Dokter Umum » Discussions » Nyeri dada kanan

  • Posted May 7, 2012
    Saya: Mohon informasi nya dok... saya sering mengalami sakit di dada sebelah kanan... kadang sesak bgt...
    Dok: ada gejala lain?
    Saya: kadang tangan juga hilang tenaga...
    Dok: nyerinya seperti apa?
    Saya: terasa pegal semua terutama ditelapak tangan
    Saya: seperti terhimpit sesuatu...
    Saya: dan buat sesak nafas
    Dok: Nyeri yang yuni alami bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.
    Saya: jd gimana cara nya menghilang kan rasa sakit itu ya dok...
    Dok: dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, caranya dengan menjalani pemeriksaan secara langsung
    Saya: terima kasih ya Dok..
    Dok: sama2
  • Posted November 14, 2012
    dhini febriani: saya suka merasa nyeri d bagian dada sebelah kanan..
    Dok: terutama saat sedang apa?
    dhini febriani: saya mau berobat lngsng tp tkt
    dhini febriani: ya..saat sedang tdran pun (tdk melakukan aktifitas)
    dhini febriani: saya merasa skt
    dhini febriani: tdk sering..hanya terkadang
    Dok: sakitnya spt apa bs dijelaskan? apakah nyut2an? atau spt panas/terbakar? atau spt ditusuk2? atau lainnya
    dhini febriani: baik dokter
    dhini febriani: sktnya..y nyut2an..kya d tekan2 gtu..
    Dok: sudah berapa lama mengalaminya?
    dhini febriani: uuhhmm..lumayan lm sih dokter..
    dhini febriani: ad sikap1 thn..
    Dok: banyak penyebab nyeri di dada kanan. bisa krn gangguan otot, tulang, atau saraf (di sekitar situ)
    dhini febriani: awalnya saya seperti itu klo mau demam
    dhini febriani: Oowwhh..
    Dok: gangguan otot biasanya kram. pd wanita biasanya muncul krn penggunaan pakaian (biasanya bra) yg terlalu ketat
    Dok: bisa jg krn hal lain, misalnya sering angkat barang berat atau memanggul barang (misal: tas), sering olahraga, atau aktivitas lain yg membebani otot dada
    dhini febriani: bukan yg kna ad gangguan jantung atau paru gtu y dokter?
    Dok: gangguan jantung biasanya di dada kiri dan gejalanya spt ditimpa benda berat, jd sesak dan keringat dingin
    dhini febriani: kyanya mmng pengaruh bra
    Dok: coba anda gunakan pakaian yg lebih nyaman
    dhini febriani: tp nntinya bakal pengaruh buruk ga sih dokter?
    Dok: bra yg terlalu ketat jg tdk baik pagi payudara dan otot dada. salah satunya ya yg anda rasakan ini
    dhini febriani: iy dokter..
  • Posted November 14, 2012
    nyeri dada kanan dapat diakibatkan gangguan otot, saraf tepi, atau pun organ paru - paru.
  • Posted November 28, 2012
    edy: dok, koq kadang dada terasa sakit yah
    Dok: dada sebelah mana?
    Dok: sakitnya spt apa bs digambarkan?
    edy: padahal gk terasa sesak nafas
    edy: sebelah kanan....
    edy: seperti orang sesak nafas gitu
    Dok: apakah sakit saat menarik napas?
    Dok: biasanya sakit ini muncul saat sedang apa?
    edy: tpi kalau di diamkan sakitnya hilang sendiri n lama2 bisa kambuh juga
    edy: bukan dok... biasa y terjadi pas lagi tidur tiba2 sakit or pas lagi duduk bisq tiba2 sakit
    Dok: apakah rasanya spt ditekan benda berat? atau spt terbakar? atau perih? atau lainnya?
    edy: halo dok
    edy: seperti perih dok....
    edy: dlu pernah berobat ke dokter kata y pengaruh terlalu sering menghirup bahan kimia.... tpi skr udh gk tpi kdg2 mase sakit
    Dok: menghirup bahan kimia apa maksudnya?
    Dok: apakah ada keluhan lain? misalnya kembung, mual, dll
    edy: dlu saya bekerja di kontraktor... bahan kimia sperti bau bensin, bau solar, bqu minyak tanah, ama bau pembakaran barang bersifat kimia sperti filter mobil n lain y
    Dok: apakah anda melakukan medical check up secara rutin?
    edy: keluhan lain gk ada dok...
    edy: dlu sering dok tpi skr gk... coal y setiap di cek kata y gk masalah gtu
    Dok: jika keluhan dada sakit/perih disertai kembung/mual, kemungkinannya adl gejala maag
    Dok: misalnya jika terlambat makan, makan makanan pedas, asam, kopi, merokok, minum alkohol, dll
    Dok: jika dengan obat2 maag gejala tidak berkurang , sebaiknya konsultasi ke dokter penyakit dalam
    edy: saya gk ada gejala maag koq dok...
    Dok: maag jg bs disebabkan oleh stres dan kelelahan
    edy: saya sering makan teratur dok n gk merokok n minum alkohol....
    edy: kalau kelelahan bisa jadi dok... soal y saya kyk y kurang tidur ycukup
    edy: kadang saya kurang nyenyak tidurnya, apakah dokter ada saran agar saya bisa istirahat yg nyenyak
    Dok: disarankan tidur 6-8jam/hari
    Dok: makan dengan teratur
    edy: tapi kadang kurang nyenyak dok tidur y
    Dok: sebelum tidur, bisa matikan semua alat komunikasi dan lampu, hindari stres/pikiran sblm tidur
    edy: oke... kalau begitu terima kasih banyak dok atas saran y
  • Posted November 29, 2012
    nyeri dada kanan dapat diakibatkan gangguan otot, saraf tepi, atau pun organ paru - paru.
  • Posted January 31, 2013
    wahyu: kalau dada nyeri sblh knan knp ya?
    Dok: nyeri saat sedang apa?
    wahyu: saat berolahraga
    Dok: nyerinya spt apa? nyut2an? sesak? spt ditusuk jarum? dll?
    wahyu: sprti dibebani berat gtu
    wahyu: dan nafas jga jd berat dok
  • Posted February 8, 2013
    sukmawan: saya mau nanya dada saya sebelah kanan terasa sakit saat batuk atau bersin
    sukmawan: sudah seminggu ini
    Dok: apakah ada demam?
    sukmawan: saya tadinya perokok sekarang saya hentikan
    sukmawan: tidak demam sama sekali dok
    Dok: apakah batuk berdahak?
    sukmawan: terakir saya keluar kota mengendari mobil sambil merokok tapi ac gak saya matikan..biasanya jendela sayanbuka tapi ini tidak
    sukmawan: nggak ada dahak dok... cuman terasa sakit saat menghirup nafas.. fan berjalan cepat
    Dok: apakah anda merasa sesak saat bernapas?
    sukmawan: tapi sekarang menghirup nafas gak sakit tapi kalau mau batuk atau mau bersin saya tahan dok...soalnya sakit ketika batuk kecil atau bersin
    sukmawan: tidak dok cuman pertama kali awal awal menghirup nafas dalam pasti sakit...
    Dok: apakah anda pernah terjatuh di bagian dadA?
    sukmawan: seingat saya tidak ada hantaman..cuman gejala ini terjadi setelah pergi luar kota
    Dok: saat tidur di malam hari apakah anda merasa sesak saat berbaring?
    sukmawan: sekarang gakbbegitu sakit jka menghirup nafas...tapi kalau berjalan sebentar pasti terengah engah
    sukmawan: kalau saya baringkan sakit atau mau beranjak dari tidur sakit..tapi tidak sesak nafas
    Dok: brp usia, berat badan, dan tinggi badan anda sekarang
    sukmawan: usia 37tahun , berat sekitar 55kg (jarang nimbang), tinggi 167cm
    sukmawan: saya perokok dok
    Dok: rasa sakit di dada saat batuk bisa disebabkan banyak hal
    Dok: bisa krn ada gangguan pada otot, tulang, atau saraf di daerah tsb
    Dok: bisa juga krn ada gangguan pada organ2 di dalamnya, misalnya paru2, jantung, kadang lambung (krn berdekatan)
    sukmawan: obatnya apa dok
    Dok: pada perokok, yg sering tjd adl sakit saat batuk/menarik napas, serta mudah sesak dan lelah saat jalan jauh, merupakan gejala dari penurunan fungsi paru2. zat2 dari rokok dpt menyebabkan perubahan sel2 paru2 sehingga mudah rusak dan mudah tersumbat (shg mudah sesak)
    Dok: tetapi utk memastikan penyebabnya, anda bisa konsultasi ke dokter penyakit dalam utk diperiksa lebih menyeluruh
    Dok: setelah diperiksa fisiknya, ronsen, cek lab, dll, penyebab dpt dipastikan dan dokter akan memberikan obat yg sesuai dgn penyebab
    sukmawan: saya paling takut ke dokter dok...soalnya sedikit dikit dokter selalu ngasih antibiotik
    Dok: anda bisa menanyakan alasan dokter memberi antibiotik, ada kkriteria tertentu utk itu. anda bs meminta penjelasan mengapa anda diberi dan anda jg bs menolak
    sukmawan: soalnya anak saya pernah jadi korban antibiotik jadi malah sering nginep ke rs, skg sudah tidak lagi sakit sakitan karena saya berusaha tidak memberikan antibiotik. kalau kita menolak pasti tidak mungkin dok..soalnya kita kan pasien
    sukmawan: ini bisa sembuh sendiri nggak ya dok,berbahaya nggak dok jika saya biarkan
    Dok: krn anda pasien atau orangtua pasien, anda berhak mendapat penjelasan dan berhak bertanya apa2 saja yg ingin anda ketahui mulai dari penyebab penyakit, obat2an, cara supaya sembuh, mengapa begini begitu, dll
    Dok: krn anda telah mengalaminya seminggu dan tdk ada perbaikan, saya sarankan anda konsultasi ke dokter
    sukmawan: oya dok apa bisa jadi kanker gak ya dok kalau dibiarkan
    Dok: saya tdk bs menjawab krn saya tdk memeriksa anda secara langsung dan tdk mengetahui penyebab pastinya
    sukmawan: oke dok...saya jadi kapok merokok nih..thx ya dok
  • Posted February 20, 2013
    thina fattah: hi, dok, saya akhir2 ini rasanya sesak di dada, itu akibat apa yah?
    Dok: Berapa usia anda?
    thina fattah: saya takut jantung seperti almarhum ayahq
    Dok: Sejak kapan mengalami sesak?
    thina fattah: 29 thn dok
    Dok: Apakah ada riwayat penyakit sebelumnya?
    thina fattah: sudah hampir seminggu sy rasakan dok
    thina fattah: tidak ada dok, paling kalo sy sakit, amandel, sariawan, sakit gigi.. sy pernah di cecar wktu melahirnya..
    Dok: Ada riwayat asma?
    thina fattah: tp akhir2 ini sy sesak di dada shingga susah bernafas, usia sy 29 thn
    Dok: Bisa jabarkan sesak yang anda maksud?
    thina fattah: tidak dok, tp entahlah krna sy jarang periksa
    Dok: Sulit bernafas? Tenggorokan tersumbat? Atau dada seperti tertindih?
    thina fattah: tidak dok, tp entahlah krna sy jarang periksa
  • Posted July 16, 2013
    aan salam effendy: ini mau nanya...... saya ada rasa nyeri pada dada saya seperti urat ketarik dan itu juga saya rasakan sama padabkondisi tangan
    aan salam effendy: itu kenapa ya dok
    Dok: dada sebelah mana?
    aan salam effendy: kanan dan tanngan sebelah kanan dok
    Dok: terutama merasakannya pada saat sedang aktivitas apa?
    aan salam effendy: apalagi jika mengangkat beban seperti memindahkan air galon
    Dok: hal ini wajar tjd pak, terutama jika anda melakukan gerakan2 yang membebani tangan dan bahu anda berulang2
    aan salam effendy: ini sudah satu minggu ini
    Dok: jadi sebaiknya saat anda merasa nyeri/pegal/kesemutan, segera hentikan kegiatan anda, istirahat sejenak, bisa dengan meluruskan tangan yang pegal dengan disangga sesuatu yang empuk (bantal, pinggiran sofa)
    Dok: apakah mengganggu anda dalam menulis (dgn tangan kanan)?
    aan salam effendy: tadi kalo saya menulis gak apa apa dok
    Dok: jadi hanya sakit saat mengangkat benda berat?
    aan salam effendy: iya dok kenapa ya penyebabnya
    Dok: spt yang saya katakan tadi pak, kemungkinan otot/tulang/saraf anda di sekitar daerah tsb mengalami kram/gangguan krn sering melakukan aktivitas2 berat/membebani daerah tsb
    aan salam effendy: oh...... gitu ya dok kira kira obat apa yang bisa saya konsumsi untuk meringankan rasa sakit iu
    Dok: bisa minum obat yang mengandung paracetamol, jika anda tdk alergi paracetamol
    aan salam effendy: yang berapa mg dok
    Dok: yang biasa saja pak, 500 mg 1 tablet
    aan salam effendy: Ok dok