Dokter Umum » Discussions » kaki kram

  • Posted April 11, 2012
    Saya: mau nanya,kenapa kaki kanan saya sering kram,kaki kiri tidak sering...
    Saya: ehhh lupa,saya nenny
    Saya: usia saya 52 tahun
    Dok: mbak nenny apa sering berjalan kaki atau berdiri lama dalam pekerjaan mbak nenny misalnya?
    Saya: kalaupun lagi duduk juga,suka kram,datangnya tiba2
    Dok: apa bu nenny sedang mengkonsumsi obat-obatan?
    Saya: ngga dok,saya biarkan sambil di usap2 saja...
    Dok: secara umum, yang bisa menyebabkan kram otot adalah kekurangan cairan, ketidakseimbangan kalsium atau garam dalam darah, penyempitan pembuluh darah kaki, dan gangguan saraf..
    Saya: sebaiknya saya harus bagaimana dok.....
    Dok: bu nenny bisa membiasakan stretching di pagi hari.. Minum setidaknya enam gelas penuh setiap hari, termasuk satu gelas sebelum tidur..
    Dok:
    Dok: Konsumsi makanan yang kaya kalsium, potasium dan magnesium. Makan satu atau dua buah pisang sehari sudah cukup memenuhi kebutuhan potasium
    Dok:
    Dok: Bila Anda sering mengalami kram saat tidur, lakukan gerakan pelemasan pada otot-otot betis sebelum tidur. Caranya adalah dengan berdiri sekitar 60-90 cm dari dinding, lalu condongkan badan ke arah dinding dengan telapak kaki tetap di tempat. Lakukanlah beberapa kali. Anda mungkin perlu beberapa hari melakukannya sampai efeknya terasa.
    Saya: kalau kita makan obat,obatnya apa ya Dok?
    Dok: bu nenny dapat meminum penghilang rasa sakit seperti paracetamol, namun itu hanya untuk meringankan gejala saja.. bu nenny sebaiknya mencari tahu penyebabnya seperti yang sudah saya jelaskan tadi
    Saya: oke Dok,terima kasih sekali,saya akan coba yang disarankan dokter....salam
    Dok: baik ibu nenny
  • Posted May 15, 2012
    Dok..kram kaki bisa hilang dengan paracetamol??

    Kalau saya, sering sekali ketika sedang tidur terbangun gara" betis saya suka seperti ketarik dok..dan itu sakitnya luar biasa sekali..

    apakah yang dokter sarankan pada Bu Nenny bisa saya tiru juga dok??
  • Posted January 10, 2013
    rudi hariyanto: dok kaki saya kok sering kram ya, kenapa?
    Dok: Berapa usia anda?
    rudi hariyanto: 25 dok
    Dok: Sejak kapan keluhan kram dirasakan?
    rudi hariyanto: baru seminggu ini, apa terlalu sering minum es ya
    Dok: Kaki yang kram keduanya atau hanya satu sisi?
    rudi hariyanto: cuma yang kanan
    Dok: Apakah ada kesulitan saat berjalan?
    rudi hariyanto: tidak, cuma terasa sakit
    Dok: Ada rasa baal?
    rudi hariyanto: gak ada.
    Dok: rasa sakit menjalar atau tidak?
    rudi hariyanto: cuma di bagian paha
    Dok: Menjalar hingga ke punggung?
    rudi hariyanto: tidak dok cuma di kaki saja
    Dok: Kaki hingga ke paha ya
    Dok: Apakah ada riwayat trauma sebelum muncul keluhan ini?
    rudi hariyanto: ya kaki hingga paha, belum ada riwayat trauma
    Dok: Bisa dicoba dengan konsumsi vitamin neurotropik (B1, B6, B12)
    Dok: Namun jika tidak ada perbaikan sebaiknya periksa ke dokter
  • Posted January 11, 2013
    dimungkinkan terjadi gangguan otot atau pun adanya iritasi pada saraf tepi.
  • Posted April 8, 2013
    imam fauzi: umur sy 33 dok knpa ya kaki sy ko sring kram hampir tiap jam tolong dok di ksh tau apa obatnya dan solusinya dok…
    Dok: kram bagaimana maksudnya, bs dijelaskan lokasi spesifik, rasanya, dll?
    imam fauzi: kram d bagian bwh paha kaki 2anya rasanya sakit banget dok
    Dok: terutama sakit saat sedang apa?
  • Posted May 31, 2013
    Tita Septina: Dok sy Tita..sy mau tanya..knp ya telapak kaki sy suka kram..kadang2 kalo sy lg jln tiba2 kram atau sy sdg duduk pun suka kram sampe jari2nya terkadang susah digerakkin.Itu knp ya dok&gmn cara ilanginnya?Thx
    Dok: sejak kapan merasakan seperti ini?
    Tita Septina: blm terlalu lama sih dok..tp terkadang sering dok
    Dok: bagaimana aktivitas anda sehari2?
    Tita Septina: sy kerja didepan komputer&slalu duduk trs dok&sy sdh pasang alat pacu jantung dr tahun 2007
    Dok: brp usia, berat bdan, dan tinggi anda?
    Tita Septina: usia sy skr 27tahun,berat sy 51kg&tinggi sy kira2 163
    Dok: apakah anda sering olahraga?
    Tita Septina: tdk sm sekali dok
    Dok: apakah anda saat ini masih dalam pengobatan jantung?
    Tita Septina: sy terakhir cek alat pacu jantung tahun 2008&sampe skr sy blm prnh cek alat pacu jantung sy lg dok.Apa ada pengaruhnya dr jantung sy dok?
    Dok: seharusnya tdk ada pengaruh langsung dari jantung, hanya saja ada beberapa gejala penyakit dalam tubuh yang bisa berkaitan satu sama lain (berasal dari beberapa organ namun gejalanya mirip)
    Dok: saya sarankan anda kontrol teratur utk penyakit jantung anda, sekaligus memeriksa kaki yang sering kram
    Dok: pada saat kram, berhenti berjalan dan duduk, lalu luruskan kaki (jika mungkin, miringkan posisi kaki hingga agak naik). bisa jg dibantu dgn kompres hangat di bagian yang kram
    Tita Septina: mksdnya penyakit dlm tubuh yg bisa berkaitan satu sama lain itu apa ya dok..sy kurang ngerti.Apa ada dampak buruk kalo sy tdk prnh cek alat jantung sy sampai bertahun2 dok?
    Dok: maksudnya, dari penyakit jantung yg anda alami, jika tdk terkontrol dapat mempengaruhi organ lain, misalnya mengganggu pembuluh darah. jika sampai pembuluh darah kaki, salah satu gejalanya mungkin timbul sebagai kram.
    Dok: memang baiknya bagi yang telah memasang pacu jantung ada jadwal kontrol tersendiri, sesuai kesepakatan dgn dokter jantung anda
    Tita Septina: iya sih dok sy uda bertahun2 tdk prnh cek alatnya..kt dokter sy,sy hrs cek alat setahun sekali.terus apa sy sering batuk karna pengaruh jantung sy jg dok?karna sy sering rontgen paru2 tp paru2 sy selalu bgs hasilnya
    Dok: spt saya katakan, banyak penyakit yg gejalanya mirip, begitu pula dgn batuk. bisa merupakan gejala dari saluran napas, jantung, atau alergi. utk amannya, silakan konsultasi ke dokter anda
    Tita Septina: ok lah kalo gitu..terima kasih byk atas infonya ya dok
  • Posted November 19, 2013
    aji_avf: dok tolong KAKI SAYA KERAM GIMANA CARA CEPAT UNTUK MENGATASINYA BESOK SAYA SUDAH harus bermain bole e dok
    aji_avf: bola dok maksud saya
    Dr.: istirahatkan kaki, luruskan kaki, bisa diganjal bantal 1-2 buah, serta kompres bagian yang sakit dengan kain hangat
    aji_avf: oke trma kasih dok
    aji_avf: dok ayah saya lengan tangan nya sakit gak tau kenapa mungkin karna kecelakann 1 tahun yang lalu tapi kenapa setelah tertabrak tidak terlalu sakit tapi malah sekarang sakit
    aji_avf: gimana cara menenganinya
    Dr.: segera periksa ke dokter ya. penyebab sakitnya bermacam2, bisa karena gangguan saraf/otot/tulangnya.