Asthma » Discussions » Asma tidak bisa disembuhkan?

  • Posted September 10, 2012
    Fiza: pagi Dokter Anna
    Dok: pagi
    Fiza: Mau Konsultasi nih...Sya Punya Penyakit Asma dan akhir2 ini sering kambuh...apa benar sesuai ilmu kedokteran bahwa penyakit asma itu tdk bsa disembuhkan total
    Dok: benar
    Fiza: kho gitu ya...alesannya apa dok ?
    Dok: karena asma adalah penyakit yang didasari oleh alergi, dan hanya bisa dikontrol yaitu dengan menghindari pencetusnya/ hal yang menyebabkan kambuh
    Fiza: Oh Gitu Ya Dok....Pendapat Anda Kalau ada Tabib atau orang Pintar yg Katanya bsa menyembuhkan Asma Sembuh Total itu gimana ?
    Dok: Saya tidak tahu, saya dokter dan berpegang pada hal yang saya pelajari. Kalau untuk pasien, mau percaya silahkan.. tidak juga tidak apa-apa
    Fiza: sya kan Tanya Pendapat anda tentang hal itu
    Dok: iya itu pendapat saya
    Fiza: Mungkin Punya Resep Untuk Mengatasai Asma Pas kambuh...Sya Kmrin Coba Seretide tpi g begitu mempan, dulu pake yg model semprot jg g begitu mengatasi
    Dok: Kami tidak diperbolehkan memberikan nama obat atau resep obat disini karena kami tidak memeriksa pasien secara langsung. Terima kasih.
  • mm
    Posted October 5, 2012
    MM: melanjut kan yang kemarin mautanya perbedaan asma dan paru2 basah dari ciri 2nya dok
    Dok: asma adl penyakit dmn gejala spt sesak dan berdebar timbul akibat alergi thd sesuatu
    Dok: paru2 basah adalah penyakit pada paru2 yg disebabkan oleh kuman yg bersarang di dlmnya, biasanya terjadi jika org tsb mengalami penuruna daya tahan tubuh, misalnya kecapekan, kedinginan, kurang makan, dll
    Dok: asma kemungkinan bsr disebabkan alergi, tetapi bs jg krn kuman
    Dok: paru2 basah biasanya krn kuman
    MM: jadi perbedaanya penyebabnya kalau asma lebih ke alergi gitu dok
    Dok: biasanya begitu. pasien asma merasa sesak krn paru2nya menyempit, akibat reaksi alergi
    MM: untuk makanan apa ada pantanggannya dok
    Dok: utk pasien asma, sebaiknya menghindari hal2 yg membuat alergi. makanan, sebaiknya hindari yg membuat batuk/bersin, spt yg berminyak, pedas, dingin, dll
    MM: untuk alergi seperti debu,dingin apa bisa diterapi untuk pengurangan asmanya sendiri biar tidak kambuh-kambuhan dok
    Dok: jika meminum obat sesuai anjuran dokter, kontrol teratur, serta mengurangi paparan dari benda2 yg menimbulkan alergi, otomatis akan mengurangi frekuensi terjadinya asma
    Dok: bisa dikombinasi dengan olahraga ringan utk memperkuat daya tahan tubuh
    MM: kalau alerginya sendiri gak bisa di sembuhkan dok
    Dok: alergi tdk bs sembuh total, tetapi kekambuhan alergi akan berkurang jika jarang terkena serangan/jarang bertemu dgn benda penyebab alergi tsb
    Dok: ada org yg tdk kambuh asmanya puluhan tahun krn menjaga kesehatan dan daya tahan tubuhnya.
    MM: terima kasih dok atas pencerahanya lain kali di sambung kembali,sore dok
  • Posted October 17, 2012
    Riyan: Slmt mlm Dok,sy mau tanya. sy menderita penyakit asma sudah sejak kecil.kira2 msh bs disembuhkan ap tidak?
    Dok: asma tidak bisa disembuhkan, hanya bisa dikontrol dan dicegah supaya tidak kambuh
    Riyan: tapi bagaimana dengan teman saya, dia bisa sembuh padahal bisa dibilang dia lebih parah dari saya.
    Dok: tidak, dia bukan sembuh.. dia hanya terkontrol asma nya
    Riyan: saya juga mau tanya, selama ini saya menggunakan obat asma TEOSAL.apakah itu aman?
    Dok: aman jika digunakan sesuai petunjuk dokter dan dosis yang tepat
    Riyan: lalu lebih aman obat asma jenis semprot atau pil?
    Dok: sama saja
    Dok: aman atau tidak itu sekali lagi saya tekankan, tergantung dari apakah anda menggunakan sesuai petunjuk dokter anda atau tidak
    Riyan: bagaimana cara mengontrol asma saya?
    Dok: hindari yang membuat kambuh
    Riyan: masalahnya saya juga tidak tahu penyeab pasti asma saya kambuh
    Dok: harus dicari tahu, perhatikan setiap kambuh itu karena apa. Itu adalah tugas dari penderita asma, karena kalau tidak tahu jadi tidak bisa dikontrol
    Riyan: bagaimana kalau saya menggunakan obat asma yang semprot tapi tanpa petunjuk dokter?
    Dok: bahaya
    Dok: bisa dosis tidak tepat
    Dok: durasi pemakaian tidak tepat
  • Posted November 9, 2012
    Rahayu: Iy sy tuh ASMA dan akhir2 ini sering kambuh, kalau sedang kambuh sy minum Teosal 1/2 tablet, betulkan obat ASMA itu bs bikin gendut?
    Dok: tidak
    Rahayu: apa ASMA bisa sembuh total Dok?
    Dok: bukan sembuh total, tapi keluhan bisa berkurang bahkan jarang sekali muncul, yaitu dgn cara dicegah
    Rahayu: cara mencegahnya bagaimana Dok?
    Dok: asma biasanya muncul krn alergi, saat kecapekan, atau stres. jd anda hindari semua hal2 ini
    Dok: juga bisa dgn olahraga ringan, tapi rutin, misalnya jalan pagi
    Rahayu: Kata dokter LED saya tinggi dok, apa ada dampaknya
    Dok: Terima kasih telah menunggu. Sebentar lagi saya akan berbicara dengan anda.
    Dok: LED biasa meningkat jika tjd radang, atau dlm keadaan hamil atau haid, pd keadaan kurang darah/anemia, kanker, diabetes, dll
    Rahayu: jadi apa yg harus sy lakukan Dok?
    Dok: tergantung pada penyakit atau kelainan kondisi kesehatan anda, jika akan mengganggu fungsi2 organ tubuh anda, maka LED yg meningkat perlu diterapi. tapi jika tdk (misalnya pd org yg mens, krn LED meningkat adl wajar), maka tdk apa2
    Rahayu: apa sy perlu cek LED lg Dok?
    Dok: jika anda sedang berada dlm kondisi kesehatan yg prima, menurut saya tdk perlu. tapi jika anda mau, silakan
    Rahayu: sy sering sakit kepala Dok, bahkan bs sampai berjam2, meskipun sy sudah minum obat seperti Bodrex atau Panadol, terakhir ke dokter meresepkan Proneuron
    Dok: lalu?
    Rahayu: minum itu jg hanya hilang 1 jam an sj Dok, tp sakit kepalanya akan timbul lg
    Rahayu: sy musti gmn ya Dok?
    Dok: sakit kepalanya spt apa?
    Rahayu: kadang timbulnya d sekitar alis, kadang pindah k belakang kadang d atas pas d ubun2, berpindah2 Dok, mual jg, tp gak sampai muntah sih
    Dok: sakit kepala penyebabnya byk, yg paling sering adl krn stres, kelelahan, pola makan tdk teratur, atau bs jg krn darah tinggi
    Dok: sebaiknya anda kontrol teratur jika memang keluhan ini sangat sering muncul dan mengganggu aktivitas. dokter akan menyarankan pemeriksaan2 yg perlu supaya penyebabnya diobati dan bukan hanya menghilangkan gejala saja
    Rahayu: katanya dr gigi, tp gigi sy yg berlubang sudah d cabut, sy pikir kenapa setelah d cabut masih sakit kepalanya, berbahayakah sakit kepala sy Dok?
    Dok: bisa jg dr gigi, tapi harus diperiksa dokter gigi dulu, apakah gigi sekitarnya (yg sudah dicabut) juga ada bolong atau tdk. bolong sekecil apapun bisa dimasuki kuman dan bs membuat sakit kepala. utk tahu berbahaya atau tdk, tergantung penyebab sakit kepala anda
    Rahayu: Dok ... anak sy umurnya 4 tahun 9 bulan, kalau d beri vitamin untuk otaknya apakah efektif? Dokter bs rekomendasikan vitamin untuk otak yang bagus apa ya?
    Dok: utk pemberian vitamin, itu adl hak anda, selama dalam dosis yg dianjurkan dokter. mengenai merk, saya tdk bs menyebutkan di sini
  • Posted March 4, 2013
    fadli: saya mau tanya tentang asma
    Dok: Silahkan
    fadli: pencetus asma itu apa aja?
    fadli: bisa smbuh ga dok?
    Dok: Biasanya alergi
    Dok: Tidak sembuh namun bisa dikontrol
    Dok: Selain alergi, bisa juga dicetuskan oleh keletihan, infeksi saluran nafas, obat-obatan
    Dok: Atau cuaca
    fadli: harus kontrol tiap bulan ke dokter?
    Dok: Jika belum terkontrol, perlu
    Dok: Namun jika sudah terkontrol, tidak perlu setiap bulan
    fadli: bulan kemarin sudah ke dokter tapi sekarang kambuh lagi
    Dok: Berapa usia anda?
    fadli: asma bisa menular ga dok?
    fadli: 26 tahun
    Dok: Masih kambuhnya asma walau sudah kontrol ke dokter bisa disebabkan oleh beberapa hal. Bisa karena dosis obatyang kurang atau belum bisa menghindari pencetus
    Dok: Asma tidak menular
    fadli: keturunan saya bisa kena asma juga?
    Dok: Asma bisa diturunkan ke keluarga. Namun selama bisa menghindari pencetus, belum tentu anak anada akan manifes menjadi asma juga
    fadli: bagaimana caranya dok? supaya anak saya nanti tidak asma karena istri saya sekarang sedang hamil
    Dok: Pertama, belum tentu anak anda pasti akan menderita asma
    Dok: Kedua, jika melihat bakat asma pada anak, misalnya sering mengalami gangguan kulit (Dermatitis Atopik), sering mengalami gangguan saluran nafas berulang, sebaiknya anda periksakan anak anda ke dokter anak untuk diatasi sejak dini
    Dok: DIcari apa pencetusnya dan hindari
    Dok: Selama bisa menghindari pencetus, asma tidak akan manifes
    fadli: saya asma karena ibu saya terkena asma. keluarga saya juga ada yang asma. jadi saya kuatir sekali dok
    Dok: Ya, saya mengerti kekhawatiran anda
    fadli: pencetus asma itu seperti apa saja dok?
    Dok: Alergi, suhu dingin, infeksi, obat-obatan, keletihan
  • Posted April 12, 2013
    lisa: saya mau tanya apa asma bisa disembuhkan?
    Dok: asmanya sejak kecil?
    lisa: tidak, doktr timbulnya sjak saya umur 15
    Dok: biasanya muncul dalam keadaan apa?
    lisa: klw saya mulai flu atau maduk angin biasanya asma sya muncul
    Dok: asma spt itu biasnaya tjd krn alergi. utk sembuh total cukup sulit, tapi bisa dicegah kekambuhannya
    lisa: bgimana cranya?
    Dok: brp umur anda?
    lisa: 22
    Dok: bisa dengan menghindari hal2 yg menimbulkan asma anda, keadaan dingin, bulu2an, debu, asap, dll. jika diberi dokter obat2an, sebaiknya konsumsi dgn teratur dan kontrol jika ada keluhan
    lisa: klw minum antibiotik terus menerus apa ada efeknya dokter?