Dokter Umum » Discussions » Kontrasepsi Pasca Melahirkan dan Keputihan

  • Posted September 25, 2012
    den-den: selamat sore dokter, saya seorang suami yg baru saja mempunyai anak pertama, saya mau tanya,kira-kira kapan saya diperbolehkan berhubungan intim dgn istri saya lg dok? berapa hari masa trauma istri saya setelah melahirkan itu?
    Dok: biasanya 6 minggu setelah melahirkan
    Dok: untuk memastikan sudah tidak ada perdarahan
    den-den: Dok,, apakah nanti setelah 6 minggu itu saya dan istri saya bisa menikmati berhubungan senggama dgn optimal seperti wkt masih jd pengantin baru dok? atau ada kiat2 khusus utk istri saya supaya kembali optimal?
    Dok: istri anda melahirkan dgn operasi atau dgn normal?
    den-den: nah itu dia masalahnya dok, istri saya melahirkan NORMAL. saya takut diantara kita nnt stelah 6 minggu tidak ada keharmonisan saat berhubungan,, baik pada saya maupun pada sang istri yg tdk puas. hehe maaf dok jd malu
    Dok: mengenai kepuasan berhubungan, itu adalah masalah pribadi anda berdua sbg pasangan
    den-den: atau malahan 22 nya tdk nyaman. saya takut itu terjadi dok. mungkin ada kiat-kiat nya dok.
    Dok: yg patut dikhawatirkan adalah apakah anda berdua sudah siap jika risiko berhubungan tanpa proteksi bisa menyebabkan hamil lagi, kecuali istri sudah ikut KB lagi atau anda memakai kondom
    den-den: oh iya dok,,nah itu dok,,saya mau tanya tentang kontrasepsi yg aman utk istri saya yg lg menyusui dan hehe yg tdk mengurangi gairah hormon sang istri ada kan dok? soal nya saya dengar2 bnyak sekali kontrasepsi,, saya jd bingung milih nya tuh dok.
    Dok: selama istri anda menyusui asi yg secara aktif dan belum mens, seharusnya itu sdh mjd kontrasepsi alami
    Dok: kontrasepsi lain, mengandung hormon atau tidak, tdk mempengaruhi kenyamanan dalam berhubungan
    den-den: yg saya dengar,kontrasepsi yg bagus yg ditanam di rahim itu dok, IUD klo ga salah. itu kira2 bahaya ga dok?
    Dok: tidak, IUD tdk mengganggu hormon shg tdk mempengaruhi menstruasi wanita dan bisa dicabut kapan saja (bisa expired sampai 10 thn)
    den-den: istri saya menurut bidan cukup tangguh saat melahirkan bayi dgn berat 3,8Kg dan panjang 5,5 dgn hanya 2 jahitan dibagian luar. prtnyaan saya cukup jelas dok, mungkin gax,klo seorang ibu yg sudah melahirkan bayi yg cukup besar ini bisa kembali seperti semula gitu Dok,,?? saya agax ragu dok, yaa meskipun jahitan nya cuma 2 saja,,dan itu jg diluar.
    Dok: kembali seperti semula maksudnya bagaimana pak?
    den-den: hehehe V nya dok. kan bobol gitu dok, masa balik lg sprti semula? masa iya sih dok
    Dok: bagian tubuh manusia yg luka pasti meninggalkan bekas, kecuali direparasi di bagian bedah plastik utk mendapatkan hasil sesuai keinginan
    Dok: tetapi asalkan perdarahan berhenti dan tdk ada keluhan dari istri anda, seharusnya sudah bs berfungsi dgn baik
    den-den: skr saya cukup tenang mendengar penjelasan dr Dokter,, tp andai saja wkt itu istri saya lngsung di IUD sebelum punya momongan ga berbahaya kan dok? kok tetangga saya bilang jangan sih,katanya nnt susah punya anak rahim nya. emang benar gitu yaa dok???
    Dok: sulit punya anak bukan efek samping IUD krn IUD tdk mempengaruhi kesuburan maupun btk rahim
    den-den: tetangga bilang,, nnt rahimnya kering, jgn di KB dulu,nnt susah mempunyai momongan.
    Dok: IUD tdk mempengaruhi btk rahim
    den-den: berarti diperbolehkan langsung pakai IUD wlw'pun belum mempunyai momongan yaa dok??
    Dok: bisa saja, jika memang berencana menunda kehamilan
    den-den: waaah klo tau gitu saya ga bakal ngalamin was-was kaya skr gini dok.
    den-den: dok,, ga punya kiat2 khusus dok buat saya atau'pun istri saya? supaya kita bisa jd harmonis seperti wkt masih perawan gitu deh. hehehe jd malu dok..!
    Dok: utk hal spt itu, anda berdua bs mendiskusikannya, krn itu masalah perasaan spt waktu pertama kali bertemu saja
    den-den: hehehe terimakasih yaa dok atas saran nya,, nnt saya rencana'in deh, biar bisa seperti sediakala.
    Dok: sama2
    den-den: oh iya dok lupa, klo keputihan itu seperti apa sih dok,, lalu ciri nya apa??
    den-den: dan bahaya nya apa??
    Dok: keputihan pada siapa?
    den-den: keputihan bukan nya terjadi pada wanita kan dok? yaa pada istri saya mksd nya dok. bgmna tuh dok jwb_an nya
    Dok: banyak jenis keputihan, ada yg normal ada yg krn penyakit. tergantung kapan, saat sedang aktivitas apa, warna, bentuk, dan gejala2 yg menyertai saat keputihan tsb
    den-den: pada wanita kan dok? ga akan trjadi pada saya kan?
    Dok: keputihan memang keluhan wanita pada umumnya
    den-den: klo warna putih dan ke'kuning-kuningan yg keluar sangat banyak yg cukup licin dan berlendir saat bersenggama dgn istri saya itu apa termasuk keluhan wanita bukan dok? klo benar itu keluhan istri saya,berarti selama ini istri saya menahan-nahan rasa sakit saat berhubungan itu yaa dok??
    den-den: keputihan sakit kan dok?
    Dok: jika istri anda tdk mengeluh, berarti itu adalah cairan yg keluar dari genital istri, itu adalah normal, sama seperti jika anda mengeluarkan semen. salah satu fungsinya adalah sebagai lubrikasi, makanya licin. jika anda memang khawatir, anda bisa menanyakan pd istri, atau mengajaknya konsultasi ke dokter
    Dok: tdk semua keputihan sakit
    den-den: mksd nya seman saya dan Lubrikasi itu apa dok? bisa pake bahasa umum awam dok maaf
    Dok: lubrikasi, maksudnya sebagai pelicin. cairan yg keluar saat berhubungan, dari wanita bs dianggap spt semen yg keluar dari pria saat ejakulasi
    den-den: yaaa memang selama ini istri saya tdk ada keluhan yg dibicarakan kepada saya dok,,tp saya tetap harus yg aktif mengetahui dan cari tau, takut nya gitu dok dia menyembunyikan saja.
    Dok: betul, sbg suami anda bisa meningkatkan komunikasi dan cara bertanya yg baik jika memang khawatir dgn istri anda
    den-den: iya nnt saya prbaiki komunikasi dgn istri dok. berarti klo itu Lubrikasi/pelicin, kira2 menurut dokter, itu dia sakit ga dok? ini saya bertanya kpda dokter dulu sblum saya malu2 mencoba nanya pada istri saya
    Dok: jika istri anda tampak biasa saja, berarti itu adalah cairan yg keluar secara normal, bukan penyakit
    den-den: yaa itu td mangkan nya pertanyaan diatas saya menanyakan ciri2 keputihan mksd nya itu dia dok,,skr saya jd tau yg nama nya Lubrikasi. takut nya cairan putih kekuning-kuningan itu penyakit keputihan. klo diliat dr istri saya tampak biasa2 aja sih,cuma teriak merintih gitu aja,dan ga tau klo itu sakit atau cuma hanya Lubrikasi nya dia aja. tp kok banyak yaa dok,, apa itu gax apa-apa dan bisa dikatakan pelicin normal sebanyak itu?hee maaf ya dok klo kurang sopan,tp dgn jwban2 dokter saya jd tau
    Dok: mengenai jumlahnya, bervariasi tiap orang, tetapi pada dasarnya normal saja
    den-den: oh iya dok,, gini aja deh biar tau persis,, penyakit keputihan pada wanita itu ber'Bau gax dok??
    Dok: spt td saya katakan, keputihan ada yg normal ada yg abnormal/penyakit. keduanya ada baunya, warna, dan btk masing2. tergantung kapan, bagaimana, dll keputihan tsb keluar, sdh berapa lama, dsb
    den-den: berarti istri saya?
    Dok: spt td saya katakan, tanpa keluhan, biasanya normal
    den-den: ooooooh
    den-den: klo nnt pada saat nya saya pertanyakan ke istri, trnyata dia memang bilang klo dia sedang keputihan,, langkah apa yg harus saya lakukan dok?
    Dok: anda bisa mengajaknya konsultasi ke dokter
    den-den: oke deh klo gitu dok..! memang penyebab keputihan itu apa sih dok? kerugian nya apa sehingga bisa dikatakan keluhan nya si wanita pada umum'nya
    Dok: kerugiannya menimbulkan ketidaknyamanan pd wanita, biasanya disebabkan infeksi virus, jamur, maupun bakteri
    den-den: wiiih serem juga..! bisa terinfeksi pada penis saya ga dok?
    Dok: jika sudah kronis, bisa menular, atau bisa juga virus/jamur/bakteri tsb dibawa oleh pihak lelaki (yg jarang menimbulkan gejala) dan menularkan ke wanita lain yg berhubungan dgnnya
    den-den: wanita lain nya? istri saya satu dok. heehe
    Dok: saya menjelaskan bahwa kuman yg menginfeksi bagian genital wanita/pria kebanyakan bisa menularkan kepada pasangannya, tetapi pada laki2 biasanya jarang atau hanya sedikit mengganggu saja gejalanya. karena itulah seks bebas sebenarnya td disarankan krn dpt memperluas penyebaran penyakit kelamin
    den-den: antisipasi agar virus,bakteri,jamur tdk masuk ke Vagina istri saya yg dapat menyebabkan penyakit keputihan atau penyakit kelamin lain nya apa saja dok yg mesti dilakukan istri saya antisipasi nya??
    Dok: anda berdua bisa menjaga kebersihan bagian genital masing2, misalnya mengeringkan dulu setelah dari toilet sblm pakai pakaian dalam, jgn pakai yg terlalu ketat sehingga tdk lembab
    den-den: karena istri saya tdk suka memakai sabun kewanita'an,, kata nya sih panas..
    Dok: utk mencegah penularan bs dengan kondom
    Dok: mengenai sabun tsb, itu adalah pilihan, tdk wajib
    den-den: klo bagi saya sih memakai pakaian dalam yg tdk ketat bisa-bisa saja,dan memang itu yg saya suka ketimbang hrus ketat-ketat'an. tp klo antisipasi nya dgn cara memakai kondom sih,waaah itu berat sekali buat saya dok. hehe soal nya saya pernah 1x mencoba memakai kondom, dan itu sangat-sangat ga membuat berhubungan saya menjadi nyaman, malahan saya mikir kok berhubungan kaya main-main gini, pake karet.
    Dok: itu adalah pilihan anda dan pasangan
    den-den: dok,,nnt saya akan pertanyakan lg pada dr.anna soal keputihan td yaaa dok setelah saya komunikasi terlebih dahulu dgn istri saya. soalnya sangat mengganjal sekali bagi saya, kok istri saya berbeda sekali dgn wanita lain (yg saya tonton di video-video gitu), knp Lubrikasi mreka tdk sama dgn istri,bahkan malahan tdk ada sama sekali terlihat si Lubrikasi nya itu, sedangkan istri saya hampir beberapakali saya lap pake tissue bisa 4-7 kali Lap pake tissue tiap 5 menit. klo itu keputihan, saya kurang nyaman sekali dgn si Licin nya itu, atau mungkin ada yg salah dgn saya nya mungkin
    Dok: betul, anda bisa tanyakan dulu, sebab jumlah dan bentuk pelicin alami wanita berbeda2 tiap individu
    den-den: kalau benar itu pelicin alami yg dihasilkan hormon wanita,, lantas pencegahan utk me'minimalisir nya bagaimana dok?
    den-den: kalau benar itu pelicin alami yg dihasilkan hormon wanita,, lantas pencegahan utk me'minimalisir nya bagaimana dok?
    Dok: tetapi jika memang mengganggu anda dan pasangan, bisa konsultasi ke dokter urologi
    den-den: oooh yaudah ya dok nnt dilanjut lg, terimakasih atas info,saran, dan solusi nya. selamat sore dok
  • Posted September 26, 2012
    beberapa efek samping penggunaan IUD adalah perubahan siklus haid pada 3 bulan pertama, dan akan berkurang setelah 3 bulan, haid akan lebih lama dan lebih banyak, Kadang-kadang terjadi pendarahan (spotting) diantara masa menstruasi
  • Posted November 14, 2012
    Dok: selamat sore
    yuliyanty rachman: sore dok. saya mau tanya 4bln lalu saya hbs melahirkan lewat operasi sc
    Dok: ya
    yuliyanty rachman: knp sampai skrng blm haid jg ya
    Dok: anda menyusui?
    yuliyanty rachman: sudah tidak sekarang
    Dok: sudah pernah testpack?
    yuliyanty rachman: soalny saya ingin pasang kb
    yuliyanty rachman: sudah test pack tp negatif
    Dok: jadi begini ya bu, kemungkinan tidak mens masih bisa karena pengaruh laktasi, coba testpack dulu saja kalau negatif sudah boleh pasang kb
    yuliyanty rachman: kb apa ya yg bagus mengingat saya sudah 2kali sc
    yuliyanty rachman: normal ga sih dok kyk gitu?
    Dok: kb apapun baik bu
    Dok: yang penting harus tau efek samping nya dari tiap jenis kb, karena tiap orang tidak memberikan efek samping yang sama
    Dok: maksudnya normal apa bu?
    yuliyanty rachman: normal ga sampai skrng sy blm haid jg?wktu anak pertama abis sbulan sc sy langsung haid
    Dok: bisa normal
    Dok: kenapa sudah tidak asi?
    yuliyanty rachman: lbukannya kalo pasang spiral hrs haid dulu dok
    Dok: asal tidak hamil boleh tanpa harus tunggu mens
    yuliyanty rachman: asi saya sdikit jd anak tdk mau
    Dok: kenapa berkesimpulan asi sedikit? anda bekerja?
    yuliyanty rachman: ya saya bekerja d rs dok. kalo saya pompa paling cuma dapat 30ml
    Dok: ada keinginan untuk relaktasi?
    yuliyanty rachman: relaktasi apa dok?
    Dok: yang keluar saat pompa dan saat menyusui tidak sama bu
    Dok: relaktasi = mencoba kembali menyusui
    yuliyanty rachman: kyknya ga bs deh dok. asinya sedikit. ga tega sy anaknya keburu nangis duluan. d tambah sy sdh mkn apa aja
    Dok: relaktasi sangat mungkin bu, dan tidak ada pantangan untuk ibu menyusui
  • Posted November 15, 2012
    Jenis kontrasepsi yang tidak mengandung hormon termasuk kontrasepsi mekanik (sifatnya sebagai pelindung), yang terdiri dari kondom dan diafragma. Serta kontrasepsi mantap, dengan pertimbangan sudah merasa cukup dengan jumlah anak yang dimiliki (tubektomi).