Polycystic Ovary Syndrome ( PCOS ) » Discussions » Kista ovarium harus dilakukan operasi?

  • Posted September 28, 2012
    ardi: selamat siang Dokter Anna, saya pernah USG kandungan di salah satu rumkit.dan dinyatakan oleh seorang dokter bahwa sy punya kista.sebesar 14 centi.perlukah saya untuk melakukan operasi?saya amat takut untuk dioperasi.
    Dok: kista dimana?
    ardi: terasa di bagian perut sisi bawah kanan
    Dok: apakah dokter mengatakan tepatnya kista tersebut kista apa?
    ardi: pernah.tapi saya tidak tahu namanya apa.yang saya tahu, waktu ditunjukkan pada gambar kandungan, pada sisi kanan
    Dok: maaf anda wanita atau pria?
    ardi: saya wanita Dokter....
    Dok: apakah saran dari dokter anda?
    ardi: sarannya saya harus dioperasi,kebetulan suami aktif di AL.jadi ada fasilitas kesehatan. tapi saya tetap takut u dioperasi.sementara ini sy lakukan minum ramuan yg saya olah sdr.dari sumber-2 herbal lewat pengetahuan internet
    Dok: untuk mengetahui apakah perlu dilakukan prosedur operasi atau tidak, selain dilihat dari ukuran, harus diketahui juga jenis dari kista tersebut
    Dok: tapi bila memang dokter menyarankan untuk operasi, artinya dokter beranggapan bahwa tindakan yang terbaik adalah dengan operasi
    ardi: ooh begitu, baru saja sy mengalami menstruasi. dgn mengeluarkan darah berwarna hitam bergumpal banyak sekali,apakah ini pengaruh dari herbal yg sdh sy minum? apakah ini pertanda mengikisnya kista tsb.?
    Dok: untuk herbal itu di luar kompetensi saya sebagai dokter ibu
    ardi: maaf kalau bgt.kalau blh saya tahu, kista itu, macamnya apa saja Dokter...
    Dok: ada kista pada ovarium, rahim
    ardi: ooh, sy baru ingat.sy pernah diberitahu seorang dokter, bhw kista sy ada pd ovarium
    Dok: saya sarankan anda mengikuti saran dari dokter
    ardi: ok thanks.satu lagi Dokter, apakah kista pd ovarium ini bisa terus membesar apabila tdk dilakukan operasi?dan apa pantangan makanannya?
    Dok: ada kemungkinan untuk membesar
    Dok: hindari daging2an dan produk susu
    Dok: hindari makanan yang mengandung banyak lemak, banyak mengandung gula
    Dok: alkohol, kafein, teh
    ardi: bagaimana dgn buah-2an yg dingin.apakah sy boleh sy konsumsi?
    Dok: boleh kok, tidak masalah
    ardi: maaf Dokter, sy pernah baca, bhwa teh itu slh satu media u membantu memperkecil radikal bebas.apakah kista termasuk penyakit disebabkan radikal bebas?
    Dok: penyebab dari kista ovarium biasa berhubungan hormon
    Dok: tidak ada hubungannya dengan radikal bebas
    ardi: apakah blh mengkonsumsi ikan laut?sy jg pernah dgr bhw jenis ikan-2 itu bnyk mengandung koles.yg mgkn bisa meningkatkan koles pd tubuh.apakah kolesterol ini jg meningkatkan hormon?
    Dok: kolesterol dapat dirubah menjadi hormon
    ardi: berarti ada batasan u konsumsi ikan?
    Dok: untuk bbrp jenis ikan laut memang kadar kolesterolnya tinggi
    Dok: tapi salmon, makarel, tuna, sarden mengandung omega 3 yang baik untuk menurunkan kolesterol
    ardi: ok Dokter Anna, terima kasih atas penjelasannya.Good luck
    Dok: sama sama
  • Posted October 12, 2012
    putri: dok bisa ga sih kista hilang tanpa operasi ??
    Dok: kista di mana?
    putri: di alat kelamin wanita
    Dok: di bagian mana? rahim atau lainnya?
    putri: rahim
    Dok: tergantung ukurannya, utk ukuran yg masih kecil dan masih dini, biasanya dgn beberapa obat dari dokter kandungan, akan mengecil. tetapi hal ini juga tergantung dari jenisnya dan apa penyebabnya (bermacam2)
    putri: makasih ya dok
  • Posted October 15, 2012
    elis: hallo slmat malam
    Dok: selamat malam
    elis: saya mau tanya dr anna
    Dok: silahkan
    elis: penyakit kesta itu apa tidak bsa di smbuhkan dngn cra brobat apa hrus dngn operasi,,?
    Dok: dapat dengan obat dan juga operasi
    elis: kalo dgn obat,,,obat apa yg harus saya beli,,
    Dok: sebaiknya didiskusikan dengan dokter kandungan yang memeriksa anda
    Dok: karena terapi disesuaikan dengan kondisi anda
    elis: oke,,jka lemah jantung dr,,,stiap saya brjabat tangan dg orang tangan saya selalu kluar keringat dan dingin,,klo bleh tanya obat apa yg harus saya beli dr.anna
    Dok: hal ini tidak selalu disebabkan oleh karena adanya gangguan pada jantung
    Dok: anda dapat membeli anti perispiran di apotik
    elis: nama obatya apa dok,,apa tanya aja anti perispiran aja udah tau,,>
    Dok: iya, tanyakan saja langsung ke apotik
    Dok: ini untuk digunakkan di tangan
    elis: tpi kadang jantung selalu berdebar2 dang selalu keluar keringat dingin di sekitar wajah,,?
    Dok: hal ini tidak menandakan adanya gangguan pd jantung
    elis: oke mksh dr,anna atas bantuanya,,selamat malam.
    Dok: sama sama
  • Via
    Posted October 15, 2012
    via: siang
    Dok: ada yang bisa dibantu?
    via: siang dokter ana
    Dok: selamat siang
    via: mau tanya?
    via: selain OPERASI apakah bisa penyakit KISTA disembuhkan
    Dok: kista apa yang dimaksud?
    via: penyakit KISTA itu loh dok
    Dok: kista dimana?
    via: tau penyakit KISTA
    Dok: kistanya ada dimana?
    Dok: anda paham tidak dengan pertanyaan saya?
    Dok: apakah yang anda maksud adalah kista ovarium?
  • Posted October 30, 2012
    juni: pengobatan kista yang benar bgaimana dok?
    Dok: kista di mana?
    Dok: ukurannya?
    juni: di rahim kemarin di usg baru 6 cm
    Dok: posisinya di mana?
    juni: di perut sebelah kiri dok
    juni: masih bisa disembuhkan tanpa operasi kan dok?
    Dok: utk pengobatan kista, tergantung dari ukuran dan posisinya. biasanya ukuran > 5 cm sebaiknya dioperasi. tapi ini pun dgn pertimbangan lain, misalnya mau cepat hamil, atau jika kista dapat menjadi ganas
    juni: ok mkasih
  • Posted November 12, 2012
    fafa: saya mau tanya soal gejala penyakit miom sama kista..
    Dok: Sebentar lagi saya akan berbicara dengan anda.
    Dok: gejala miom: mens dlm jumlah banyak, kadang miom berkembang sehingga perut terlihat spt membesar/gemuk, saat mens atau berhubungan , nyeri haid sangat hebat. jika miom sudah sanngat besar, selain menyebabkan terlihat spt gemuk, jg dpt menekan organ2 lain di dalam tubuh, misalnya kandung kencing, usus besar, dll
    Dok: gejala kista: mens tdk teratur, saat mens biasanya disertai nyeri yg hebat (jg bs muncul saat berhubungan), jika kista sudah membesar, perut bs ikut membesar jg, kadang2 kista pecah dan akhirnya keluar darah dari kemaluan, jika kista tdk pecah tp membesar, bs ada keluhan perut spt penuh/tertekan
  • Posted December 20, 2012
    andy: apa kista itu bisa tanpa operasi?
    Dok: kista apa yg dimaksud?
    andy: pengobatannya
    andy: dalam perut istri sy
    andy: ga bisa hamil
    andy: karena ada kista
    Dok: apakah anda sudah konsultasi ke dokter kandungan?
    andy: kadang2 seperti menggigit didalam
    andy: sudah
    Dok: lalu bagaimana menurut hasil pemeriksaannya?
    andy: apa ada obat yg bisa menghancurkan kista itu tanpa operasi?
    andy: ada kista katanya
    Dok: hal itu tergantung dari jenis kistanya, ukurannya, dan posisinya
    Dok: jika dokter kandungan menganjurkan utk dioperasi, berarti yg paling baik dna cepat penanganannya adl dgn operasi
    andy: trus
    andy: kalau pakai obat alami bisa ga?
    andy: jadi apa penyebab kista itu dok?
    andy: utk mengetahui jenis, ukuran dan posisi harus usg ya dok?
    Dok: betul, hal ini harus dikonsultasikan dgn dokter kandungan, dokter akan memeriksa gejala, pemeriksaan fisik, periksa darah, usg, dll utk mengetahui ciri2 kista
    andy: begitu
    andy: kalau langsung kedokter bedah ga bisa ya dok?
    Dok: utk mengetahui dgn pasti jenis kitsa, biasanya dilakukan biopsi
    andy: biopsi itu apa dok?
    Dok: sebaiknya ke dokter kandungan, krn operasi rahim biasa dilakukan oleh dokter spesialis kandungan
    Dok: biopsi adl mengambil sebagian jaringan kista utk mengetahui jenis kista
    andy: bgitu
    andy: artinya jaringan itu didpaat dengan operasi atau dari darah?
    Dok: banyak cara melakukan biopsi, biasanya dengan menggunakan alat khusus yg kecil utk mengambil sedikit jaringan kista
    Dok: dalam beberapa kasus, biopsi dilakukan setelah kista diangkat seluruhnya (stl operasi)
    andy: apakah bahaya atau tidak jika dilakukan operasi atau pengankatan kista itu dok?
    Dok: pada setiap tindakan medis tentu ada risikonya, tetapi hal ini akan dijelaskan dokter kpd anda dan pasien lebih dulu, kemudian anda dan pasien bebas memilih apakah ingin menjalaninya atau tidak. jika ingin, tentu dokter dan staf berusaha semaksimal mungkin mencegah tjdnya risiko tsb
    andy: begitu
    andy: apakah anda pernah mendengar ada pasien yg sembuh dari kista tanpa operasi?
    Dok: ada, cukup banyak
    andy: trus bagaimna pendapat dokter tentang itu?
    andy: apa ada anjuran utk itu
    Dok: maksudnya?
    andy: apa dokter memberikan rekomendasi utk sy obati istri sy tanpa harus operasi?
    andy: bagaimna dan dimna berobat seperti itu yg tanpa opersi?
    Dok: saya tidak bs berkomentar krn tdk memeriksa istri anda secara langsung
    andy: bgitu
    andy: kira2 therapi atau pengobatan herbal yg anda tau itu dimna?
    Dok: saya tdk bs berkomentar mengenai obat2 yg tdk diresepkan oleh dokter
    andy: bgitu ya dok
    andy: ok trimksh atas informasinya dok
  • Posted February 5, 2013
    rion: dok.mau tanya nih,istri saya ad penyakit kista dok ap masih bisa punya keturunan.
    Dok: kista di mana?
    rion: dekat kandungan dok.
    Dok: apakah anda sudah konsultasi ke dokter kandungan?
    rion: sdh dok.kata dokter kistanya masih kecil..
    Dok: kistanya disebut kista apa?
    rion: kurang tahu saya dok,,kalau kista apa.
    Dok: mengenai pengaruhnya thd kandungan, perlu dilihat dari posisi, besar, dan jenis kistanya
    Dok: sebaiknya anda kontrol teratur ke dokter kandungan anda, sekaligus menanyakan bagaimana sebaiknya pengobatannya agar bisa hamil lagi
    rion: ya dok..makasih bayak dok atas konsultasinya.
  • Posted February 6, 2013
    suwadi: Asslmkm Bu Dr, istri sya terkena penyakit kista indung telur, sudah 6 cm, sudah 14 thn kami belum di karuniai anak, dulu pernah disarankan dr untuk bayi tabung, apakah ada obat yg bisa menghilangkan Dok
    Dok: apakah anda sudah memastikan ke dokter kandungan mengenai kista tsb?
    suwadi: sudah kemarin dok
    Dok: kemudian apa saran dokter?
    suwadi: kata Dr, yg sekarang di suruh test radiologi, tapi tadi berhubung mens istri sudah lewat 2 minggu, dan dari radiologi di suruh 10 hari dari mens periksa
    Dok: krn sampai saat ini anda belum diperiksa, maka saya tdk bs berkomentar. kista yg dikatakan dokter masih merupakan kemungkinan sampai dilihat dari hasil pemeriksaan yg bertahap
    Dok: tergantung jenis, ukuran, dan posisi kistanya, pengobatan bisa berupa operasi dan non operasi
    suwadi: kalau 6 cm apa bisa di obati Dok, sudah 14 thn belum punya keturunan, kata dr disini kistanya menutupi saluran telur jadi tidak bisa di buahi, Dok
    Dok: saya tdk bs berkomentar, krn hal ini jg tergantung dari jenis kista dan posisi
    suwadi: terimakasih Dok
  • Posted April 17, 2013
    yunni: mau tanya jika perempuan tidak haid yg terjadi didalam apa ya?
    Dok: brp usianya?
    yunni: 3 th yl ketika saya usia 47, saya diperiksa, ada kista kecil didalm rahim, waktu itu krn saya terlambat haid, saya pikir sudah menopouse, tp kata dokter tidak, saya diberi obat dan haid, setelah itu saya diamkan, dan haid lagi 4 bulan kmd, kmd 5 - 6 bulan, dan sekarang sudah lebih 1 th gak haid, sama sekali. berbahayakah dok?
    yunni: skrg usia sy 50
    Dok: apakah anda masih dalam pengobatan kista?
    yunni: gak dok.
    yunni: saya minum juice kulit manggis aja
    Dok: kapan terakhir kali anda kontrol utk kista?
    yunni: sorry, barusan gak sengaja terputus
    yunni: th 2011
    Dok: apakah sudah dinyatakan sembuh?
    yunni: belum dok, sy ga ke dokter lagi
    Dok: gangguan mens pd anda ada beberapa kemungkinan, bisa krn gangguan pada kandungan (misalnya kista), gangguan hormon, stres, akibat makanan/minuman, kelelahan, atau bisa jg krn proses menopause
    Dok: utk memastikannya memang lebih baik konsultasi ke dokter kandungan anda, utk mengecek mana yg ada gangguan, sehingga bs segera diobati
    yunni: iya dok... mungkin papsmear dulu ya dok?
    yunni: makasih ya dok