Pain in the Lower Back » Discussions » Nyeri punggung

  • Posted April 16, 2012
    Saya: Saya pegawai kantor
    Saya: setiap hari Saya menghabiskan waktu dengan duduk
    Saya: apakah itu berdampak buruk bagi kesehatan Saya nantinya?
    Dok: apakah selama ini ada keluhan
    Dok: kebanyakan duduk dapat menyebabkan kegemukan, olah karena itu lebih baik menyediakan waktu untuk olah raga
    Saya: keluhan di mata kiri dan perut kadang2 sakit dok
    Dok: hal tersebut tidak ada hubungannya dengan kebanyakan duduk
    Saya: apa saja dok tips2nya agar tetap sehat walaupun sering duduk
    Saya: ?
    Dok: sempatkan untuk olah raga secara teratur
    Dok: kadang, duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan nyeri pada punggung, oleh karena itu pilih tempat duduk yang nyaman, posisi duduk harus tepat, kaki menapak ke lantai dan punggung sedikit menekan sandaran
    Saya: punggung Saya sudah nyeri2 1 tahun belakangan ini

    Dok: di sela2 waktu lagi kerja, sempatkan untuk menaruh tangan di pngkuan untuk sesaat, untuk mengistirahatkan tangan
    Dok: bisa juga dengan mengangkat bahu naik dan turun, ulangi bbrp kali
    Saya: dok,,
    Saya: bagaimana menghilangkan nyeri di punggung kiri ini?
    Saya: ga enak bgt rasanya dok
    Dok: boleh Saya tau usianya berapa?
    Dok: nyeri nya terus menerus atau saat pergerakan tertentusaja?
    Saya: terus menerus, dan Saya alami pada saat kebanyakan duduk saja
    Saya: seperti di kantor
    Saya: usia Saya 22
    Saya: dan Saya sudah bekerja kantoran dari umur 18
    Dok: iya adit kemungkinan sakit punggung yang adit alami disebabkan kekakuan otot punggung karena terlalu lama duduk diam di posisi tertentu
    Dok: sekali waktu di sela pekerjaan adit bisa berjalan keluar ruangan untuk mengganti posisi dan melemaskan otot
    Saya: ouww

    Saya: btw,, ada solusi untuk punggung Saya? selain berjalan ke luar ruangan?
    Dok: stretching dengan cara yang tadi sudah Saya ajarkan
    Dok: apa adit rutin berolahraga?
    Saya: tidak pernah sama sekali dok
    Saya: bawaan pulang kantor selalu ingin tidur
    Dok: nah mulai sekarang adit mulailah berolahraga rutin untuk melancarkan aliran darah, olahraga saat weekend atau kantor libur
    Saya: atau sampe di rumah lsg nongkrong lagi di depan komputer browsing2 dan play game online
    Dok: kalau di kantor sudah full di depan komputer, sebaiknya di rumah adit istirahat dari komputer
    Saya: baik dok,,
  • Posted April 17, 2012
    Berikut cara pengaturan duduk dengan posisi yang benar menurut Dr. David Rempel, profesor kedokteran di UC San Francisco, antara lain:

    1. Pastikan memiliki kursi belakang yang nyaman dan dengan dukungan lengan
    Menyesuaikan tinggi kursi sehingga kaki dapat menapak di lantai, dan mata dapat sejajar dengan bagian atas monitor. Bagi pengguna kacamata layar monitor harus sedikit lebih rendah.

    2. Posisikan layar monitor agak jauh
    Posisikan layar agak jauh, yaitu sepanjang lengan untuk menghindari silau dari jendela dan lampu. Keyboard harus berada pada ketinggian siku dan tombol mudah untuk ditekan. Gunakan meja atau lengan kursi untuk menopang lengan.

    3. Jauhkan mouse dekat dengan keyboard
    Hal ini untuk menghindari gerakan yang berlebihan, yang dapat menyebabkan nyeri lengan, bagi sebagian orang, mouse pad dapat membantu.

    4. Periksa postur tubuh
    Mengendurkan otot-otot di lengan, bahu, dan leher dengan duduk tegak atau bersandar kembali di kursi. Berdiri dan melakukan peregangan setiap 20 menit.

    Dengan mengikuti cara-cara tersebut diatas, maka dapat menghabiskan jam kerja di depan komputer dengan nyaman dan tanpa rasa sakit.

    Semoga bisa lebih membantu Adit..
  • Posted December 13, 2012
    indah nur pratiwi: maaf mau tanya kalo misalkan punggungnya sakit terus sesak nafas itu knpa yah.
    Dok: munculnya saat sedang apa?
    indah nur pratiwi: kalo sedang apa saja
    Dok: maksudnya? terus-menerus?
    indah nur pratiwi: bisa muncul tiba tiba
    Dok: sakitnya spt apa? bisa dijelaskan?
    indah nur pratiwi: tidak terus menerus. tapi seringnya kalo lg cape
  • Posted December 18, 2012
    Rifqi: dok dr 2 hari yg lalu tulang punggung saya kok linu y..
    Dok: apakah ada demam?
    Rifqi: g da dok mksd saya ngilu..
    Dok: bagaimana aktivitas anda sehari2? apakah mengangkat barang berat? menggunakan tas punggung?
    Rifqi: g kok n saya pake tas punggung tapi g berat bawaanya
    Dok: berapa jam anda tidur dalam sehari?
    Rifqi: 5 jam
    Dok: sebaiknya anda makan dengan teratur, istirahat cukup, dan menghindari stres
    Dok: tidur normal adl 6-8 jam/hari
    Dok: jika anda beraktivitas lebih daripada yg anda terima (makan,istirahat, tidur), maka tubuh akan mengalami penurunan daya tahan tubuh, salah satu gejalanya adl badan pegal2, kadang ada flu, batuk, sakit menelan, dan akhirnya jatuh sakit
    Dok: jd yg bs anda lakukan sekarang adl mengatur waktu agar dpt istirahat
    Rifqi: ok makasih dok..
  • Posted December 21, 2012
    ayis: punggung kiri atas pegel udah sekitar seminggu
    Dok: usianya saat ini berapa?
    ayis: sementara ini sy pakai salonpas gel tapi belum sembuh juga,masih terasa pegal sampai skrg
    ayis: 25 th dok
    Dok: apakah nyeri dirasakan terus menerus sepanjang hari?
    Dok: atau hilang timbul?
    Dok: apakah sebelumnya ada trauma?
    ayis: hilang timbul dok
    Dok: nyeri dirasakan pada gerakan tertentu saja?
    ayis: trauma sepertinya tidak ada, aktifitas saya biasa kerja ke kantor jalan kaki atau naik sepeda jarak rmh-ktr hny sekitar 2km
    Dok: nyeri dirasakan pada gerakan tertentu saja?
    ayis: kalau sudah duduk lama di dpn komputer, pegal terasa
    Dok: hal ini mungkin disebabkan oleh karena dalam posisi duduk yang terlalu lama
    Dok: dan bertumpu dalam satu sisi
    Dok: untuk sementara bila terasa nyeri lakukan kompres dingin
    Dok: lalu posisi duduknya jangan bertumpu pada satu posisi
    ayis: sy d rmh juga sering tengkurap di kasur sambil buka laptop,,krn kalau duduk pegal
    Dok: posisi tiduran yang seperti itu juga dapat menyebabkan nyeri pada punggung bawah
    Dok: sebaiknya anda duduk dengan posisi yang baik
    ayis: baik dokter, kompres dingin saja berarti ya, kalau terasa nyeri?
    Dok: benar sekali
    ayis: dan saya akan rubah posisi duduk dan tiduran
    Dok: sebaiknya seperti itu bapa, untuk mencegah terjadinya pegal
  • Posted March 19, 2013
    Ridho reinald putra: dokter,tulang punggung saya seeing mengalami sakit seperti ngilu..kebetulan saya waktu kecil pernah jatuh dark pohon..kira2 apa Ada dampaknya dok?
    Dok: sebelah mananya punggung?
    Ridho reinald putra: bagian tengahnya..belakang dada.
    Dok: ngilu terutama saat sedang apa?
    Ridho reinald putra: Terutama jika terlalu lama duduk,,tulang punggung serasa ngilu dan kaku.
    Dok: apakah sakit jg saat tidur?
    Ridho reinald putra: ya,terkadang...
    Dok: brp usia, berat badan dan tinggi badan anda?
    Ridho reinald putra: Usia saya 17thn,73kg,167...bahkan rasa ngilu tersebut membuat sesak napas.
    Ridho reinald putra: saya seorang pelajar.
    Dok: apakah sehari2 melakukan aktivitas yg membebani punggung? misalnya mengangkat barang, memanggul tas, dll
    Ridho reinald putra: tidak,,tapi saya sering duduk pada posisi punggung membungkuk,sat berdiri terkadang juga bungkuk..
    Dok: nyeri pada punggung bs terjadi krn banyak hal: krn ada gangguan tulang/saraf/otot di sekitar situ, krn krn ad agangguan organ2 yg ada di sekitarnya (usus, lambung, paur2, jantung, dll)
    Dok: pd kasus anda kemungkinan krn gangguan tulang dan otot, sebab anda memiliki postur tubuh bungkuk
    Dok: hal ini bs berhubungan dgn keadan tubuh anda yg memiliki berat badan berlebih, sehingga anda lebih nyaman berada dlm posisi tubuh bungkuk, saat duduk atau berdiri. saat menegakkan badan biasanya malah punggung terasa sakit
    Dok: jika hal ini sampai mengganggu aktivitas anda dan merasa tak nyaman, sebaiknya anda segera konsultasi ke dokter ortopedi utk diperiksa secara menyeluruh. nanti akan ada beberapa tindakan dan pengobatan yg akan mengurangi keluhan anda
    Ridho reinald putra: jadi,karena faktor berat badan dok?
    Dok: itu adl salah satu kemungkinan. utk penyebab pastinya, silakan anda konsultasi dulu dengan dokter ortopedi utk diperiksa secara langsung
    Ridho reinald putra: Oke,Terima kasih dok.
  • Posted April 1, 2013
    bima abdul haq: dokter... saya menagalami sakit pinggang sudah cukup lama.. dan saya sudah coba beberapa obat. namun hanya memberi efek sementara...
    Dok: sakitnya di sebelah mana, spesifiknya?
    bima abdul haq: daerah belakang dok. dekat tulang ekor
    Dok: nyerinya spt apa bs dijelaskan?
    bima abdul haq: rasanya nyeri dok.. di daerah tersebut rasanya panas..
    Dok: spt apa? nyut2an? spt dipukul? spt ditusuk? dll?
    bima abdul haq: seperti di tusuk dok
    Dok: terutama merasa sakit saat sedang apa?
    bima abdul haq: saat sedang duduk terlalu lama dok
    Dok: apakah saat sedang berbaring masih terasa sakit?
    bima abdul haq: ada dok. tapi tidak terlalu sakit...
    Dok: sejak kapan mengalaminya?
  • Posted April 11, 2013
    Dr.: selamat siang
    lucy: siang dok, aku wanita usia 40th, bbrp hari ini aku merasakan sakit di punggung semacam nyeri yg ngilu di tulang belakang juga kaki, apakahbitubpertanda rematik atau hanya faktor kecapean aja ya dok? sakitnya terlebih pada pagi harisetelah bangun tidur.
    Dr.: saat bangun tidur aja atau ada saat yang lain timbulnya?
    lucy: terutama saat bangun tidur dan berlanjut sampai siang/sore hari
    lucy: jadi sangat mengganggu aktifitas saya
    Dr.: sudah berapa lama menderita ini?
    lucy: kurang lebih seminggu ini
    Dr.: sem,akin nyeri atau sama saja sejak awal?
    lucy: saya fikir hanya ken salah posisi tidur saja, tapi ternyata kl lg beraktifitaspun nyeri itu timbul dok
    Dr.: lebih nyeri pada posisiyg mana?
    lucy: posisi setelah bangun dari berbaring
    Dr.: lebih tepatnya di bagian tubuh mana?
    lucy: dipunggung belakang dok
    lucy: saya 3hari ini coba minum Relaxon dosis 2x sehari, tapi belum ada perubahan
    lucy: mulai dari tulang bawah leher sampai tulang ekor
    Dr.: coba kasurnya dibalik, mungkin sudah lembek sehingga saat tidur pposisi tulang tidak lagi lurus
    Dr.: intinya sementara tidur dengan posisi tulang lurus, dengan alas yang lurus dan keras tidak lunak
    lucy: berarti kemungkinan hanya karna posisi tidur yg gak baik ya dok
    Dr.: iyaa
    Dr.: karena timbul saat bangun tidur
    lucy: selama ini memang saya tidur dgn posisi menyamping, krn itu yg membuat saya nyaman, tapi saya akan coba saran dokter utk merubah posisi tidur
    lucy: makasih dok atas advisenya..
    Dr.: sama-sama