Tension Headache » Discussions » Sakit Kepala dan Tegang Tengkuk

  • Posted February 6, 2013
    fransiscus: kepala saya sakit sekali, apakah ada saran untuk obat yang bisa saya konsumsi?
    Dok: Boleh saya tahu berapa usia anda?
    fransiscus: 31
    Dok: Apakah anda mempunyai riwayat penyakit sebelumnya?
    fransiscus: 31
    fransiscus: penyakit migrain dan vertigo
    Dok: Sejak kapan anda mengalami migrain dan vertigo?
    fransiscus: sejak usia 18 tahun
    Dok: Apakah ada obat yang rutin anda konsumsi?
    fransiscus: biasa saya makan panadol merah
    Dok: Mereda dengan obat tersebut?
    fransiscus: hari ini saya coba tapi tidak berefek
    Dok: Hari ini apa yang anda rasakan? Sakit kepala berdenyut? Pusing berputar?
    Dok: Atau tegang di tengkuk?
    fransiscus: kepala terasa sakit dan tengkuk terasa tegang
    Dok: Di bagian kepala sebelah mana? Kedua sisi atau hanya satu sisi?
    fransiscus: di kedua sisi
    Dok: Sudah berlangsung berapa lama? Dalam hitungan jam atau menit?
    fransiscus: sejak tadi pagi dok
    Dok: Apa aktivitas yang anda lakukan sebelum timbulnya sakit kepala?
    Dok: Makanan/obat apa yang terakhir anda konsumsi?
    fransiscus: terakhir saya bekerja di depan komputer dan minum kopi
    Dok: Berapa lama anda bekerja di depan komputer?
    Dok: berapa gelas kopi yang sudah anda konsumsi?
    fransiscus: baru satu gelas dok
    Dok: Apakah anda semalam cukup beristirahat?
    fransiscus: saya tidur jam 12 dan bangun jam 5 pagi
    Dok: Apakah itu waktu istirahat normal anda?
    fransiscus: sebenarnya tidak dok, biasa saya tidur jam 11 dan bangun jam 6
    Dok: Bagaimana dengan kebiasaan seperti merokok?
    fransiscus: tidak pernah dok
    Dok: Rutin berolah raga?
    fransiscus: jarang dok
    Dok: Cukup minum air putih?
    fransiscus: hari ini saya baru minum 2 gelas
    Dok: Sepertinya yang anda alami sekarang adalah Tension Type headache, gejalanya seperti yang anda alami sekarang yaitu sakit kepala disertai ketegangan di bagian leher belakang
    fransiscus: apa yang sebaiknya saya lakukan dok?
    Dok: Sebaiknya anda mengurangi stress dan istirahat untuk mengurangi kelelahan, kurangi konsumsi kopi
    Dok: Berapa dosis paracetamol (Panadol) yang biasa anda konsumsi?
    fransiscus: satu kali sehari
    Dok: Berapa tablet sekali minum?
    fransiscus: satu
    Dok: Pastikan jenis dan dosis obat yang anda konsumsi. Dosis Paracetamol untuk nyeri adalah 1000 mg sekali minum. Sebelumnya pastikan anda tidak mempunyai alergi obat dan mempunyai fungsi hati dan ginjal yang baik.
    Dok: Namun diagnosis yang saya berikan
    Dok: merupakan kemungkinan, karena saya tidak memeriksa anda secara langsung. Jika dengan pertolongan pertama seperti beristirahat dan minum analgesik seperti Paracetamol tidak membantu, sebaiknya anda konsultasi ke dokter agar dilakukan pemeriksaan secara langsung
    fransiscus: bagaimana saya mengetahui apakah ginjal dan hati saya normal?
    Dok: Apakah sebelumnya anda pernah melakukan pemeriksaan lab untuk medical check up?
    fransiscus: belum dokter
    Dok: Apakah sebelumnya anda pernah memiliki riwayat sakit kuning?
    fransiscus: pernah sewaktu kecil
    Dok: Apakah anda tahu jenis penyakit apa yang anda alami sewaktu kecil?fransiscus: tidak dok
    fransiscus: apakah ada kaitannya dengan sakit yang saya alami ini?
    Dok: Ada kaitanyya dengan jenis terapi yang akan diberikan
    fransiscus: lalu apa yang harus saya lakukan dok?
    Dok: Pertama istirahat terlebih dahulu. Jika dengan istirahat sakit kepala anda tidak hilang, maka anda memerlukan terapi medikamentosa (pemberian obat-obatan). Pemberian obat ini sebaiknya dilakukan atas saran dokter yang melakukan pemeriksaan secara langsung.
  • Posted February 7, 2013
    hendri susilo: sore dok
    Dok: sore
    hendri susilo: saya kok sering pusing ya dok leher kencang
    Dok: usianya berapa?
    hendri susilo: 30 th
    Dok: biasanya kapan dirasakan pusing, leher kencang?
    hendri susilo: pulang kerja dok kadang kapala atas disamping mata
  • Posted February 7, 2013
    oggy escobar: maaf dok sy mau tanya,kepala sy suka sakit kenapa ya dok ?
    Dok: usianya berapa?
    Dok: sakit kepalanya seperti apa?
    oggy escobar: 37 dok
    Dok: sakit kepalanya seperti apa? dibagian mana sakit kepalanya?
    oggy escobar: ketika sy bekerja atau bermain tennis lbh dr 2 set kepala sy jadi sakit dok
    Dok: sakit kepalanya dibagian mana?
    Dok: apakah terasa tegang?
  • Posted February 19, 2013
    adhi: dr..knp ya setiap kali sepulang kerja tengkuk leher saya sakit
    adhi: kdg pegal2...serasa capek
    Dok: usianya berapa?
    adhi: saya 27
    Dok: apakah bila dipijat terasa membaik?
    adhi: iya..mendingan dok
    Dok: hal ini dinamakan tension headache
    Dok: hal ini disebabkan oleh karena adanya kelelahan secara fisik, emosi
    Dok: atau bisa juga disebabkan oleh posisi anda pada saat bekerja kurang baik
    adhi: oh
    Dok: kurang tidur juga dapat menyebabkan hal ini
    Dok: yang dapat dilakukan adalah mencegah pemicunya
    adhi: bbrp waktu ini memang emosi saya krg stabil dok...
    Dok: sebaiknya hal ini dihindari untuk mengurangi terjadinya nyeri
  • Posted February 27, 2013
    Mary: Kepala saya suka pusing, nyut2 di belakang kepala bawah. kira2 kenapa ya dok?
    Dok: Berapa usia anda?
    Mary: saya 44 tahun
    Dok: Sejak kapan mengalami hal ini?
    Mary: kira2 2-3 tahun terakhir
    Dok: Bisa dijelaskan pusing yg anda rasakan?
    Dok: Sensasi berputar? Nyeri kepala seluruh/sebagian? Rasa tegang di tengkuk?
    Mary: bukan dok. seperti nyeri/ada yg tarik tarik gitu.
    Dok: DI bagian belakang kepala bawah?
    Mary: iya dok
    Dok: Dalam sebulan berapa kali muncul?
    Mary: kalau pas lagi cape, kurang istirahat atau banyak pikir
    Dok: Apakah anda mempunyai riwayat penyakit terdahulu?
    Mary: tidak ada dok
    Dok: Ada obat-obatan yang rutin diminum?
    Mary: tdk ada
    Dok: Kondisi anda kemungkinan disebabkan oleh Tensio-Type Headache
    Dok: Suatu jenis sakit kepala dengan karateristik rasa tegang atau terikat di tengkuk, biasa dipicu oleh stress atau kelelahan fisik
    Dok: Hindari stress dan cukup istirahat bisa membantu
    Dok: Jika dengan hal tersebut keluhan tidak menghilang, sebaiknya anda kontrol kedokter
    Dok: Terutama jika rasa berdenyut semakin hari semakin dirasakan memberat, seperti ada rasa pecah dalam kepala, muntah menyembur, harus segera ke rumah sakit
  • Posted March 6, 2013
    wendy ervantan: dok kepala belakang saya sering sakit kenapa ya
  • Posted April 9, 2013
    HERI: KLO KEPALA SERING SAKIT
    HERI: RASANYA BERAT KENAPA YA BU
    Dok: usia anda berapa?
    Dok: kapan biasanya dirasakan sakit kepala?
    HERI: 40THN
    HERI: KLO SIANG SAMPE MALAM
    HERI: KLO PAGI TDK'
    Dok: sakit kepalanya di bagian mana?
    HERI: BELAKANG
    Dok: apa pekerjaan anda sehari2?
    HERI: SERVICE HANDPHONE BU
    Dok: apakah dengan pemijatan sakit kepala terasa membaik?
    HERI: IYA BU
    HERI: KLO DIPIJIT TERASA ENAK
    Dok: ini dinamakan tension headache, ini adalah spasme otot
    Dok: hal ini dapat disebabkan oleh karena adanya stress fisik, emosi, adanya kurang tidur
    HERI: CARA MENGATASINYA BGMN BU
    HERI: BIAR GAK SAKIT
    Dok: cara mengatasinya adalah dengan menghindari penyebabnya
    HERI: ADA BENER NYA JG BU
    Dok: untuk membantu mengurangi rasa nyeri daoat dengan paracetamol
    HERI: EMANG SYA SUKA KURANG TIDUR
    HERI: MINUM SECARA TERATUR ATO GMN
    HERI: MSL DOSIS NYA YG BERAPA
    HERI: MILI GRAM
    Dok: obat ini diminum bila terasa sakit kepala saja
    Dok: bila tidak tidak perlu diminum
    Dok: paracetamol yg dijual di pasaran saja bapa
    Dok: yang penting adalah menghindari penyebabnya
    HERI: OKS TERIMA KASIH BYK ATAS INFO NYA
    Dok: sama sama
  • Posted April 22, 2013
    eros rosita: leher belakang sy sering sakit ky ad yg tarik k belakang
    eros rosita: geleyeng gitu dok
    Dok: terutama sakit saat sedang apa?
    eros rosita: knp ya?
    eros rosita: ga mesti dok
    Dok: maksudnya?
    eros rosita: kdg waktu duduk maupun berdiri tp kdg2
    Dok: terutama saat aktivitas apa?
    eros rosita: itu knp ya dok?
    eros rosita: kdg lg nyapu jg suka terasa
    Dok: brp usia, berat badan dan tinggi anda?
    eros rosita: 35 th, 64 kg, 164 cm
    Dok: apakah ada sakit kepala?
    eros rosita: iya
    Dok: sakit kepalanya sebelah mana?
    eros rosita: sebelah kanan
    Dok: sejak kapan anda mengalami hal ini?
    eros rosita: 2 bulan lalu
    Dok: apakah anda sudah berobat ke dokter?
    eros rosita: sdh
    Dok: lalu bagaimana yg dikatakannya?
    eros rosita: tp msh tetep
    Dok: apa yg dikatakan dokter?
    eros rosita: klu ktny ke capean
    Dok: brp tekanan darah anda?
    eros rosita: baru hri sabtu kmren normal 120 ktny
    Dok: bagaimana aktivitas anda sehari2?
    eros rosita: momong anak2 aj dok
    Dok: brp jam anda tidur dalam sehari?
    eros rosita: kadang 5 /6 soalny ad ank sy baru 4 bln
    Dok: bagaimana pola makan anda?
    eros rosita: sehari 3 × dok
    Dok: apakah banyak makan sayur?
    eros rosita: iya tp kdg2 banyakny ayam ma daging
    Dok: kemungkinan sakit kepala yg anda alami adl krn kurang tidur. normalnya 6-9 jam/hari
    Dok: hal ini jg diperberat dengan aktivitas anda mengasuh anak. makan sayur dapat membantu meningkatkan zat besi dalam darah utk mengikat oksigen lebih banyak sehingga anda tdk mudah lemas
    Dok: sebaiknya anda istirahat cukup dan teratur. hindari makanan berminyak dan terlalu asin atau mengandung msg
    eros rosita: iya mkin dok soalny ank2 sy msh kecil2
    Dok: jika anda merasa sakit kepala tdk tertahankan, silaka ke dokter utk mendapat obat yg sesuai utk ibu menyusui
    eros rosita: oh iya dok.. mksh atas jawabannya dan sarannya..
  • Posted May 7, 2013
    mas ipink: kepala saya sering terasa pusing yang sangat sakit d bagian belakang. knp y dok
    mas ipink: saya sering sakit kpla yang rasanya sakit sekali dok. tepatnya d bagian belakang kepala. knp y dok
    Dok: usia anda berapa?
    Dok: sudah sejak kapan keluhannya?
    Dok: sakit kepalanya seperti apa?
  • Posted May 12, 2013
    antony chatib: halo doc.. nama saya anton, saya umur 47thn . kenapa saya klu berpikir sering sakit kepala dan tegang dipundak dan belakang kepala ? kira kira ini jenis penyakit apa dok.. solusinya bagaimana dok ?
    Dr. Anna: slmt malam
    Dr. Anna: adakah riw darah tinggi/kolesterol?
    antony chatib: selamat malam dok..
    antony chatib: nggak ada dok, kolesterol jg normal dok..
    antony chatib: saya pernah terjadi seperti kehabisan napas dijalan dok , tapi saya pulang dan istirahat akhirnya pulih lg... rasanya seperti mau pinsan dok.
    antony chatib: waktu itu tegang banget saya dok seperti mau kejang begitu...leher pegal banget..
    Dr. Anna: sdh brp lama dirasakan?
    antony chatib: sudah 2 thn timbul dan pergi. klu pagi biasanya saya agak segar dok.. cuma gejala itu rasanya cuma sore menjelang magrib. sampai jam 22:00 dok.
    antony chatib: sekarang ini kadang ada rasa getar dibadan dok klu timbul tegang dok. kadang telinga berdenging tapi tdk kencang dok.
    Dr. Anna: adakah kelelahan/ stress yg membebani pikiran?
    antony chatib: mungkin ada dok.. kadang suka kesal dgn sesuatu dan kesal itu susah saya redam dok... keingat terus dan buat saya jadi stress. yg berakibat sesak napas dan tekanan darah naik dok...
    Dr. Anna: bs saja anda menderita nyeri kepala tipe tension. yg biasanya dipicu oleh stress
    antony chatib: pernah saya rasa jantung berdebar debar klu dlm kesal.. saya udah ekg tapi katanya normal dok.
    antony chatib: waktu lg parah parahnya saya jg suka tegang dilampu merah, dan tempat keramaian atau jalan yg macet dok.
    antony chatib: apakah jenis sakit kepala tension terjadi hampir tiap hari dok ?
    Dr. Anna: stress memicu & memperparah keluhan nyeri kepala anda.
    Dr. Anna: jika stress terpicu stiap hari; bisa saja tiap hari gejala timbul.
    Dr. Anna: jika nyeri dirasakan menetap atau tambah parah sebaiknya diperiksakan ke dokter anda

    antony chatib: halo dok.. sebaiknya saya hrs bagaimana dok ? saya sudah berobat cuma sembuh sebentar tapi tdk lama dok , kambuh lg..
    antony chatib: apakah saya kena gangguan panik dok ?
    antony chatib: krn saya udah pernah berobat dikasih alprazolam.. emang enak dok hilang semua ketegangan itu tapi saya merasa cepat cemas dok.. nerven saya jd lemah dok klu ada masalah dok.
    Dr. Anna: gangguan panik biasanya tjadi tiba2, disertai dg keringat dingni, rasa berdebar, gemetar, terasa sesak dsb.
    Dr. Anna: sbaiknya anda blajar mengontrol stress anda, bs dilakukan tehnik relaksasi dsb.
    antony chatib: tapi kenapa saya dikasih obat anti panik dok, alprazolam sama dokter dok...
    antony chatib: apakah penyakit saya ini lama sembuhnya dok ?
    antony chatib: apakah ada obat lain selain alprazolam dok ? sakit kepala saya tdk terlalu sakit dok . yg mengganggu tegang ini dok leher terasa ketarik.. kulit kepala terasa kencang...
    antony chatib: apakah ada hubungannya dgn pelebaran pembuludarah kepala dok ?
    Dr. Anna: sebaiknya anda rajin kontrol ke dokter anda; jika otot tegang sgt mengganggu bs saja ditambahkan pelemas otot (tapi hrs berdasarkan resep dokter)
    Dr. Anna: penyempitan pembuluh darah mksd anda? biasanya nyerinya lebih hebat, disertai dg riw darah tinggi dsb.
    antony chatib: saya udah pernah dikasih relaksan dok. forris namanya dok.. tapi buat saya lemas tapi tegang dan terasa mual ,,hingga saya tinggalin dok.
    Dr. Anna: sbaiknya jika anda merasa tdk enak dg obat yg diberi dokter, beritahukan dokter anda saat kontrol agar obat diganti/dihentikan.
    Dr. Anna: periksakan diri anda ke dokter & usahakan menghindari stress yg berlebihan.