Dokter Umum » Discussions » Telapak tangan dan kaki berkeringat

  • Posted September 21, 2012
    joko: dok saya ingin bertanya
    Dr. Anna: silakan
    joko: dulu saya tinggal di pekanbaru riau, dan sekarang saya tinggal di jakarta, setelah saya tinggal dijakarta telapak kaki dan tangan saya sering berkeringat hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya sewaktu saya tinggal di pekanbaru, knp ya dok?
    Dr. Anna: sudah berapa lama?
    Dr. Anna: berapa usia anda?
    joko: sekitar 8 bulan dua minggu..
    joko: usia saya 24 tahun...
    Dr. Anna: adakah keluhan lain?
    joko: ada dok dulu saya kalo lg begadang sampai pagi ngak ada keluhan apa2, tp klo sekarang saya sering pusing dan lemh kalo begadang dok.
    Dr. Anna: adakah keluhan berdebar2? keringat dingin? mual?
    Dr. Anna: penurunan nafsu makan? kurang tenaga saat beraktivitas?
    joko: ado dok saya juga terkadang sering berebar2.
    joko: afsu makn saya berkurang mungkin karna ngak co2k sama masakan jakarta.
    joko: yg paling sering saya alamin adalah keringat di telapak tangan dan kaki dok.
    Dr. Anna: keluhan sulit tidur?
    joko: kalo sulit tidur waktu2 tertentu aja dok ngak sering2 banget.
    Dr. Anna: hiperhidrosis (keringat berlebih) biasanya timbul saat kecil atau dewasa muda.
    Dr. Anna: bisa karena pengaruh suhu, olahraga, emosi, obesits, atau pengaruh alkohol.
    joko: menurut dokter saya seharusnya gimana?
    joko: hampir setiap saat keringat di telapak tangan dan kaki saya keluar, tp di bagian lain tidak ada,
    Dr. Anna: adakah keluhan tangan sering tremor, nafsu makan meningkat namun berat badan turun, diare? Jika ada, ada kemungkinan anda menderita kelainan di tiroid.
    Dr. Anna: berhubung gejala anda tidak hanya keringat berlebih, tetapi ada juga keluhan berdebar, saya sarankan anda memeriksakan diri ke dokter agar diperiksa secara lengkap. Jika memang ada kelainan tiroid akan diperiksakan kadar tiroid dalam darah anda.
  • Posted September 21, 2012
    disebut dengan hiperhidrosis, yang dapat diakibatkan oleh cuaca yang panas, kegemukan, dan olahraga. Untuk penyakit yang dapat menyebabkan gejala serupa adalah gangguan tiroid.
  • Posted February 20, 2013
    inha: saya srg skali mengalami skit kepala dok,,,
    Dok: di bagian mana kepala?
    inha: tiba2 sakit tp dgn sndirix brenti jg
    inha: bagian atas dok
    Dok: sejak kapan tjd?
    inha: sudh lama
    Dok: sakitnya spt apa bs dijelaskan?
    inha: terasa seperti ditusuk dan bagian leher terasa berat
    Dok: terutama sakit saat sedang apa?
    inha: tdk tentu
    inha: krn biasax sakit tiba2
    Dok: terutama saat sedang apa?
    inha: biasax klo tinggal diam tdk ad kerjaan
    Dok: brp usia, berat badan dan tinggi anda?
    inha: usia 23 tinggin 155cm BB 40kg
    Dok: apakah anda pernah berobat ke dokter utk hal ini?
    inha: tdk
    Dok: krn anda sudah lama mengalaminya dan cukup mengganggu aktivitas anda, saya sarankan anda konsultasi ke dokter. krn hal ini memerlukan pemeriksaan yg langsung dan menyeluruh
    Dok: sakit kepala bs disebabkan banyak hal, misalnya krn tekanan darah rendah, krn kurang zat besi, kurang tidur, makan tdk teratur, krn keleleahan, stres, dll
    inha: ok,,,makasih saranx dok
    inha: trus ini dok z jg srg bgt tangan n kaki saya terasa dingin n brkeringat
    Dok: terutama berkeringat jika sedang apa?
    inha: it penyebabx apa???
    inha: klo memegang sesuatu pst berkeringt,,tp g terlalu
    Dok: sejak kapan merasakannya?
    inha: sudh agak lama jg dok
    Dok: brp lama?
    inha: kira2 sktr usia 17 taun dok
    Dok: apakah berkeringat jg walaupun cuaca dingin?
    inha: kdg jg dok
    inha: tp kdg jg dok dsiang hari tangan dan kaki terasa dingin banget klo dpegang
    Dok: keringat berlebihan ini ada banyak penyebabnya, salah stau kemungkinan yang paling sering adl hiperhidrosis, yaitu keadaan dmn kelenjar keringat seseorang menghasilkan keringat berlebihan
    Dok: hal ini bs diakibatkan banyak hal juga: bs krn keturunan, krn penggunaan obat2an, krn gangguan hormon, ada penyakit yg mendasari, dll
    Dok: utk memastikan apa yg menyebabkan anda mengalaminya, sebaiknya diperiksa langsung oleh dokter
    inha: tp saudara saya jg begitu dok malah lebih banyak berkeringat
    Dok: spt saya sebutkan, hal ini bs krn penyakit keturunan (bs ditemukan pd keluarga yg lain)
    Dok: utk memastikannya apakah memang benar ini, sebaiknya anda konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam utk diperiksa lebih menyeluruh
    inha: makasih ya dok tas informasinya dan waktunya
  • Posted January 1, 2014
    dok .. saya mau tanya tentang telapak tangan dan kaki sering sekali berkeringat .. kenapa yah ?