Menstrual problems » Discussions » Haid tidak teratur

  • Posted October 9, 2012
    beatles: malam dok,
    beatles: saya mau berkonsultasi dengan anda, ada yang ingin saya tanya kan,
    Dr. Anna: slmt malam
    Dr. Anna: silakan
    beatles: maslah haid saya tidak teratur kemarin sempat saya haid tanggal 23 bulan lalu terus tanggal 17 sudah haid tapi cuma 3 hari dan skarang saya haid lagi, apa normal dok
    Dr. Anna: brp usia anda?
    Dr. Anna: sdh menikah?
    Dr. Anna: baru kali ini?
    beatles: saya berumur 22th,saya sudah menikah setaun yang lalu, iya dok baru kali ni dan bulan ini
    Dr. Anna: adakah kluhan lain? kputihan? nyeri perut?
    beatles: sebelumnya kurang lebih du abulan yang lalu saya mengalami keguguran dok, setelah itu perut terkadang sering nyeri sampai haid yang 3 hari itu, saya sempat berkunjung ke bidan dan dikasih obat tapi tidak dikasih tahu ada apanya
    beatles: kalau keputihan iya dok, kemarin sempat keputihan cair jadi seprti orang mengompol
    Dr. Anna: apakah anda menggunakan kb?
    Dr. Anna: kputihanny spt apa? gatal? bau? sdh diobati?
    beatles: tidak dok saya tidak kb, keputihannya cair dok kemaren sempat gatal tetapi sekarang sudah tidak
    Dr. Anna: slain ke bidan, sdh pernah periksakan diri ke dokter?
    Dr. Anna: sblmny mens slalu teratur?
    Dr. Anna: siklus brp hari?
    beatles: belum dok cuma ke bidan, dan memang haid saya tidak lancar dok bisa telat beberapa bulan juga ini yang menyebabkan saya tidak mengetahui saat saya hamil kemarin sehingga keguguran
    Dr. Anna: sbaikny memang anda memeriksakan diri ke dokter kandungan.
    Dr. Anna: agar diketahui penyebab haid yg tdk lancar tsb. Haid tidak teratur bisa disebabkan oleh stress; penggunaan kb; gizi yg tidak baik, pengaruh obat/rokok; atau adanya kondisi kesehatan seperti kista; ketidakseimbangan hormon, tiroid dll.
    beatles: apa membahayakan dok
    beatles: kira kira saya masih bisa hamil kah
    Dr. Anna: tgtg dari penyebabnya, jika diberikan pengobatan yang sesuai biasanya tidak menghambat kemungkinan utk hamil.
    beatles: baik dok terimaksih atas waktunya,
    Dr. Anna: sama2
  • sae
    Posted October 10, 2012
    sae: bulan april lalu saya abis melahirkan, sehabis masa nifas haid saya jadi tidak teratur, bidan menyarannkan untuk mengkonsumsi pil KB, dua bulan lalu saya putuskan untuk berhenti minum pil KB ternyata haid saya kembali tidak teratur,,, trus saya lanjutkan lagi minum pilnya,,, apa ada efek sampingnya dari pil KB tersebut?
    Dok: apakah anda masih menyusui?
    sae: tidak anak saya meninggal 3 hari setelah lahir
    Dok: bisa jelaskan maksud haid tdk teraturnya bagaimana?
    sae: kalau kecapekan atau terlalu stres kadang langsung keluar darah haid lamanya jg sama seperti masa haid
    Dok: brp lama keluarnya?
    sae: 5-7 hari
    Dok: apakah yg keluar spt darah mens?
    Dok: saat melahirkan, anda normal atau operasi?
    sae: ya,, normal
    Dok: setelah melahirkan, brp lama anda tdk mengalami haid?
    sae: nifas 30 hari trus seminggu setelah nifas haid seminggu berhenti trus haid lg
    Dok: sudah berapa lama anda mengalami mens yg tdk teratur ini?
    sae: 6 blnan
    Dok: sebaiknya anda konsultasi ke dokter kandungan
    Dok: banyak penyebab mens tdk teratur, bisa krn penggunaan kontrasepsi yg mengandung hormon, ketidakseimbangan hormon, kista, dll
    sae: ok thanks dok
  • Posted October 11, 2012
    jelly: slmt sore dok,saya mau nanya klu haid turun 1 bln 2x apa penyebabnya dok...
    Dok: sudah brp lama mengalaminya?
    jelly: 1thn lebih dok....
    Dok: apakah sebelumnya tdk spt ini?
    jelly: tdk dok....
    Dok: perubahan siklus mens mjd tdk teratur spt yg anda alami bs disebabkan banyak hal, misalnya stres, kecapekan, peningkatan BB, makanan yg kurang sehat, dll
    Dok: jika anda sdh menghindari semua itu tapi msh ada keluhan, sebaiknya periksa ke dokter kandungan, utk mengetahui jika ada gangguan pd tubuh anda
    jelly: ok dok terimah kasih,nnti klu ad yg lain akan saya tnykn lagi...
  • Posted October 12, 2012
    piyu: dok saya mau tanya, knpa saya tdk tratur dalam menstruasi
    Dok: usianya berapa?
    Dok: sudah sejak kapan?
    piyu: sy 22th
    piyu: sjk awal kuliah
    piyu: thun 2008-2009
    piyu: skrg 2-4bln skli
    piyu: tp stlh itu bisa lancar lg
    piyu: apa bs jd faktor kturunan
    piyu: krna mama sy jg bgtu
    Dok: hal ini tidak berhubungan dengan faktor keturunan
    Dok: apakah sudah pernah memeriksakan diri ke dokter kandungan?
    piyu: blum
    piyu: tkt . hehee
    piyu: tp skrg agk lncr 2bln skli
    piyu: kdng cmn tlt 2mnggu-1bln
    Dok: Sebentar lagi saya akan berbicara dengan anda.
    piyu: oke dok
    Dok: hal ini dapat disebabkan oleh bbrp hal
    Dok: stress fisik, stress emosi
    Dok: adanya penurunan berat badan yang signifikan
    Dok: atau peningkatan berat badan yang signifikan
    Dok: adanya gangguan pada hormon tiroid
    Dok: ketidakseimbangan hormon
    Dok: adanya gangguan pada sistem reproduksi
    Dok: sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter kandungan, agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut
    piyu: mmg scra fisik emosi sy sering bgt strees
    piyu: mgkn itu pnyebab ny
    piyu: sy ingin skli trus hingga 7kg
  • Posted October 15, 2012
    wahyu: bgini dok, istri saya skrg kaLau haid Lebih cepat dr byasa@ dok... itu knp ya dok??
    Dok: maksudnya lbh cepat bagaimana?
    wahyu: byasa@ setiap 28 hari sekaLi baru dpt dok.
    wahyu: tp skrg Lbih cpt.
    Dok: berapa lama?
    wahyu: skrg 25 atau 24 hari dah dpt dok..
    Dok: perubahan siklus mens biasanya krn stres, kelelahan, atau terlalu banyak junkfood
    Dok: sebaiknya hindari dulu hal2 tsb, apakah mens kembali teratur?
  • Posted October 17, 2012
    weni: Sore Dok saya mau tanya nama saya ani usia 28 Tahun baru 5 Bulan menikah. dak dua bulan terakhir ini saya halangan tgl 15 s/d tgl 28. biasanya saya halangna tgl 25 s/d 28 cuman 3 s/d 4 hari kok sekarang jd 13 hari. dan yang anehnya V saya menggeluarkan darah pas waktu berhubungan saja.
    Dok: jadi selama 2 bulan terakhir ini haid anda > 10 hari?
  • Posted October 17, 2012
    chichi: gimana cara mengatasi terlambat bulan????
    Dok: terlambat mens brp lama?
    chichi: seminggu dok,,
  • Posted October 18, 2012
    Marni: slmt pagi dok,ini saya mau tanya,saya kan punya masalah dgn siklus haid yang tidak lancar,apakah hal ini menyebabkan seseorg tdk bisa hamil ? saya sdh menikah 5 thn tapi blm hamil, saya jg sdh periksa kedokter kandungan bilangannya baik aja,saya mau tanya obat pelancar haid & penyubur kandungan apa namanya dok ? tks.
    Dok: bs jelaskan bagaimana mensnya tdk lancar?
    Dok: siklusnya?
    Marni: awalnya haid lancar aja perbulan setelah umur 20-an mulai dari 1 bln tdk haid trus naik 2 bln,3 bln dan bahkan skrg kurang lebih 6 bln baru dapat haid lagi.
    Dok: jadi sudah berapa lama mens tdk lancar?
    Dok: apakah sudah berobat?
    Marni: kurang lebih 12 thn, saya sdh kedokter kandungan dan setelah makan obat yang dari dokter, saya mendapat haid.
    Dok: sebaiknya kontrol dgn teratur dulu di dokter kandungan
    Dok: penyebab mens tdk lancar banyak, bs krn stres, kecapekan, pola makan tdk baik, jg bs krn hormon atau gangguan kandungan
    Marni: oh...ya dok 2 bln terakhir ini saya mengkonsumsi obat pelancar haid "Primolut" bln pertama setelah makan obat ini haid saya datang & skrng msk bln ke-2 apakah nantinya tdk ada efek samping dok klo saya konsumsi terus obat ini ?
    Dok: apakah obat2 ini diresepkan oleh dokter?
    Marni: saya beli sendiri di apotik dok .
    Dok: utk penggunaan jangka panjang sebaiknya dgn resep dokter
    Dok: krn obat ini mempunyai efek2 tertentu terhadap beberapa jenis penyakit penyebab mens tdk lancar, harus dipastikan dulu anda tdk mempunyai penyakit2 tsb. krn itu utk obat2 pemancing haid sebaiknya atas resep dokter
    Marni: oke dok,tks.
  • asy
    Posted October 18, 2012
    asy: knp ya dok , ko aku kalo menstruasi ga lancar ..
    asy: kadang bulan ini mens , bulan bsk gak ..
    Dok: tdk lancarnya spt apa? sudah berapa lama tak lancar
    asy: selang seling tiap bulan nya .. gak pernah tepat , pasti telat .
    Dok: telatnya teratur atau tdk? maksudnya mundur atau maju bbrp hari, tp teratur?
    asy: hmm wktu itu saya pernah sakit di bagian perut bawah , saya diurut kata nya peranakannya turun atau gmn , saya juga kurang paham ..
    Dok: sejak kapan mens mulai tdk lancar?
    asy: sejak oktober tahun lalu .
    Dok: banyak penyebab mens tdk lancar, bs krn stres, kelelahan, pola makan tdk teratur, dna ketdkseimbangan hormon
    asy: oh gitu yaa dok , hmm keputihan saya juga banyak dok .
    asy: membedakan itu penyakit atau gak gimana yaa dok ?
    Dok: sebaiknya anda mencoba kurangi dulu hal2 yg saya sebutkan di atas
    Dok: stres, kecapekan, rokok, alkohol, makanan dgn pengawet, msg, makanan siap saji
    Dok: jika sudah dan masih ada keluhan, sebaiknya anda konsultasi ke dokter kandungan utk dilakuakn pemeriksaan lanjutan dan diberi obat
  • Posted October 22, 2012
    Dhini: Umur saya kan baru 23 tahun, udah hampir 9 bln sya ga menstruasi dok..bberapa bln yg lalu sya periksa ke dokter tp dokter itu tdk bnyk memberitahu apa yg sya alami,dia cuma ksh resep obat trus sya minum obat itu, berhasil sie dok.2 mngu kmudian sya mens trus saya lsg brhenti mnum obat nya tp kok ga mens lg ya dok??apa sya hrus mnum obat itu terus menerus?
    Dok: apakah anda sudah menikah?
    Dhini: blm dok
    Dhini: apa ada penyakit bahaya dok?
    Dok: boleh tahu berat badan dan tingginya/
    Dhini: BB = 60 Kg, tinggi = 157cm
    Dok: sebenarnya berat badan anda agakberlebih sedikit, bisa diturunkan sampai kira2 50-55 kg saja, krn kegemukan jgsalah satu faktor kurang lancarnya mens (krn tjd ketidakseimbangan hormon)
    Dok: hal lain yg dpt menyebabkan mens tdk lancar adl jika stres, kelelahan, makan tdk teratur
    Dhini: jd faktor berat bdan ya dok...klo gjala lain yg dokter sebut tadi mgkn ga trlalu dok,,
    Dok: bisa jg dari makanan, misalnya banyak makan yg berminyak, mengandung msg, dan pengawet
    Dhini: saya juga udah jaga pola makan dok,olahraga jg sdh,knp BB nya susah trun ya dok??apa ada cara lain dok yg bs dng cepat mnurunkan BB?
    Dok: jika anda sudah mencoba semua ini tapi mens tetap belum teratur, saya sarankan periksa kembali ke dokter kandungan
    Dhini: kalau sya melanjutkan mnum obat yg kmrin bs ga dok?
    Dhini: tp yg sya takutkan kalo hrus mnum obat itu terus menerus...
    Dok: lebih baik lanjutkan dulu sampai obat habis
    Dok: lalu obat pola hidup anda spt yg tadi saya katakan, jika keluhan kembali silakan konsultasi ke dokter kandungan
    Dhini: obat nya ada 2 jenis bu, sya di ksh dalfarol 200 sma kaya sejenis pil KB dok, obat nya ada siklus nya...
    Dok: sebenarnya obat2 tsb sdh diberikan dokter dalam dosis dan jangka waktu yg sudah diperkirakan olehnya, jd tdk masalah jika ingin melanjutkan asal sesuai dokter
    Dhini: jd aman ya dok klo sya konsumsi lg...
    Dhini: oh ya dok, obat batuk yg ampuh apa ya dok slain dexametason, soalnya suara nya jd berubah...
    Dok: betul
    Dok: utk obat, saya tdk bs memberi resep, tapi anda bisa mencoba minum air jeruk hangat (jangan terlalu asam)
    Dok: jika masih belum berubah, silakan ke dokter terdekat
    Dhini: Oke terima kasih dok atas konsultasi nya..selamat sore Dok