• Posted September 21, 2012
    andre : saya mengalami gatal2 di daerah selangkangan kemaluan saya
    Dok: sejak kapan?
    andre : sekitar satu bulan yang lalu dan sampai sekarang
    Dok: apakah kemerahan atau ada kelainan kulit sekitarnya?
    andre : kalau kelainan tidak ada , tapi terjadi nya kemerahan karena sering saya garuk dok
    Dok: apakah daerah tersebut sering lembab?
    Dok: apakah sudah menikah?
    andre : ia dok kerana sering berkeringat terjadi nya lembab
    andre : belum menikah dok
    Dok: apakah gatalnya biasanya terjadi saat berkeringat?
    andre : ia dok benar
    Dok: kemungkinan disebabkan oleh jamur pak
    andre : jadi bagaimana dok
    andre : apa saja yg haruis saya hindari untuk mengurangi penyakit ini
    andre : apa karena d sebabkan dari Hubungan intim juga ( ML )
    Dok: sebaiknya diperiksakan ke dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai
    Dok: hubungan intim tidak masalah bila tidak ada yang mengidap penyakit menular seksual
  • Posted October 2, 2012
    azmi: saya mengalami gatal di sektar di bawah kemaluan dan ketombean bahkan sudah menjalar ke wajah saya saya sudah berobat cuku lama tpi di sa'at berobatnya aja yg hilang setelah minum obatnya dihentikan maka gatal2nya akan uncul lagi
    Dok: gatal2nya sperti apa?
    azmi: kata dokter jamur dia merah2 dan bersisik
    azmi: kalau di kepala dan wajah mengelupas seperti ketombe
    Dok: apakah sudah berobat ke dokter?
    Dok: bagaimana dgn obatnya apakah sdh habis?
    azmi: saya sdh minum obt dan salepnya ada juga yg di kasih dr selama 5 buln berturut2 dan sekarang saya sudh hentikan.
    Dok: apakah ada perubahan?
    Dok: mengapa dihentikan?
    azmi: perubahannya selagi minum obat
    azmi: kalau obt nya nggk di minum dia blk lagi
    azmi: pada hl saya sdah cukup lama minum obt harusnya kan dah sembuh total.
    Dok: betul, sebaiknya obat terus diminum sampai dokter anda yg menstopnya
    Dok: krn sudah disesuaikan dgn tingkat penyakit anda
    azmi: kalau menurut dokter apa obat dan solusi terbaik agar tidak kembali lagi gatal2nya
    Dok: menurut saya anda kembali kontrol ke dokter kulit anda dan menuruti anjuran berobatnya
    Dok: krn obat tsb pasti sdh dicocokkan dgn jenis peny anda dan kulit anda
    Dok: memang kalau peny kulit yg agak luas agak lama sembuhnya dan hrs sabar
    azmi: jadi kalau menurut dr apa obt yg paling bagus karna daerah saya tidak ada dr kulit
    Dok: maaf saya tdk bs memberikan resep di sini
    Dok: anda bs ke rumah sakit terdekat
    azmi: terima kasi
  • Posted August 21, 2013
    SAYA: klo obat untuk selangkangan yang luka dan gatal itu apa ya dok
    SAYA: karena ini sudah lama tak kunjung sembuh..itu karena apa ya dok
    DOK: sudah sejak kapan keluhannya?
    DOK: usia anda berapa?
    DOK: bentuk gatal atau lukanya seperti apa?
    SAYA: merah kya luka bakar dok..meleleh gt..3 bulan trkhir ini..usia sya 23 thn
    DOK: apakah semakin lama luka tambah membesar?
    SAYA: iya bu,,dan gatalnya pun smkin parah
    DOK: apakah pinggiran luka tampak berwarna kemerahan?
    SAYA: iya bu
    DOK: hal ini mungkin disebabkan karena jamur
    DOK: tapi saya tidak akan tau secara pasti tanpa pemeriksaan secara langsung
    DOK: sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter kulit agar dapat diperiksa lebih lanjut
    DOK: sehingga terapi yg diberikan pun tepat
    SAYA: untuk obat pereda semntara kira2 apa ya dok..krna ini sngat mengganggu ketika sya sedang krja memakai clna levis
    DOK: anda dapat minum obat pereda gatal seperti chlorpheniramine maleat
    DOK: tapi ini hanya untuk meredakan gatalnya saja tanpa mengobati penyebabnya
    SAYA: ok tks atas saran nya bu dokter
    SAYA: selamat sore
    DOK: sama sama
    DOK: selamat sore
  • Posted August 27, 2013
    DR.: siang
    HELMI: selmat siang dok
    HELMI: saya pny keluhan penyakit gatal di daerah selangkangan dok.
    DR.: sejak kapan?
    HELMI: sjak 2 blan yg lalu.
    DR.: apa melebar?
    HELMI: melebarx krna ada lecet akibat digaruk. susah untuk menahan rasa gtalx dok.
    DR.: kemungkinan jamur
    DR.: biasanya sering d daerah selangkangan
    HELMI: utk menghlangkanx bgmna dok?
    DR.: pakai salep antijamur minimal 2 minggu walau gatel telah hilang
    DR.: krn ada kakar jamur, jadi pengobatan lama
    DR.: hindari lembab, pemakaian celana jeans atau ketat
    HELMI: saya sdah coba pakai bedak salycil dan cetirizine utk mengurangi ngtalx
    DR.: itu hanya mengurangi gatal tetapi tidak mnegobati penyebab
    HELMI: untuk mengobatinya bagaimana dok?
    DR.: dgn salep anti jamur
    DR.: pemakaian 2 minggu minimal
    HELMI: sudah pernah pakai salep dok.tapi jadi lembab.obat yg pil ada dok?
    DR.: bagus salep
    DR.: dipakai mlam hari, jangan pakai celana dalam
    DR.: saat pagi pakai edak salisil tuk mnegurangigatal
    HELMI: salepnya apa dok?
    DR.: dapat dicari diapotik
    DR.: tanya saja salep anti jamur
    DR.: maaf tidak dapat menyebutkan brand merk obat
    HELMI: baik dok. terima kasih.
    DR.: sama-sama
  • Posted October 18, 2013
    Reni Meida: saya mengalami radang klt

    Dok: seperti apa bu?
    Reni Meida: awalnya gatal2
    Reni Meida: lalu timbul ruam kemerahan

    Dok: apa penyebab gatalnya?
    Reni Meida: kl dari bentuknya spt gigitan tungau
    Reni Meida: ada disekitar selangkangan
    Reni Meida: saya sdh coba treatment dg scabimite cream
    Dok: sudah berapa lama?
    Dok: lalu bgmana hasilnya?
    Reni Meida: 1mggu ini
    Reni Meida: sdh mulai mengering
    Reni Meida: tp stlh klt yg mengering terkelupas rsnya perihh dok
    Reni Meida: lbh parah lg saya sdg mens
    Dok: sudah tidak merah?
    Reni Meida: ada rekomendasi obt antibiotik yg mempercepat proses pengeringan?
    Reni Meida: sdh tdk merah tp berubah kehitaman krn mengering
    Reni Meida: cma berasa perih ken kulit yg sblmnya mrintis2 kemerahan mengelupas krn salep
    Dok: tidak perlu antibiotik bu jika sudah kering
    Dok: jika memang kering, coba oleskan pelembab saja untuk menghilangkan perih
    Reni Meida: gatal saya blm sepenuhnya kering
    Dok: sekarang masih gatal?
    Reni Meida: msh ada bbrp bagian yg msh kemerahan
    Reni Meida: iyahh kdg brsa gatal
    Reni Meida: tp saya tdk berani garuk
    Reni Meida: tktnya tmbh infeksi
    Reni Meida: mhn rekomendasi salep ato antibiotik yg mempercpt proses pengeringannya
    Dok: menurut saya kemungkinan besar ibu menderita infeksi jamur, bukan gigitan tungau. Sebaiknya dipriksakan ke dokter kulit agar dapat dilihat langsung, karena infeksi jamur yg tidak ditangani secara tepat akan menetap untuk waktu lama
    Reni Meida: ok dok
    Reni Meida: tq sarannya

  • Posted November 14, 2013
    rhea: perkenalkan nama saya ria dok, saya ingin bertanya, kenapa didaerah selangkangan saya sering gatal sampai mengakibatkan luka. thank
    Dok: apakah terdapat kemerahan atau sisik kehitaman pada selangkangan?
    rhea: iyaa dok,
    rhea: menurut dokter saya harus bagaimana, dan apakah ada obatnya
    Dok: Kemungkinan besar kulit selangkangan anda terinfeksi oleh jamur, oleh karena itu jaga hygiene daerah tersebut dengan membersihkannya setiap mandi, BAB, BAK dan lap sampai kering sebelum memakai celana kembali. Ganti clana dalam minimal 2-3X/hari dan gunakan celana berbahan katun agar menyerap keringat, selain itu hindari penggunaan celana ketat
  • Posted November 28, 2013
    ecka: dibagian selangkangan terdapat flex hitam tiap berkeringat atau panaz akan terasa gatal kadang malah digaruk sampai lecet
    ecka: knapa y dok ?
    Dok: sudah berapa lama?
    ecka: 3 bulanan sudah coba dexteem tp tetep saja saleb PKS tetep saja g mau ilang
    Dok: dari keluhan anda kemungkinan besar anda mengalami infeksi jamur, sebaiknya segera hentikan salep2 tersebut karena justru akan memperparah.
    ecka: solusi obat alami ada g dok trus pantangan makan minumnya dok
    ecka: kalo misal obat dokter apa itu dok
    Dok: Saran saya gunakan celana dalam berbahan katun, setiap habis buang air bersihkan dengan air bersih lalu keringkan sampai benar2 kering sebelum memakai celana kembali, hindari celana ketat atau jeans, segera ganti celana bila terasa lembab
    ecka: kadang dibagian vital ada bentol tp berair it apa y dnk
    ecka: pernah hilang tp nongol lagi
    Dok: berapa banyak?apakah gatal?
    ecka: 1 sampe 2 iya gatal kalo disentuh tp kl tiap mau tdur clekit-clekit gatel
    ecka: jd kl diminumin dexteem g gatel
    ecka: cm sy g mau ktergantungan obat begituan
    ecka: mau cari yg bs tuntas
    Dok: apakah orang lain yg serumah ada yg memiliki keluhan serupa?
    ecka: tidak ada dok cm sy
    ecka: yg g serumah ada dok tp agak jauh rumah'a dan g pernah kontak langsung
    Dok: kalau begitu untuk sebaiknya cukur rambut kemaluan sampai habis dan jangan digaruk bila gatal
    ecka: ada obat'a g dox
    Dok: untuk bintil2nya jangan diobati dulu, cukup dengan dibersihkan pakai sabun setiap mandi, mengenai kehitaman pada selangkangan dapat digunakan salep anti jamur yg digunakan terus menerus selama 1 bulan dan jangan digaruk, bila tidak ada perbaikan segera periksakan ke dokter kulit
    ecka: sy baru kali ini dok ampe pusing sy cari obat
    ecka: oiya dok terimakasih bnyk buat saran'a....kalo untuk saleb'a pake salep apa dok
    Dok: memang jamur yg tumbuh di tempat2 yg lembab perlu waktu lama dan perawatan telaten untuk bisa sembuh
    Dok: salep antijamur apa saja yg dijual di pasaran (maaf saya tdk bisa menyebutkan nama merk)
    ecka: iya dok terimakasih dok selamat sore
  • Posted December 6, 2013
    Sudarmono: sy mw knsul mslh kelamin saya,saya sring gtal2 ddaerah kelamin sy dan itu sdh ckup Lma sy sdh minum brmcm2 obt tp blm ada prbhn
    Dr.: sudah diperiksa oleh dokter?
    Sudarmono: kra2 pxbabnya apa y dok
    Sudarmono: blm,saya malu kedokter
    Dr.: sebaiknya anda periksa ke dokter ya, jangan menggunakan obat2an tanpa pengawasan dokter. supaya obatnya sesuai dengan apa yang anda derita
    Sudarmono: kmrn itu istri sy s4 mmprtykn kpda dokter dokterx cm blg itu krna jamur aja,.
    Sudarmono: sy mnum obt griseofulvib gtlx hlg cm smntra aja
    Dr.: jika memang benar infeksi jamur, sebaiknya anda berobat ke dokter ya, obat jamur bukan hanya griseofulvin, ada bermacam jenis tergantung jamurnya, dan seperti apa kondisinya
    Dr.: juga perlu kontrol teratur
  • Posted December 12, 2013
    agung nur cahya: sore dok,saya ada keluhan soal gatal kulit di sekitaran maaf daerah selangkangan. jika gatal saya selalu pakai kaladine cair. apa ada obat yg dapat menyembuhkan keluhan saya tersebut dok
    Dr.: seperti apa bentuk gatal2nya bisa dijelaskan?
    agung nur cahya: jadi setiap habis mandi atau lembab daerah sekitar itu selalu gatal jika saya tidak menggunakan kaladine
    agung nur cahya: jadi setiap habis mandi atau daerah tersebut lembab selalu gatal jika saya tidak memakai kaladine cair
    agung nur cahya: ada tidak obat atau pengobatan yang saya dapat lakukan agar keluhan saya itu sembuh dok
    agung nur cahya: tidak berwarna dok seperti kulit biasa saja
    Dr.: gatalnya terutama dalam situasi apa?
    agung nur cahya: dulu saya pernah berobat tp menurut dokternya jamut air jd tidak boleh lembab dan hanya diberi obat penghilang gatal
    agung nur cahya: dalam situasi setelah terkena air atau lembab dok
    Dr.: jika sudah pernah diobati dan belum sembuh, sebaiknya anda berobat kembali ke dokter ya
    Dr.: saya kurang mengerti yang dimaksud jamur air, namun bagian selangkangan memang biasanya lembab karena berupa lipatan dan mudah berkeringat, apalagi sering dipakaikan celana yang menempel langsung ke kulit
  • Posted January 16
    tika: ini suami saya....dibagian selangkangan.....trus pantat....sampe ke paha...gatal semua.....timbul bintil merah...saking banyaknya....sampe kadang membentuk pulau pulau....kelihatan jorok banget....itu apa sih sebabnya dok???
    Dok: sudah berapa lama?
    tika: udah lama banget.....2 tahunan...udah ke dokter.....sembuh...habis obat gatel lagi.....akhirnya...karna udah tiap dokter kayak gitu....dia mengkonsumsi pil mikoral...kalo gak salah...jd kalo timbul gatalnya yg sangat2 gatal ia makan obat itu
    Dok: kemungkinan besar suami ibu menderita infeksi jamur, memang untuk penyembuhan jamur di daerah selangkangan dan sekitarnya memakan waktu lama, saran saya berobat ke dokter spesialis kulit dan selama pengobatan lakukan hal2 berikut : selalu gunakan celana berbahan katun, ganti celana dalam 3-4X/hari, setiap habis buang air segera keringkan dengan handuk sebelum memakai celana kembali,hindari penggunaan celana jeans atau celana ketat, minum obat dan jangan berhenti sampai benar2 sembuh (kira2 2 bulan)
    tika: oh gitu ya dok...kira kira obat nya itu apa dok??? bisa memberikan resepya??
    Dok: maaf saya tidak bisa menuliskan nama obat karena tidak memeriksa secara langsung
    tika: oh begitu......ya udah....makasih dok????sore???
    Dok: sama2 :)