Dokter Umum » Discussions » Bagaimana Mengetahui Masa Subur?

  • Posted September 17, 2012
    chacha: dok kira kl masa subur wanita itu brp hri h?
    Dok: biasanya 14 hari
    chacha: jika qt melakukan sex b'sama pasangan pas 3 hri slma dtg bln
    chacha: itu dlm masa subur gk yh dok?
    Dok: masa subur adalah 14 hari sebelum mens dimulai
    Dok: jika sudah mens bukan masa subur lagi
    Dok: hal ini berlaku utk perempuan dengan siklus mens teratur
    chacha: owh jd kl dlm masa mens itu udh bkn masa subur yh?
    Dok: betul
    chacha: mslhnya kmrin psangan saya kluarin cairan nya di dlm vagina saya
    chacha: pas saya lg mens
    chacha: jd saya tkt jika nnti it akan membuahkan hsil menjadi bayi
    Dok: seharusnya tdk akan tjd kehamilan
    chacha: owh, tp jika sudah lwt hri mens nya itu msh masa subur ato tetep udh gk dok?
    Dok: masa subur dimulai 14 hari sblm mens, jadi utk tanggalnya bisa dihitung dgn mengurangi 14 hari di mana anda kira2 akan mndpt mens utk bulan berikutnya
    chacha: ohh iya dok gmn yah cra ngatasin bau badan?
    Dok: anda bisa mengurangi makanan2 yg bau menyengat spt bawang, jengkol, dll, kemudian banyak mnum air putih
    chacha: dok ada lg 1 pertsnyssn
    chacha: untuk mengatasi penyakit lambung yang sudah lama itu dpt di sembuhkan dgn mnm obt apa yh dok?
    Dok: sebaiknya hindari telat makan. utk obat, saya tdk bs memberi resep di sini
    chacha: sakit lambung calon suami saya sudah lama
    chacha: jd kl dy lg kambuh hrs di bwa tdr bru mendingan sakiit nya
    chacha: saya kasihan melihat nya
    chacha: dan saya juga mw membelikan obat cm bingung obt apa
    chacha: krn byk obt lambung
    Dok: utk jenis obat silakan konsultasi ke dokter anda
  • Posted January 23, 2013
    muhadi: hallo dok??saya mau tanya..pembersih untukk daerah intim itu yg bgus itu kyk gmna ya dok
    Dok: yg paling bagus adl cuci dgn air bersih biasa
    muhadi: terus klo pmbersih yg seperti di iklan itu bgmna dok??
    Dok: saya tdk bs berkomentar, krn hal itu bukan hal yg diresepkan dokter dna merupakan kebebasan pasien utk menggunakannya atau tdk
    muhadi: oh gtu dok??trus saya mau tnya dok...kb kalender itu bgmna dok??trus istri saya..hbz haid...bru hri ini slsy..apkh trmsuk msa subur
    Dok: kb kalender bisa dilakukan, tapi sebaiknya dikombinasi dengan metode kontrasepsi lain, krn hanya benar2 efektif pada org yg siklus mensnya 28 hari dan teratur. bagaimana dgn siklus mens istri anda?
    muhadi: siklus mens nya 28 hri??mksud nya??
    Dok: haid selalu muncul setiap 28 hari
    muhadi: klo siklus nya lncar..cuma trkdang tgl nya bisa lbh cpt dan bisa lbh lmbat.
    Dok: tidak ada pengecualian, harus benar2 tetap 28 hari, bukan hanya sekedar lancar. tanggal memang bisa berubah tetapi tetap tjd setiap 28 hari
    muhadi: mksud nya..stelah selesai haid..atau di hitung nya dri prtma haid dok??
    Dok: masa subur kalender adl 14 hari sebelum perkiraan haid berikutnya
    muhadi: brti selama 14 hri itu msa subur istri saya dok??
    Dok: bukan, 14 hari sebelum perkiraan mens berikutnya, itu adl masa suburnya. hanya 2-3 hari
    muhadi: ough gtu sayA kira slma 14 hri itu msa subur nya..lma bngt dong..
  • Posted January 24, 2013
    masa subur diperhitungkan dengan penentuan apabila siklus haid anda teratur maka dihitung pada 14 hari sebelumnya hari pertama haid berikutnya, untuk interval umumnya sekitar 2-3 hari diantara hari ke 14 tersebut.
  • Posted February 6, 2013
    dewi riyadhi: untuk menghitung masa subur bagaimana dok dan gejalanya gmn
    Dok: 14 hari sebelum hari pertama haid berikut
  • Posted February 13, 2013
    soleh sumarno: dok, saya dah nikah, kalo misalnya cara mengetahui masa subur istri gmana, soalnya saya belum mau punya anak dulu.
    Dok: anda bisa menggunakan kontrasepsi yg tersedia
    soleh sumarno: saya dah punya anak dua
    soleh sumarno: saya inginnya yang alami dok, pake sistem tanggal itu, cuman saya belum tahu penganggalnnya gmana
    Dok: masa subur adl 14 hari sebelum hari pertama perkiraan mens berikutnya. hal ini hanya berlaku pada org yg siklusnya teratur 28-30 hari. namun sistem kalender ini efektivitasnya hanya 60%, disarankan kombinasi dgn jenis kontrasepsi lain
    soleh sumarno: kalo pake kondom efektif gak dok? dan kondom yg aman itu spti apa?
    Dok: efektif sekitar 90%, tergantung merek kondomnya. yg aman adl yg tdk mudah robek, nyaman dipakai, dan bahannya elasti serat tdk menimbulkan alergi
    soleh sumarno: saya pernah pakai yang merek sutra warna hitam, apa didalamnya trkandung zat pembunuh seperma? takut juga soalnya
    Dok: apa yg ditakutkan?
    soleh sumarno: saya lihat didalam kondom itu ada semacam jelli, dan kalo masuk ke kemaluan itu rasanya panas gitu.
    soleh sumarno: takut gak ada lagi spermanya
    Dok: utk mengetahui mana jenis kondom yg cocok dan nyaman anda pakai, itu adl anda yg memutuskan
    soleh sumarno: terus dok kalo untuk ukuran maaf penis dewasa itu normalnya berapa,
    Dok: memang ada beberapa jenis kondom yg mengandung spermisida,yaitu zat yg dapat membunuh sperma, tetapi yg dibunuh adl sperma yg keluar, sedangkan tempat memproduksi sperma tdk akan terpengaruh. hal ini utk menambah keefektifan kondom
  • Posted April 2, 2013
    qeeky: slmt siang , sy pengen konsul knp yach sdh 5 bln nikah zsy blm hmil jg
    qeeky: umur sy 22th n suami 23
    Dok: utk bs cepat hamil, sebaiknya berhubungan seks setiap 2 hari, kedua pihak sebaiknya menghindari stres, kelelahan, merokok, minum alkohol, serta kurangi makanan berminyak, dgn pengawet dan msg
    qeeky: tpi knp yach dok setiap hbs berhubungn sperma yg mask ad yg keluar lgi
    Dok: utk memasukkan sperma, sebaiknya tdk mengeluarkan penis dari vagina sampai seluruh air mani keluar di dalam vagina
    qeeky: ap it penyebabx yach sy blm hamil jg
    Dok: belum tentu, jika tdk menggunakan kondom atau kontrasepsi apapun saat berhubungan seks, kemungkinan hamil tetap ada
    qeeky: trus ad yg bilng minum folavit n vit e bs membntu menyuburkn kndungn . ap itu bnr dok
    Dok: mengenai obat2an utk penyubur, sebaiknya diminum dalam pengawasan dokter atau dgn resep, krn dosisnya akan disesuaikan dgn kondisi anda
    Dok: sebaiknya anda mencoba utk terus berhubungan seks spt yg saya sarankan, jika masih belum berhasil, silakan ke dokter kandungan utk konsultasi, sebaiknya bersama pasangan
    qeeky: ooo bgt yach dok
    Dok: nanti di dokter kandungan suami dan istri akan diperiksa lebih menyeluruh, juga diperiksa darah, kandungan, di lab, dll
    qeeky: sy slm sdh menikh belm prnh konsultasi ke dokter atau bidan,hnya wktu sblm nikah d suntik tt d bidn
    Dok: suntik TT perlu sblm pernikahan, itu wajar
    qeeky: ap skrng z sdh perlu periksa ke dokter atau k bidan yach?
    Dok: jika mau periksa, boleh saja, saya sarankan ke dokter kandungan, bersama pasangan anda. di sana bs dilakukan usg, cek lab, dll
    qeeky: ohy dok sy haid tgl 21 bln kmro
    qeeky: bln kmrin mksdx dok. ms subur z tgl brp yach? atw ad cr tdk mengetahui ms subur
    Dok: bagaimana siklus anda biasanya? teratur?
    qeeky: 28 smpe 29 dok
    Dok: jika memang anda siklus 28 hari teratur terus, maka masa subur anda adl 14 hari sebelum tanggal perkiraam haid berikutnya
    Dok: misalnya haid berikutnya tgl 20 april, maka masa subur anda adl 6 april. silakan melakukan hubungan tgl 4-7 april
    qeeky: wktu berhubungn yg pling baik kpn dok,pg,siang atw mlm?
    Dok: kapan saja anda berdua merasa fit
    qeeky: klo berhungn setip hari d masa subur boleh dok?
    Dok: boleh saja jika tdk da keluhan di antara kedua pihak. yg disarankan adl setiap 2 hari
    qeeky: ap penis yg bengkok itu bhy yach dok?
    Dok: tergantung apa yg menyebabkan bengkoknya.
    qeeky: tp sepertinya pengaruh Cd dok
    Dok: jika anda merasa ragu dan terganggu, silakan ke dokter urologi utk memeriksanya, sebaiknya diperiksa secara langsung oleh dokternya
    qeeky: tpi biasanya ap itu slh satu penyebab sulit hamil?
    Dok: saya tdk bs berkomentar, jika ada gangguan pada kelamin istri atau suami, tentu bs mempengaruhi kesuburan
    qeeky: ooo begitu yach dok.
    Dok: utk kepastiannya harus dikonsultasikan ke dokter kandungan atau dokter urologi
    qeeky: makash dok
  • Posted April 4, 2013
    dian: bagaimana menghitung masa kesuburan
    Dok: hal ini tergantung apakah siklus haidnya teratur atau tdk
    dian: sementara siklus haid saya tdk teratur
    dian: smentara saya pengen punya anak tp lokasi saya dan suami berjauhan
    Dok: utk siklus tdk teratur, agak sulit menentukan masa subur krn akan berubah2. pd siklus yg teratur juga setelah ditentukan, itu hanya perkiraan, bisa meleset beberapa hari sebelum dan sesudah tanggal tsb
    Dok: utk cepat punya anak, disarankan melakukan hubungan seks setiap 2 hari
  • Posted April 25, 2013
    fitri nur anita: gimna ya dok biar cpt hamil
    Dok: usia anda berapa?
    Dok: sudah berapa lama menikah?
    fitri nur anita: 22 dok
    fitri nur anita: baru sih dok,,bru 1 bulan lebih dok,,tgl 1 bln depan bru 2 bln
    Dok: sudah berapa lama menikah?
    Dok: apakah anda tau kapan masa suburnya?
    fitri nur anita: bln ni sya lg halangan cuma hri pertama sma hari k'dua deras,,,tp hari k'3 sma k'4 ga deras dok,,,ga kya biasax dok
    Dok: hal ini memang biasa terjadi kok
    Dok: saya sarankan anda melakukan hubungan pada saat anda pada masa subur
    Dok: mengetahui perkiraan masa subur adalah 14 hari sebelum haid anda selanjutnya
    Dok: lakukan hubungan pada hari tersebut plus minus 2 hari
    fitri nur anita: bln ini halangan tgl 22 dok,,,jd ga tau msa suburx dok
    Dok: apakah siklus haid anda teratur?
    Dok: berapa hari haid hari pertama bulan ini sampai haid hari pertama bulan depannya?
    fitri nur anita: alhamdulilah rutin trs dok tiap bln,,,,cuma bln ini aj ga terlalu deras aj dok,,,mknx aneh bngt dok ga kya biasax deras
    fitri nur anita:
    Dok: hal ini bisa disebabkan karena adanya ketidak seimbangan hormon yg disebabkan oleh karena lelah fisik, emosi, kurang olah raga, makan makanan yg tidak terlalu sehat
  • Posted May 2, 2013
    indriyani: siang dok,saya baru menikah 2 bulan , saya pengen tau masa subur saaya dok
    Dok: berapa hari siklus haid anda?
    Dok: apakah teratur?
    indriyani: terakhir mentruasi tggl 23 april - 28 april ,,
    indriyani: 5 smpai 6 harian ,,
    Dok: berapa hari hari pertama haid anda bulan ini sampai hari pertama haid bulan depannya?
    indriyani: tiap bulan maju 3-6 harian , tapi semenjak menikah , maju nya 6 hari trus dok ,
    indriyani: 26 harian dok ,,
    Dok: perkiraan masa subur adalah 14 hari sebelum anda haid selanjutnya
    Dok: bila 26 hari maka perkiraan masa subur anda pada hari ke 12
    indriyani: hitungnya dri tggl pertama mens atau tggl terakhir mens dok ??
    Dok: hari pertama haid
    indriyani: berarti kmren hari pertama saya haid tggl 23 , berarti masa subur saya tggl 5 ya dok ??
  • Posted May 3, 2013
    novi: sya mw tnya masa subur... t'akhir sya mens tgl 12 april
    Dok: menghitung perkiraan masa subur adalah 14 hari sebelumnya haid hari pertama anda yg akan datang
    novi: tapi mensi s
    novi: tpi mens sya suka tdk teratur
    novi: sbeunya sya mens tgl 19 feb, di bulan maret sya tdk mens
    Dok: bila haid tidak teratur, masa subur biasanya ditandai dengan adanya cairan seperti keputihan tapi kental konsistensi seperti putih telur
    novi: apakah kmren sya smpat hamil?
    novi: ow begitu....
    Dok: haid tidak teratur itu sering terjadi, dan tidak selalu adanya kehamilan
    novi: trus apakah normal klo setelah berhubungan keesokan hari nya sperti keputihan atw basah
    Dok: bisa saja terjadi
    Dok: bila keputihan tidak kental, bening, tidak berbau, tidak gatal normal kok