Dokter Umum » Discussions » Sakit kepala di dahi dan rahang berbunyi saat mengunyah

  • Posted August 13, 2012
    Saya: saya ibu rumah tangga.usia 23 tahun
    Saya: bagian kepala atas saya...atau di jidad saya sring merasakan sakit yang luar biasa.seperti sakit kepala.tapi hanya di bagian ahi saja dok,itu kira2 sakit apa ya?
    Dok: Sudah dari kapan?
    Dok: Nyeri berdenyut?
    Saya: sudah lama....mungkin udah setahun,rasanya seperti sakit kepala dok...!trus kenapa juga ya...bagian rahang saya sebelah kiri sakit,kayak gak pas gitu,kalau buka mulut susah.
    Dok: Pernah cek tensi?
    Dok: Sakit di rahangnya juga sdh lama?
    Saya: sering dok....normal ko'malah pernah rendah.
    Saya: sakit rahang nya udah 2 bulan
    Saya: kalau makan bunyi rahang saya kyak gk pas
    Saya: takut lepas...n gak bisa buka mulut lagi.
    Dok: Sakit kepala sebelah atau seluruh dahi?
    Saya: cuma dahi dok
    Dok: Kalau dipijat lebh membaik?
    Saya: gk dok....biasanya saya bawa minum obat sakit kepala.atau saya ikat kepala saya kuat2 dg selendang.trus bawa tidur.pernah dok...sangking sakit nya saya minum obat sakit kepala empe 4 butir,turs mabok dok...heheheh.telinga saya jadi gk denger sebelah.berdengunggggggggggggg
    Dok: Wah, sebaiknya jika memang sakit kepala berulang, dan sangat mengganggu, sebaiknya ibu memeriksakan ke dokter saraf (neurologi)..
    Dok: Apa terutama saat mau menstruasi?
    Saya: gk juga....menstruasi biasa ja,cuma mual
    Saya: dok...ada lagi nich.hehehehe bnyak bnget yach penyakit.hahahaha
    Dok: Kalau masalah rahang yang berbunyi saat mengunyah, ada kemungkinan ibu mengalami kelainan pada sendi TMJ (Temporo Mandibular Joint)
    Saya: ough...trus gimana
    Dok: Coba kurangi kebiasaan buruk, seperti menggemertakkan gigi, atau menggigit-gigit sesuatu..
    Dok: Biarkan otot mulut dalam kondisi rilex dengan gigi atas dan bawah tidak terlalu rapat, lidah menyentuh langit-langit dan berada tepat di belakang gigi atas anda..
    Saya: saya sering menggiggit batu es dok.kebiasan dri kecil....gk bisa di hilangkan
    Dok: Juga jangan membuka mulut terlalu lebar dalam berbagai kesempatan. Contohnya jangan tertawa berlebihan..
    Dok: Kalau memang seperti itu, ada kalanya otot rahang tdk bs dikembalikan pada posisi semula, dan kondisi seperti ini membutuhkan terapi dari dokter gigi/ dokter ortopedi..
    Saya: oke

  • Posted February 14, 2013
    awan: kepala saya di bagian atas alis terkadang sering sakit dr. tp setelah saya bawa tidur kmudian hilang sakitnya. tapi tiba2 nanti timbul lagi sakitnya. saya terkena sakit apa ya dr.
    Dok: sakit saat sedang apa?
  • Posted March 7, 2013
    ardiansyah: kok setiap saya membuka mulut lebar lebar kok rahang saya bunyi ya dok itu kenapa ya dok
    Dok: rahang sebelah mana yg berbunyi?
    ardiansyah: sebelah kiri dok
    Dok: apakah selain berbunyi, jg terasa nyeri?
    ardiansyah: ia saya juga merasa nyeri sakit
    Dok: sakit saat membuka mulut atau saat berbicara/mengunyah juga sakit?
    ardiansyah: tidak kalo buat menguyah mah dok kalo buat membuka mullut lebar lebar pasti berbunyi cetak cetak gitu dok
    Dok: kemungkinan ada gangguan pada posisi rahang anda. sebaiknya anda segera ke dokter gigi untuk diperiksa dan diberi pengobatan
    Dok: sementara itu sebaiknya jangan membuka mulut lebar2 dulu, juga jangan makan makanan yg terlalu keras
    ardiansyah: oh posisi rahang saya ya dok
    Dok: salah satu kemungkinannya itu
    ardiansyah: cara pengobatan nya kira kira di oprasi gak ya dok
    Dok: mngenai jenis pengobatannya saya tdk bs berkomentar karena saya tdk memeriksa anda secara langsung. dokter gigi yg akan memutuskannya setelah memeriksa anda secara menyeluruh
    ardiansyah: oh iya makasih ya dok saya mau tanya lagi dok boleh tidak
  • Posted September 23, 2013
    Atin Ruyi: rahang saya belakangan ini terasa sakit kalo ngunyah, kira kira kenapa ya dok?
    DOK: rahang sebelah mana?
    Atin Ruyi: dua duanya dok, tapi lebih sering sebelah kanan
    DOK: apakah jika berbicara terasa sakit?
    Atin Ruyi: ssoalnya saya biasa ngunyah pake gigi sebelah kanan
    DOK: lalu
    Atin Ruyi: nggak dok, saya juga kadang nggak bisa buka mulut lebar? kalo terlalu lebar nyeri rasanya
    DOK: sebelumnya apakah ada gigi yang goyah atau berlubang?
    Atin Ruyi: nggak ada dok
    DOK: ada gigi yang pernah sakit gigi hilang timbul?
    Atin Ruyi: selama ini saya nggak pernah sakit gigi dok
    DOK: mengapa anda sering mengunyah di sebelah kanan?
    Atin Ruyi: kurang tau dok mungkin karena terbiasa dari kecil
    DOK: sebaiknya saat mengunyah berganti2 bagian mulut ya bu, terutama mengunyak yang keras2, karena jika di satu sisi saja, akan menyebabkan sisi lainnya kurang mendapat tekanan, akibatnya sisi yang sering mengunyah akan lebih mudah rusak dan rapuh karena sering bersentuhan dengan benda keras
    Atin Ruyi: ooh gitu ya dok, makasih sarannya