Dokter Umum » Discussions » Benjolan pada payudara

  • Posted June 5, 2012
    Saya: begini ibu saya itu ada benjolan di payudaranya tapi dirasa itu masih kecil
    Saya: trus apakah sakit magh itu bisa membuat perkembanagn tubuh jadi tidak bisa gemuk ya dokter???/
    Dok: tidak dapat bertambah gemuk karena nyeri yang dirasakan, atau mual yang membuat napsu makan jadi menurun
    Dok: sudah berapa lama benjolannya?
    Dok: apakah terasa nyeri?
    Saya: kurang lebih 1 tahun ini, klo nyeri itu y waktu mau datang bulan. ibu saya sekarang umur 46 tahun
    Dok: nyeri pada benjolan atau pada payudara?
    Saya: katan ibu saya itu nyeri nya tidak sering, tp benjolan itu terasa
    Dok: berapa cm ukuran benjolannya?
    Dok: apakah terlihat merah?
    Saya: maaf saya tidak tau pastinya dokter
    Saya: berarti perkembangan tubuh ibu saya yg tdk bisa gemuk itu kemungkinan benjolannya dan skt magh nya y dokter
    Dok: tidak bisa gemuknya sejak kapan?
    Dok: benjolan pada payudara tidak selalu disebabkan oleh kanker tapi dapat disebabkan oleh kista, fibroadenoma, lemak yang terjepit
    Dok: sebaiknya diperiksakan ke dokter bedah untuk diperiksa
    Saya: kurang lebih 3 bln ini
    Dok: apakah maag baru 3 bulan ini?
    Saya: klo magh sudah lama dokter
    Saya: apakah kista itu akan selalu ada walaupun sudah dioperasi dokter
    Dok: kista dapat muncul lagi
    Saya: kok bisa seperti itu??
    Saya: apakah dari makanan,trus kista itu bisa timbul lagi?
    Dok: kista ini disebabkan oleh karena hormon
    Dok: tidak ada hubungannya dengan makanan
    Dok: biasanya prosedurnya adalah penyedotan cairan yang ada di kistanya
    Saya: hormon???
    Dok: benar, hormon
    Saya: berarti masih muda pun bisa kena kista?? hormon yang bagaimana dokter???
    Dok: biasanya kista banyak pada wanita usia 30 tahun ke atas, tapi di bawah itu juga bisa terjadi walau jarang
    Saya: klo skt magh nya sendiri bagaimana?
    Dok: maag dapat dicegah dengan pola makan yang teratur
    Saya: ibu saya sudah banyak minum obat magh dari yang tablet sampai yang cair. trus apa karena asma lambungnya naik y dokter
    Dok: benar, dapat dikarenakan asal lambung yang meningkat
    Saya: sampe bingung sudah makan banyak dan makan yang tidak berlemak juga tapi masih kecil badannya. oy apakah buah sirsak itu bisa membangkitkan nafsu makan?
    Dok: saya tidak berkompetensi mengatakan apakah benar atau tidak
    Saya: ya
    Saya: terimakasih infonya dokter
    Dok: sama sama