Menstrual problems » Discussions » mens tidak teratur

  • Posted November 30, 2012
    ocha: malam dok
    Dr. Anna: slmt malam



    ocha: dok, sy seorg perempuan berusia 28 thn. sdh beberapa thn ini tdk teratur menstruasinya. dlm setahun hnya 3-4 kali periode. dan u info lainnya sy tdk pernah aktif scr seksual. apakah ini msh sehat?
    Dr. Anna: sblmnya pernah teratur?
    ocha: pernah setiap bln pasti dapat
    ocha: tp dng rasa sakit yg hbt
    ocha: dan pd thn 2007 rasa skt it hlg
    Dr. Anna: ktidakteraturan mens dpt terjadi akibat ktidakseimbangan hormon, kurang asupan makanan, stress yg blebihan, dll
    Dr. Anna: sudah pernah diperiksakan ke dokter kandungan?
    ocha: pnah, di usg tak da masalah
    ocha: oya, sy mnm obt antidepresan
    ocha: tp sy tdk mrasa stres
    Dr. Anna: obat apa? sudah pernah cek kadar hormon?
    ocha: depakote, trebasco, dan racikan. blum na cek
    Dr. Anna: sudah lama dikonsumsi?
    ocha: depakote dan racikan dr 2010. trebasco br bln ini.
    Dr. Anna: saran saya, anda berkonsultasi dg dokter kandungan; bs jadi ada ktidakseimbangan hormon atau penyebab lain yg menyebabkn mens tdk teratur.
    ocha: m, mengapa tidak anda saja?
    Dr. Anna: krn utk mengetahui penyebabnya; anda hrs diperiksa scr langsung.
    Dr. Anna: jk memang kearah ktidakseimbangan hormon dpt dilakukan cek hormon.
    Dr. Anna: dan nantinya diberikan pengbatan yg sesuai.
  • Posted December 5, 2012
    Dok: sore
    Melva Ivana Melva Ivana Loren: saya mau tanya dok
    Melva Ivana Melva Ivana Loren: mens saya sudah 2bulan ini gak selesaai2 sok
    Dok: usia?
    Melva Ivana Melva Ivana Loren: tapi perutnya sih gak sakit dok pada saat mens
    Melva Ivana Melva Ivana Loren: 32thn dok
    Dok: anda pakai kontrasepsi?
    Melva Ivana Melva Ivana Loren: anak saya baru 1 usia 2 thn
    Melva Ivana Melva Ivana Loren: tidak dok
    Melva Ivana Melva Ivana Loren: semenjak melahirkan saya hanya 5 kali datang bulan dok
    Dok: sudah pernah cek ke dokter?
    Melva Ivana Melva Ivana Loren: belum dok
    Dok: cek ke dokter ya perlu pemeriksaan penunjang untuk melihat sebabnya
    Melva Ivana Melva Ivana Loren: apakah ada keterkaitan gejala miom atau kista dok?

  • Posted December 5, 2012
    Dok: sore
    Fitri: mens saya tidak lancar dok usia saya 18 tahun
    Dok: mens pertama usia berapa?
    Fitri: Umur 13 tahun dok
    Dok: tidak teratur seperti apa?
    Fitri: Iya ga lancar dok, misalkan bulan juni aku mens, masa mes lagi bulan agustus akhir.. Itu knpa ya dok
    Dok: selain itu ada keluhan lain?
    Fitri: Ga ada dok,,
    Dok: diusia muda kemungkinan mens belum sepenuhnya teratur
    Dok: gangguan mens bisa akibat stress
    Dok: bagaimana dgn anda?
    Fitri: Jadi wajar ya dok kalo d usia seperti saya tidak teratur mensnya
    Dok: untuk memastikan tetap diperiksakan ya
    Fitri: Tpi saya ga strees dan bnyak pikiran ko dok,
    Dok: coba diperiksakan langsung ke dokter ya untuk memastikan
    Fitri: Iya dok, saya hanya mau infonya aja dari dokter
    Dok: oke...
    Fitri: Kira" knpa dan apa sudah biasa hal ini trjadi
    Dok: sudah pernah hitung siklus menstruasi?
    Fitri: Belum dok
    Fitri: Knp ya memang??
    Dok: siklus menstruasi normal berkisar 21-45 hari
    Dok: jadi kalau masih masuk range itu masih normal
    Dok: bisa tau BB dan TB anda?
    Fitri: Berat saya 40an dok kalo tinggi sekitar 155
    Dok: anda sedang menjalani diet?
    Dok: *menjalani
    Fitri: Ga dok
    Dok: dari kalkulasi indeks massa tubuh anda masuk kriteria underweight ya
    Dok: kondisi ini bisa mempengaruhi siklus mens juga
    Fitri: Underweight itu apa ya dok
    Fitri: Lalu gimna cara mengatasinya??
    Dok: berat badan kurang
    Dok: mulai perbaiki pola makan anda, tinggi protein
    Dok: olah raga teratur
  • Posted December 5, 2012
    candy linardi: dok, cara lancar datang mens itu gimana ya?
    Dok: apakah selama ini tdk teratur? menggunakan kontrasepsi?
    candy linardi: selama ini tidak teratur, kadang kadang 2 bulan baru datang 1 kali mens nya.. umur saya baru 15 thun
    Dok: kapan pertama kali mens?
    candy linardi: pas umur 14 tahun, pertama kali datang mens kena demam
    Dok: berarti baru setahun dtg mensnya?
    Dok: wajar jika pada 1-2 tahun pertama mens, perempuan muda masih belum teratur
    candy linardi: jadi gimana solusinya supaya bisa lancar dok?
    candy linardi: iya baru 1 tahun.
    Dok: seiring waktu, biasanya akan lancar sendiri. tapi harus diingat, hindari stres/pikiran terlalu banyak, kecapekan, makan harus teratur, perbanyak makan sayur dan buah
    candy linardi: oh kalo gitu makasih atas infonya dok
    Dok: kurangi makanan siap saji, makanan yg mengandung msg dan pengawet dulu ya
    candy linardi: iya, makasih dok
  • Posted December 6, 2012
    mlm dok...say umur 24 tahun knp ya ud 1 tahun in men saya tdk teratur kadang sbln ga men bln depannya men sampai 2 minggu lbih..gmn dok solusinya
  • Posted December 8, 2012
    devi: saya mau tanya
    devi: bulan november saya haid tgl 3
    Dok: lalu?
    devi: truz tgl 29 setelah saya berhubungan sama suami keluar darah dok
    devi: saya pikir darah haid tp darahnya cm sedikit2
    Dok: lalu selanjutnya skrg mens?
    devi: truz tgl 4 kemaren drhnya agak banyak dok
    Dok: biasanya siklus mens anda brp hari?
    devi: semalem saya liat di pembalut ud bersih,,saya ga pake pembalut tp td pagi pas bangun dicelana ada lg dan banyak dok
    devi: sekarang perut jg berasa skt kaya haid 2 yg sebelumnya
    devi: biasanya 8 harian dok
    devi: darah yang sebelumnya normal ga dok?
    Dok: maksud saya biasanya jarak berapa hari dari tiap tanggal pertama mens tiap bulan
    devi: biasanya c teratur,misalnya bln ini tgl 3 bln bsk jg tgl 3 palingan agak maju 1 ato 2 hari gtu dok
    Dok: oke kemungkinan memang masih mens ya bu
    devi: klw yg dr tgl 29 kemaren shrusnya ud slesai dok,,tp ini malah jd banyak dan rasa nyeri perutnya sprti haid2 sebelumnya,,sementara dr yang tgl 29 nya itu ga ada rasa nyeri apa2,,
    Dok: gapapa bu, kemungkinan itu masih flek mau haid juga
    Dok: masih dalam hitungan siklus mens ibu
  • Posted December 18, 2012
    yanti: saya yanti 21 tahun .. saya punya masalah pada sirkulasi menstruasi yang tidak teratur..
    Dok: bagaimana siklusnya
    yanti: siklusnya bisa sampai 4 bulan tidak mens..saya sudah pernah periksa ke dokter dan diberi obat (endometril) tp setelah saya tidak meminum obat nya lagi mens saya ttp tidak lancar dok..
    Dok: apakah hal ini sudah berlangsung lama?
    yanti: sudah 2 tahun dok. saya periksa kedokter tahun 2010
    Dok: ada banyak hal yg bs menyebabkan gangguan siklus mens, bs krn stres, kelelahan, pola makan tdk tepat, kelainan hormon, gangguan pd kandungan, dll.
    Dok: jika anda sudah pernah periksa ke dokter kandungan dan mendapatkan obat, saat obat habis ada baiknya anda kontrol kembali, sampai dokter benar2 menyatakan anda tdk perlu minum obat lagi
    yanti: apakah obat yg saya minum jika di digunakan dlm jangka waktu panjang bisa bermasalah dok untuk reproduksi saya??
    Dok: selama obat tsb diresepkan oleh dokter dan di bawah pengawasan dokter dan anda meminumnya sesuai anjuran dokter, seharusnya tdk apa
    yanti: obat endometril itu obat apa ya dok?
  • Posted December 18, 2012

    yanti: dok kalau haid yang tidak teratur apakah bisa menyebabkan susah hamil??
    dok: Belum tentu. Boleh tahu berapa usia anda?
    yanti: saya yanti dok usia 21 tahun..
    dok: Usia berapa pertama kali menstruasi?
    yanti: usia 14 tahun dok
    dok: Apakah keluhan tidak teratur dialami sejak awal menstruasi atau baru beberapa waktu belakangan ini?
    yanti: sejak umur 17 tahun mens saya sudah tidak teratur..
    dok: Bisa dijelaskan yang dimaksud dengan tidak teratur?
    yanti: mens saya bisa 4 bulan sekali saya juga pernah periksa kedokter dan diberi obat (endometril) tp setelah tdk meminum obtnya mens saya ttp tidak lancar..
    dok: Apakah mens yang tidak lancar disertai nyeri?
    yanti: tidak dok.. hanya terkadang keram dibag. perut saja..
    dok: Keram tersebut muncul saat mensyruasi atau di luar waktu menstruasi?
    yanti: saat menstruasi dok..
    dok: Apakah ada riwayat penyakit dalam keluarga khususnya ibu atau saudara perempuan?
    yanti: tidak ada dok ibu dan kakak saya tidak ada riwayat penyakit haidnya juga teratur..
    dok: Biasanya menstruasi yang tidak teratur disebabkan karena gangguan hormon, dan membaik setelah diberikan obat hormonal
    yanti: apakah itu bisa menjadi penghambat untuk hamil dok?
    dok: Tergantung dari penyebab menstruasi yang tidak lancar tersebut
    yanti: oya dok obat endometril itu obat apa ya? klo di minum jangka panjang apakah diperbolehkan?
    dok: Endometril adalah obat yang berisi Lynestrenol, sejenis progesteron sintetis
    dok: Biasa digunakan dalam jangka waktu 2-3 bulan siklus menstruasi
    yanti: berarti penyebab mens saya tidak lancar kemungkinan karena gangguan hormon ya?
    dok: Penyebabnya dapat dipastikan setelah kontrol ke dokter dan dilakukan pemeriksaan yang dibutuhkan
    yanti: sebaiknya saya diarahkan ke dokter apa dok untuk dilakukan pemeriksaan tersebut?
    dok: Dokter kandungan
  • Posted December 21, 2012
    Cecilia Wiranti: dok, saya remaja wanita
    Dok: Umur berapa?
    Cecilia Wiranti:18 tahun dok
    Cecilia Wiranti: Bulan ini saya terlambat datang bulan
    Dok: Tanggal berapa hari pertama haid terakhir?
    Cecilia Wiranti: Kurang ingat pasti dok, tapi sekitar tanggal 10 bulan lalu
    Dok: Bagaimana dengan siklus menstruasi sebelumnya?
    Cecilia Wiranti: Memang tidak teratur dok, kadang lambat, kadang cepat, tp untuk bulan ini yang saya rasakan paling telat dok
    Dok: Berapa rentang waktu perubahan waktunya?
    Cecilia Wiranti: Sekitar 10 hari dok. Itu kenapa ya?
    Dok: Apakah ada keluhan jika sedang menstruasi?
    Cecilia Wiranti: Ga ada dok, paling keram perut
    Dok: apakah ada obat-obatan yang dikonsumsi:
    Cecilia Wiranti: ga ada dok, saya jarang sakit
    Dok: Bagaimana dengan pertumbuhan dan perkembangan anda? Apakah sesuai dengan remaja seusia?
    Cecilia Wiranti: Normal aja dok
    Dok: Apakah anda pernah melakukan hubungan seksual tanpa pengaman?
    Cecilia Wiranti: Saya tidak pernah melakukan hal seperti itu
    Cecilia Wiranti: jadi bagaimana dok? kira2 saya lenapa?
    Cecilia Wiranti: kenapa
    Dok: Maaf bisa diulang pertanyaan anda?
    Cecilia Wiranti: saya kira2 kenapa? kok bsa telat menstruadi?
    Cecilia Wiranti: menstruasi
    Dok: Penyebabnya dapat bermacam-macam
    Cecilia Wiranti: misalnya?
    Dok: Yang paling sering terjadi adalah ketidak-seimbangan hormonal

    Dok: Untuk memastikan, anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan.

  • Posted December 21, 2012
    alfi: siang dokter
    Dok: selamat siang
    alfi: mau konsultasi
    Dok: silahkan
    alfi: haidku sering telat knp ya?
    alfi: mundurnya bisa sampe 2mingguan lebih
    Dok: usianya berapa?
    Dok: sudah sejak kapan mengalami gangguan ini?
    alfi: sudah beberapa kali begini
    Dok: usianya berapa?
    Dok: sudah sejak kapan mengalami gangguan ini?
    alfi: waktu bulan april sampe juni begini
    Dok: usia anda berapa?
    alfi: trus juli sampe oktober lancar teratur
    alfi: bulan nov kemaren telat lagi
    Dok: hal ini dapat disebabkan oleh karena bbrp faktor, seperti adanya stress, peningkatan atau penurunan berat badan yang berlebih
    alfi: setelah telat hampir 3 minggu mens sedikit sekali cuma seperti fflek slma 3 hari
    alfi: us
    Dok: dapat juga disebabkan oleh karena adanya gangguan pada ketidak seimbangan hormon
    alfi: usiaku skrg 32 thn
    alfi: aku sudah nikah tapi blum punya anak
    Dok: dapat juga disebabkan oleh karena adanya gangguan pada sistem reproduksi, gangguan pada hormon tiroid
    Dok: apakah anda sudah pernah memeriksakan diri ke dokter kandungan?
    alfi: kl penurunan berat badan sih engga
    alfi: sudah
    Dok: lalu apa hasil dari pemeriksaan dokter kandungan?
    alfi: kl kondisi fisik katanya ga masalah
    Dok: maksudnya tidak ada gangguan pada kandungan anda?
    alfi: di test hormon fsh dan lh memang agak tinggi
    Dok: hal ini memang dapat menyebabkan adanya haid yang tidak teratur
    alfi: apa solusinya yang dokter
    Dok: tergantung dari apa yang menyebabkan kadar FSH dan LH anda meningkat
    alfi: cara mengetahuinya gimana?
    Dok: diperlukan pemeriksaan lebih lanjut
    Dok: sebaiknya anda konsultasikan lagi lebih lanjut dengan dokter kandungannya
    alfi: kl sama dokter kandunganku sll diberi obat pelancar haid
    Dok: hal ini memang dapat membantu
    alfi: seperti cyclo dan profera
    Dok: iya, obat ini dapat membantu anda mendapatkan haid yang teratur
    alfi: iya tapi apa harus minum obat terus supaya haid lancar?
    Dok: tergantung dari kondisi anda
    Dok: saya sarankan anda menanyakan lagi ke dokter kandungannya
    alfi: memangnya hormon fsh dan lh penyebabnya bisa tinggi selain krn stress?
    Dok: dapat disebabkan karena adanya gangguan pada hormon tiroid ataupun karena adanya kista
    alfi: kl kista sudah di usg dan trans vagina tidak ada
    alfi: kl menurut dokter saya gimana caranya saya bisa hamil dulu
    alfi: jadi dikasih oBt penyubur
    Dok: obat penyubur dapat membantu anda untuk hamil