Myopia » Discussions » Mata minus apakah dapat disembuhkan?

  • Posted August 10, 2012
    Saya: kalau penderita mata minus itu bisa disembuhkan ya dok...??
    Dok: Hanya bisa menjadi normal kembali dengan operasi LASIK
    Saya: operasi LASIK itu apa dok...??
    Dok: LASIK adalah operasi pada mata dimana dilakukan pengirisan lapisan kornea mata dengan laser sehingga terbentuk flap. Kemudian sebagian lapisan kornea tersebut diangkat sesuai kebutuhan. Lapisan itu kemudian ditutup lagi
    Saya: kira-kira berapa biaya yg harus di habiskan dok..?
    Dok: Kurang lebih 10-15 juta utk kedua mata
    Saya: trims dok..
    Dok: Sama2

  • Posted October 22, 2012
    juan: begini dokter,saya punya masalh dengan mata yaitu min dan silinder,apakah masih bisa disembuhkan
    Dok: jika memang masalahnya kelainan lensa mata, seharusnya bs sembuh dgn operasi lasik
    juan: operasi lasik itu kan mahal juga,kira2 solusi lain masih adakah dok? lalu kalo operasi lasik dilakukan di rumah sakit mana kah yang berkompeten melakukan operasi
    Dok: solusi lain hanya dgn memakai kacamata/lensa kontak
    Dok: biasanya ad adi rumah sakit yg ada dokter matanya, silakan konsultasi ke dokter anda
    juan: say gak punya dokter pribadi,tapi maaf dok kalo menggunakan metode herbal atau alternatif apakh akan membahayakan kesehatan mata sendiri
    Dok: mengenai obat herbal, itu adl pilihan anda utk menggunakannya, krm tdk termasuk resep dokter
    juan: ok dokter,trikasih banyak atas info nya
  • Posted October 23, 2012
    peni: bgaimana cra nya menghilangkan min pada mata kita, tanpa mnggunakan kaca mata? apakah bisa?
    Dok: bisa, dgn operasi lasik di dokter mata
    peni: woww,, operasi,, kdengaran nya mnakutkan banget dok,,
    peni: ada cara lain slain operasi gitu atau ngak? soalnya sya takut klo operasi..
    Dok: ini adalah cara yg paling mutakhir sampai saat ini
    peni: ooww,,, iya dh Mksih dok,, sya msh bsa brtnya ngak??
    Dok: silakan
    peni: apakah akibatnya jika seseorang mlakukan hub. sex scra terus merus,, apa dampak dari hal tersebut?? pngarunya ap?
    Dok: tidak ada, selama tdk ada keluhan
    peni: ooww,,apakah tdak brdampak bgi kedpan nya, apakh susah utuk mndpat kan anak atau tdak?
    peni: dok
    Dok: tidak
    peni: oooww,,,, dok sy mw tax lgi, klo trik nfas nya sesak di sertai sakit di perut bgian kiri itu krna apakah dok? itu pnykit ap?
    Dok: perut kiri atas atau bawah?
    Dok: sakitnya terus2an atau kadang2 saja?
    peni: sakit nya jika mnarik nfas mka skit perut bgian bwah dbwatulang dada..
    peni: dok
    Dok: kemungkinannya banyak, tapi jika baru2 ini saja dan tdk disertai keluhan lain, kemungkinan ada kram otot tulang dada
    Dok: saat spt itu, sebaiknya menarik napas panjang dan mengeluarkannya secara perlahan, kurangi makanan pedas, hindari makan yg tdk teratur
    peni: oww,, iya dok tpi ini stiap trik nfas itu bgian bwa tlang di ats pnggul kiri yg skit dok,,
    Dok: di bawah tulang dada atau di dekat pinggul?
  • Posted December 19, 2012
    Akbar
    Akbar: Mata saya ini minus ... Jadi memakai softlense, spertinya minusnya semakin bertambah. Umur saya sekarang 28 th
    Dok: Sudah sejak kapan mengalami gangguan penglihatan?
    Akbar: Sejak SMP.. Terus tambah minusnya ampe sekarang
    Dok: Di kedua mata atau sebelah saja?
    Akbar: Kalau lepas softlense memang gak bisa liat / blur
    Akbar: Cuma jarak 1 meter aja yg jelas
    ________________________________________
    Dok: Hal tersebut dirasakan di kedua sisi mata sama kaburnya?
    Akbar: Beda... Yg kiri paling parah
    Dok: Berapa minus terakhir untuk kedua mata?
    Akbar: dulu kanan agak lumayan penglihatannya, namun setelah memakai softlense jadi kurang lebih aja keduannya,,
    Dok: SUdah berapa lama menggunakan softlens?
    Akbar: Terakhir periksa kanan 275 , kiri 300
    Akbar: Udah 3 tahunan lebih
    Dok: Penggunaan softlens tidak berpengaruh kepada bertambahnya minus mata
    Akbar: Trus apa dok,
    Akbar: saya bosan makai softlense
    Akbar: Ingin sembuh dr ketergantungan softlense
    Dok: Jika tidak ingin menggunakan kacamata atau softlens, minus mata dapat dikoreksi dengan menggunakan metode Lasik
    Akbar: Itu pasti sembuh ya dok...
    Akbar: Enggak balik minus lagi?
    Dok: Maaf atas penundaaannya. Sebentar lagi saya akan berbicara dengan anda.
    Dok: Hasil Lasik adalah permanen, sekali diobati jarang terjadi perburukan penglihatan
    Akbar: Dok... dimana yg bagus tempatnya dok, trus brp perkiraan biayanya, saya di Sampit, Kalimantan Tengah
    Dok: Silahkan konsultasi ke rumah sakit besar/rumah sakit pemerintah dimana ada dokter spesialis mata
  • Posted March 13, 2013
    salsabila asma firdausi: bagaimana cara menyembuhkan mata minus jika sudah tebal minus ny
    Dok: Dengan operasi
    Dok: Seperti Lasik
    salsabila asma firdausi: kmp hrs dgn operasi ?
    salsabila asma firdausi: knp?
    Dok: Karena mata minus disebabkan karena bentuk bola mata yang tidak normal
  • Posted March 19, 2013
    prendi riyanto: untuk menyembuhkan mata minus solusinya apa ya?
    Dok: dapat dengan lasik
    prendi riyanto: kalo cara alami bisa gax dok?
    Dok: tidak ada
    prendi riyanto: kalo rutin minum jus wortel jg gax bisa ?
    Dok: tidak bisa bapa
  • Posted April 29, 2013
    Fanisa: dok ,dokter mata?
    Fanisa: dok..tau kacamata vision therapy ga?
    Dok: ya, apa yg ingin ditanyakan mengenai kacamata ini?
    Fanisa: itu beneran bisa buat nyembuhin miopy?
    Dok: berapa minus anda?
    Fanisa: yg kiri 1,5 yg kanan 5,5 dok
    Fanisa: tp ga silinder
    Dok: mnrt bbrp penelitian, kacamata ini mungkin dapat membantu sedikit mengurangi tapi tidak menyembuhkan
    Fanisa: ooh,itu mahal ya?
    Dok: untuk harga saya tidak tau, silahkan dilihat atau ditanyakan langsung di tokonya
    Fanisa: dok saya terapy jus wortel sm tomat itu ngaruh ga buat nurunin min?
    Dok: tidak terlalu berpengaruh
    Fanisa: jadi biar minusnya nurun gmn dok?
    Dok: anda dapat melakukan operasi lasik
    Fanisa: yang ga mahal dok
    Fanisa: gmn?
    Dok: selain operasi lasik, tidak ada lagi yg dapat dilakukan untuk menghilangkan minus mata
    Fanisa: untuk menguranginya dok..soalnya minus saya besar bgt
    Dok: ya, tidak ada yg dapat dilakukan selain dari operasi ini
    Fanisa: klo pake kacamata itu?
    Dok: tidak akan banyak berpengaruh
    Dok: tapi boleh saja bila anda ingin mencobanya
    Fanisa: obat tetes mata ngaruh ga dok?
    Dok: tidak
    Fanisa: obat tetes mata herbal gt?
    Dok: untuk pengobatan herbal atau tradisional iu diluar kompetensi saya sebagai dokter
    Dok: saya sarankan anda memeriksakan diri ke dokter mata
    Dok: dan tanyakan pilihan terapi yg ditawarkan
    Fanisa: ooh dok saya beli obt di apotik namanya biovision itu bgs buat mata
    Fanisa: itu bagaimana dok?
    Dok: ini adalah vitamin untuk menjaga kesehatan mata
    Dok: tidak membantu mengurangi minus
    Fanisa: yah :(
    Dok: coba saja anda ke dokter mata terlebih dahulu
    Fanisa: saya udh dok
    Fanisa: dokternya galak marahin saya gara2 bandel kacamata ga dipake
    Dok: bila demikian maka anda sebaiknya memakai kacamatanya
    Fanisa: makanya saya ga berani nanya
    Dok: tidak perlu takut bertanya pada dokter matanya
    Fanisa: dokter bkn dokter mata ya?
    Dok: bukan, saya dokter umum
    Fanisa: di aplikasi ini ga ada dokter mata dok
    Dok: tidak ada
  • Posted August 21, 2013
    ramli adi putra: dulu kan saya pernah dioperasi mata di lasik yah ibu minnya itu berkurang tapi masih tetep ada
    ramli adi putra: mata mins atau silinder itu bisa dikurangin engga bu dokter
    DOK: dengan lasik memang mata minus/plus/silinder dapat dikurangi keluhannya pak, namun mengenai apakah akan sembuh sama sekali sangat tergantung dari kondisi pasien sebelumnya (bagaimana tingkat gangguan matanya)
    ramli adi putra: dulu saya mins 3 dok sape 4an
    ramli adi putra: skrng kayanya silindir saya nambah agak burem skrng
    ramli adi putra: dok sya rencana mau beli alat ibirte mata itu katanya bisa kurangin mins atau silinder
    ramli adi putra: ibirite
    DOK: maaf saya tidak bisa berkomentar mengenai alat2 yang tidak diresepkan dokter
    ramli adi putra: owh iyah dok
    ramli adi putra: makasih atas infonya
  • Posted October 22, 2013
    pram: mata saya minus 2 stelah dicek via optikmelawai tp saya jarang pakai kacamatanya
    Dok: kapan periksanya?
    pram: Karena utk jarak dekat ga nyaman
    pram: sdh beberapa bulan trakhir
    pram: itu bakalan nambah gak ya minusnya
    pram: tritmen utk biar normal lg bisa tdk ya
    Dok: Sebenarnya tidak apa2 tidak pakai kaca mata asalkan menjaga jarak pandang misalnya saat menonton, membaca tidak terlalu dekat apa lagi untuk jangka waktu lama
    Dok: bisa normal kembali dengan cara selalu menjaga jarak pandang, menjaga mata tidak terlalu lelah, sering makan wortel
    pram: ogitu dok
    pram: makasi banyak ya dok infonya