Dyspepsia » Discussions » Tips makan penderita maag

  • Posted June 22, 2012
    Saya: dok aku ini,menpunyai penyakit mag,tp aku nggk ada rasa selera makan.tiap aku mual,rasa masam sekali muntah nya.gimana dok tips2 nya biar ada rasa selera makan
    Dok: Sejak kapan maagnya?
    Saya: udah 2 thn yg lalu ,tp aku ngk pernah berobat.
    Dok: Makan teratur 3x sehari dengan jadwal, dan jangan biarkan perut kosong, bawa biskuit untuk dimakan ketika perut perih..
    Dok: Hindari makan yang asam dan pedas, merokok, dan kopi juga dikurangi karena meningkatkan asam lambung..
    Saya: wah dok merokok dan ngopi,itu susah ...karena aku krja nya siang mlm.
    Dok: Yah setidaknya dikurangi bertahap..
    Dok: Atau minum kopi yang tdk bikin rendah asam (tidak bikin kembung)
    Saya: terima kasih dok atas tips2 nya ,selamat mlm

  • Posted February 20, 2013
    ________________________________________
    hery siswanto: met pagi dok,mau tanya nih
    Dok: pagi
    Dok: silahkan
    hery siswanto: klo punya sakit maag boleh makan bakso gak dok?
    Dok: sebaiknya tidak pedas
    hery siswanto: klo tanpa sambal gak papa dok?
    Dok: kalau bakso buatan sendiri tak apa
    hery siswanto: gak pake sambal maksudnya
    Dok: vetsin/ msg brpengaruh juga
    hery siswanto: vetsin di bumbu sasa ya dok?
    Dok: ya sejenis itu
    hery siswanto: Klo sasa sdikit aja gak papa dok
    Dok: ya saran saya sih jgn pakai vestin
    Dok: tp terserah anda
    hery siswanto: saus tomat boleh gak dok?
    Dok: boleh asal tidak berlebihan
    Dok: segala saus2an itu mengandung asam sebenarnya
    Dok: kalau maag anda sudah sangat parah, biasanya saos tomat juga akan merangsang
    hery siswanto: kecap gimana dok?
    Dok: tak apa
    hery siswanto: klo garam itu?
    Dok: tak apa
    Dok: tidak seekstrim itu pantangannya
    hery siswanto: garam sedikit,gak papa ya dok?pa garam gak merangsang asam lambung?
    Dok: tak apa2
    hery siswanto: apa klo punya sakit maag porsi makannya harus di kurangi atau boleh normal kaya biasanya dok maksudnya kuantitasnya
    Dok: boleh normal
    Dok: yg tdk blh kalau tdk teratur

    hery siswanto: teraturnya gimana dok?
    Dok: ya biasa saja, pagi-siang-malam
    hery siswanto: 3 kali di selingi ngemil apa gak dok sebaiknya?
    Dok: iya
    hery siswanto: klo makan 3 kali aja itu gak cukup buat yang punya sakit maag dok?harus gak sih ngemil itu?
    Dok: tergantung anda merasa lapar atau tidak diantara waktu makan itu, kalau lapar ya ngemil
    hery siswanto: klo tidak berarti tidak papa tidak ngemil dok?
    Dok: iya
  • Posted March 7, 2013
    Dewi: dok saya merasa sakit di bagian perut atas selama 3 hari..
    Dok: kemungkinan gangguan lambung
    Dewi: saya bingung apakah ini diare atau magh
    Dok: kalau diare ya pasti baung air besar cair atau lembek
    Dewi: bagaimana cara mmbedakan diare dengan magh,
    Dok: kalau diare ya pasti baung air besar cair atau lembek
    Dewi: kalau magh?
    Dok: buang air besarnya biasa saja
    Dewi: iya sih dok.. biasa aja, tp kadang perut saya bunyi klutuk.klutuk kaya ada airnya..
    Dok: ya
    Dewi: jd itu knp dok? atau mungkin it lambung saya yg bermasalah?
    Dok: gangguan pencernaan
    Dok: bisa jadi lambung
    Dok: kalau mau pasti ya dicek ke dokter
    Dok: diperiksa langsung
    Dewi: sebaiknya saya minum obat ap? ada makanan yang harus saya hindari dulu?
    Dewi: ke dokter umum?
    Dok: Sebentar lagi saya akan berbicara dengan anda.
    Dok: disini tidak untuk menanyakan obat ya
    Dok: hindari makan pedas, santan, asam
    Dok: hindari kopi, teh kental, alkohol
    Dok: dokter umum
    Dewi: iya.. jd saya harus k dokter langsung y?
    Dok: ya
    Dewi: iya.. trims dok..
    Dok: ok
  • Posted March 15, 2013
    Muhamad Arif: mengobati skt maag gmna y
    Dok: mengatur pola makan, hindari makanan yg pedas, asam, minuman bersoda, kopi, alkohol, dan rokok, hindari stres
    Muhamad Arif: y mksh