya ada kerja saraf di sekitar mata yg berlebihan. bisa diakibatkan kelelahan (mata lelah)
    vchan: ooo ia dok bener,, saya kerja sampai sore, lanjut malam, n bangun pagi jam 5
    vchan: apa yg sebaiknya saya lakukan , Tidur dok
    Dok: betul, atur waktu istirahat yang cukup, makan teratur. tidur yg baik 6-8 jam/hari
  • Ara
    Posted October 9, 2013
    ara: dok mata bawah kiri saya kedutan trs stiap batuk or trik nafas
    ara: itu knp ya dok
    Dok: sudah berapa kali mengalaminya?
    ara: udah 3 mnggu
    Dok: dalam 3 minggu itu terus2an?atau hanya beberapa hari sekali?
    ara: setiap narik nafas aja dok
    ara: tarik nafas dalam ya dok..bukan trik nafas biasa
    Dok: berarti terus2an/sering ya yg saya tangkap
    Dok: sebenarnya kedutan mata tidak ada hubungannya dengan tarik napas maupun batuk
    ara: iya
    ara: lalu itu knp dok
    Dok: Kedutan pd mata disebabkan stress atau tubuh kelelahan
    ara: atau krng tidur seperti itu ya dok?
    Dok: ya
    ara: baik dok makasih jwbnnya
    Dok: sama2..banyak istirahat ya biar kedutannya cepat hilang
  • Ara
    Posted October 21, 2013
    ara: dok knp mta saya yg kiri yg bawah kedutan klo tarik nafas dalam
    DOK: mata kedutan kemungkinan diakibatkan gangguan saraf di sekitar otot mata, jika tidak berlangsung lama, bukan hal yang membahayakan. cukup dikompres bagian bawah mata dengan air hangat ya
    ara: sudah 3 mnggu sih dok
    ara: dikompres dgn air hangat pd saat malam or pagi dok?
    DOK: dua kali sehari ya. pada malam hari, bisa sambil ditinggal tidur
    DOK: jika masih ada keluhan sebaiknya diperiksa ke dokter
    ara: tp.gak.bahaya kan dok?
    DOK: saya tidak bisa menentukan bahaya atau tidaknya bu, namun jika tidak menyebabkan gangguan pada aktivitas anda, maka seharusnya tidak apa2
    ara: seprti itu?
    ara: dok klo mnghilangkan jrwat di punggung gmn
    DOK: jika sudah lama jerawatnya, sebaiknya diperiksakan ke dokter kulit. sementara itu, hindari menggunakan pakaian yang ketat dan mudah menyebabkan keringat. jika lembab, harus segera diganti dengan yang kering
    ara: baik trma ksih atas jwbnya