Migraine » Discussions » Sakit kepala sebelah kiri

  • ovi
    Posted July 31, 2012
    ovi: ovi
    Dok: pagi
    ovi: pagi juga dokt
    ovi: oya saya mau konsultasi dokt,mengapa akhr2 ini kepala saya sebelah kiri sering sakit seperti di tusuk jarum atau kadang serasa di cubit?
    Dok: ada gejala lain?
    ovi: kadang tiba2 pusing,tp sebentar aja
    ovi: trs skt di kepala itu juga ilang sendiri dok
    Dok: apakah anda banyak pikiran?
    ovi: boleh di bilang begitu sich dokt,skt kepala itu mulai bulan juni 2012
    ovi: apakah itu salah satu pemicu'y kh dokt?
    Dok: iya betul
    Dok: banyak pikiran menyebabkan ketegangan otot termasuk otot bahu, leher, dan bisa menyebabkan sakit kepala baik satu sisi ataupun kedua sisi
    Dok: kemungkinan anda mengalami migrain
    ovi: saya mmng ada riwayat migrain dokt
    ovi: apakh migrain itu bisa di sembuh kn?
    Dok: bisa asal pemicunya dihilangkan
    ovi: oya dokt sy jg punya riwayat gula darah rendah,trs saya di sarankn utk mkn & minum yg manis2,tapi jikalau sy makan coklat atau keju migrain saya langsung kmbh
    Dok: cokelat memang memicu migrain
    Dok: riwayat gula darah rendah kalau tidak kambuh lagi makan dan minum seperti biasa saja
    ovi: iya dokt,oya dokt selain coklat apa saja yg bisa memicu migrain kmbh?
    ovi: jikalau migrain kmbh obat apa yg baik n bagus utk di kinum
    Dok: pisang, bir, anggur, anggur merah, produk susu, seperti es krim, susu, yoghurt, keju, produk fermentasi, buah-buahan, asam, pepaya, plum merah, buah acar, kecap, MSG, avokad, cokelat, kacang, selai kacang, bawang, sakarin yang ditemukan dalam soda diet, dan makanan yang mengandung ragi seperti roti dan donat.
    Dok: kami tidak bisa memberikan nama/ resep obat karena kami tidak memeriksa langsung
    ovi: oya dokt klo gula darah rendah itu pemicu'y apa,sedangkn saya in suka makan & minum manis2
    Dok: macam2, salah satunya asupan makan yang kurang
    ovi: oo begitu ya dokt
    Dok: ya
  • Posted December 3, 2012
    andi: salam sejahtera....mau tanya klau sakit kepla...d posisi kepla atas sbelah kiri...dn terasa sakitnya d mata sblah kiri...itu gejla pnyakit apa y...mhon saranya...
  • Posted February 27, 2013
    vanni: saya sering sakit kepala dok,apalagi kalau sedang kelelahan kira-kira kenapa ya dok ??
    Dok: Berapa usia anda?
    vanni: 15 tahun dok..
    Dok: Sejak kapan sering sakit kepala?
    vanni: sekitar 1 tahun lebih dok..
    Dok: Dalam sebulan bisa berapa kali muncul?
    vanni: hampir setiap hari dok,tapi sakitnya hanya sebentar
    Dok: Berapa lama?
    vanni: sekitar 5-10 menitlah dok.
    vanni: iya dok..
    Dok: Biasanya apa yg mencetuskan timbulnya sakit kepala?
    vanni: kelelahan,dan kalo saya sedang memikirkan masalah saya (stres)
    Dok: Bisa dijabarkan sakit kepala yang anda rasakan? Pusing berputar? Nyeri di satu sisi kepala? Nyeri di seluruh kepala? Tegang di tengkuk?
    vanni: sakit (nyeri) kadang di sebelah kiri kepala,belakang,tapi terkadang juga keseluruhan dok. yang paling saya rasain sih di sebelah kiri dok..
    Dok: Apa aktivitas anda sehari-hari?
    vanni: sekolah dan hanya kegiatan rumah biasa dok..
    Dok: Masalah apa yang anda alami hingga membuat anda stress?
    vanni: masalah pelajaran dan dengan orang-orang sekitar saya dok,,
    Dok: Jika anda mempunyai masalah denganpelajaran, sebaiknya anda meminta bantuan guru, teman atau orang tua
    Dok: Sebaiknya anda hindari stress
    Dok: Apakah sakit kepala yg dirasakan makin hari makin sakit atau sama saja?
    vanni: iyaa dok,tapi kira-kira saya sakit apa dok ?
    vanni: terkadang sakitnya tidak begitu parah dok,tapi paling sering rasanya tambah sakit dok,
    Dok: Penyebab sakit kepala bervariasi, bisa karena migraine, tension headache, cluster headache atau penyebab sekunder
    Dok: Hindari stress, cukup istirahat dan konsumsi obat pereda nyeri jikanyeri dirasakan sangat mengganggu
    Dok: Jika dengan hal tersebut nyeri belum hilang, sebaiknya anda periksa ke dokter
    vanni: iya dok,saya memang terlalu memikirkan jika memiliki masalah..
    vanni: tapi tidak serius kan dok?
    Dok: Jika nyeri tidak progresif, tidak menyebabkan mual muntah, tidak ada gangguan penglihatan, pendengaran, gangguan motorik sensorik tubuh, aktivitas seperti biasa, biasanya tidak serius
    Dok: Namun untuk pastinya sebaiknya anda periksa ke dokter
    vanni: kalo disertai mual itu kenapa dok ??
    Dok: Harus diketahui apa penyebab sakit kepalanya
    vanni: gangguan motoriknya seperti apa dok???
    Dok: Gangguan saat bergerak
    vanni: kalo keseimbangan tubuh saat berdiri berkurang itu gimana dok??? (saat sakit kepala)
    Dok: Harus dibedakan dengan vertigo
    vanni: dibedakan gimana dok ??
    Dok: Apakah sakit kepala biasa atau vertigo. Pada vertigo terjadi gangguan keseimbangan, memberikan sensasi pusing berputar
    vanni: selain minum obat untuk penghilang nyeri ada alternatif lain gak dok ???
    Dok: Cukup istirahat, cukup minum air putih
    Dok: Ketahui pencetus sakit kepala dan hindari
    Dok: Pencetus lain biasanya menstruasi, penggunaan pil KB, merokok, susu, coklat, keju, stress, kelelahan, dan lain-lain
    Dok: Jika anda merasa kelelahan dan stress memicu sakit kepala, maka hindari
  • Posted March 7, 2013
    heru: kepala saya sakit seperti di tusuk jarum. obatnya apa ya
    Dok: usia anda berapa?
    heru: sore
    heru: 31
    Dok: di kepala bagian mana yang terasa nyeri?
    heru: kiri belakang
    Dok: sudah sejak kapan nyerinya?
    heru: beberapa hari yg lalu
    Dok: nyeri masih berlangsung sampai sekarang?
    Dok: nyeri terus menerus atau hilang timbul?
    heru: iya bener
    Dok: terus menerus atau hilang timbul?
    heru: terus2an
    Dok: apakah ada keluhan lain selain sakit kepala?
    heru: tak ada
  • Posted March 8, 2013
    Reiner: dok saya daritadi pagi merasa bagiian kepala sebelah kiri saya sakit, yg paling sakit di bagian telinga, dan terasa pusing serta sakit menelan
    Dok: sejak kapan mengalaminya? apakah ada demam?
    Reiner: kalo sakit di bagian kepala tadi malam kayak sakit memar gitu, kalo dibagian telinga nya mulai tadi pagii
    Reiner: kalau demam tidak dok
    Dok: sejak kapan nyeri saat menelan?
    Reiner: tadi pagi juga barengan sama sakit di telinga
    Dok: apakah ada batuk pilek?
    Reiner: apa karna kecapean dok?
    Reiner: tidak dok
    Dok: kemungkinan yg anda alami ini adl migraine kepala kiri. hal ini bisa disebabkan kelelahan, stres, dll
    Dok: saat tidur, hindari meniduri bagian kepala yg sakit
    Reiner: minum obat apa sebaiknya dok?
    Dok: nyeri saat menelan bisa merupakan tanda2 infeksi virus, sebaiknya anda memperbaiki pola hidup anda, jangan stres, kurang tidur, dan makan teratur. hindari makanan yg berminyak, pedas, dan keras utk sementara
    Dok: saat sakit kepala, bisa menggunakan obat yg mengandung paracetamol utk menahan sementara. jika keluhan berlanjut, silakan konsultasi ke dokter
    Reiner: iya, terima kasih dok

  • Posted March 15, 2013
    rahmatullah: saya sering sakit kepala
    Dok: sakit kepala di sebelah mananya?
    rahmatullah: kadang pening
    rahmatullah: kiri dok,
    Dok: sebelah kiri saja?
    rahmatullah: ya dok
    Dok: pada saat apa sakit kepalanya muncutl?
    rahmatullah: pada saat pagi sering nya
    Dok: kemudian pada saat sedang apa sakit kepala hilang?
    rahmatullah: lebih-lebih klu sy lg krj
    Dok: brp usia anda?
    rahmatullah: 23
    Dok: berapa jam anda tidur dalam sehari?
    rahmatullah: 7 jam dok
    rahmatullah: dari jam 2 , malam sampai jam 8
    Dok: kemungkinan besa yg anda alami adl migraine, yaitu sakit kepala sebelah saja
    Dok: penyebab migraine ada banyak, bisa krn kurang tidur, stres, kelelahan, makan tdk teratur, krn jenis2 makanan/minuman ttn, gangguan saraf, dll
    Dok: utk mengurangi migraine, sbaiknya anda menghindari hal2 yg saya sebutkan tadi, anda bs mengurangi keluhan dgn minum obat yg mengandung paracetamol
    rahmatullah: solusi nya dok
    Dok: jika keluhan masih ada, sebaiknya anda konsultasi ke dokter utk diperiksa lebih lanjut
    Dok: saat tidur, usahakan jangan menekan bagian kepala yg sakit
    Dok: kurangi makanan berminyak dan asin2, perbanyak makan buah dan sayur
    rahmatullah: ya dok
    rahmatullah: makasih dok
  • Tyo
    Posted March 21, 2013
    tyo: dok, kepala saya dibelakang sblh kiri akhir 2 ini kok seringnyeri ya dok
    Dok: sudah sejak kapan?
    tyo: 2mingguan dok
    Dok: biasanya kapan anda merasakan sakit kepala?
    tyo: sewaktu waktu
    Dok: apakah ada saat-saat tertentu misalnya saat kelelahan atau tegang?
    tyo: bisa juga dok
    Dok: apakah hilang bila beristirahat?
    tyo: ya,tp bangun tidur kambuh lg
    tyo: gmn dok
    Dok: apakah ada gejala lain?
    tyo: gak dok
    Dok: sebaiknya diperiksakan lebih lanjut, untuk memastikan penyebabnya. diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung. anda dapat konsultasi ke spesialis saraf
  • Posted March 27, 2013
    faisal: mau bertanya kenapa kepala saya suka pusing sebelah
    Dok: Berapa usia anda?
    faisal: 28
    faisal: 28 tahun
    Dok: Laki-laki atau perempuan?
    faisal: laki-laki
    Dok: Sejak kapan mengalami sakit kepala sebelah?
    faisal: sudah hampir 3 bulan ini
    Dok: Dirasakan setiap hari?
    faisal: iya
    Dok: Sepanjang waktu?
    faisal: terkadang...
    Dok: Sekali timbul, bisa berlangsung berapa lama? Detik/menit/jam/hari?
    faisal: bisa sampai satu hari penuh
    Dok: Selalu di satu sisi yang sama?
    faisal: sama
    Dok: Apa yang mencetuskan timbulnya sakit kepala?
    Dok: Saat sedang capai? rokok/kopi? Atau cahay?
    faisal: capai
    Dok: Jika istirahat, sakit menghilang?