Dokter Umum » Discussions » Masuk angin

  • Posted June 5, 2012
    riefa: saya riefa mau tny soal apa sbb se2orang sring mengalami masuk angin?
    Dok: masuk angin seperti flu maksudnya?
    riefa: bukan sring skit pnggung, bahu dan kuduk dokter
    Dok: dan ini terjadi bila terkena angin?
    riefa: terkena plang kerja
    riefa: smpai mlm
    Dok: hal ini mungkin terjadi bukan karena masuk angin tersebut tapi karena penggunaan otot pada daerah punggung yang membuat nyeri pada daerah punggung, bahu dan leher
    Dok: mungkin disebabkan oleh posisi kerja anda yang kurang baik
    Dok: dan setelah istirahat maka membaik
    riefa: klw umur 20 Tahun keatas masih menambah tinggi badan dok?
    Dok: maaf sebelumnya laki2 atau perempuan?
    riefa: perempuan
    Dok: untuk usia 20 tahun, proses pertumbuhan untuk wanita sudah berakhir, maka tidak dapat menambah tinggi badan lagi
  • Posted June 5, 2012
    istilah masuk angin itu sebenarnya tidak ada di dunia medis, dan hanya bisa ditemukan di indonesia.. hehe.. definisinya pun tiap orang berbeda2 ,ada yang masuk angin dengan gejala flu, sakit maag, sampai mialgia (nyeri2 otot), jadi penanganannya pun berbeda.. untuk kasus mbak riefa, saya setuju kemungkinan besar karena posisi duduk/berdiri yg kurang baik. salah satu cara memperbaiki posisi tubuh adalah dengan yoga dan renang :)

    semoga membantu yaa..
  • Posted June 5, 2012
    Masuk angin itu ganggu banget dee..apalagi buat perempuan =P
    Just wanna share lhooo.. =D

    Tips agar tidak cepat masuk angin:
    - Berpola hidup teratur dan seimbang.
    - Hindari stres dan terlalu memaksakan diri.
    - Hindari terlambat makan, hindari makan atau minum berlebihan. Makanlah dengan pola 4 sehat 5 sempurna.
    - Sempatkan diri untuk berolahraga teratur setiap (pagi atau sore) hari minimal 30 menit.
    - Jaga stamina tubuh. Seimbangkan antara olahraga, olahrasa, dan olahjiwa. Misalnya: berpikir dan berparadigma positif. Menghindari berprasangka buruk.
    - Menikmati hidup, caranya: sempatkan diri untuk relaksasi, mendengarkan musik, bernyanyi, tersenyum, tertawa, berekreasi, berdoa, beristirahat.
    - Menghindari sering lembur, begadang, atau tidur terlalu larut malam.
  • Posted October 12, 2012
    kusno: dok, kenapa sih saya kok suka masuk angin?
    Dok: masuk angin sbnrnya disebabkan krn kecapekan, makan dna istirahat tdk teratur
    kusno: tapi saya bukan pekerja berat kok. makan dan istirahat juga teratur
    Dok: masuk angin yg dimaksud spt apa gejalanya?
    kusno: badan pegal-pegal dan sesak nafas
    Dok: boleh tau usia, tinggi badan, dan berat badannya?
    kusno: boleh donk, usia 38, tinggi 165, berat badan 45
    Dok: apakah anda seornag perokok?
    kusno: gak dok, bahkan saya gak pernah merokok. pernah sih sekali waktu kecil, coba2 ja.
  • Posted October 12, 2012
    dapat dimungkinkan anda mengalami gangguan pada saluran pernapasan terutama pada organ paru - paru. Penyebabnya dapat berupa suatu infeksi / keradangan, atau pun adanya alergi.
  • Posted November 26, 2012
    Rafael: halo jg dok,mo nanya saya kog sering masuk angin kenapa y?
    Dok: bagaimana keluhan anda?
    Rafael: akhir2 ini sering pusing,kembung kyk msk angin gt dok
    Dok: apakah ada mual muntah?
    Rafael: kadang cuma mual sdkt tp gk muntah dok
    Dok: bagaimana dgn pola makan anda? apakah teratur? atau sering terlambat?
    Rafael: lmyn teratur dok,cuma sy agak kurangi porsi nasi aja biar perut gk buncit2 bgt
    Dok: apakah anda hobi makanan pedas atau asam? senang minum kopi?
    Rafael: gk suka pedas,kopi jg jarang
    Dok: apakah anda seorang perokok?
    Rafael: bukan
    Dok: apakah akhir2 ini anda istirahat tdk teratur/kurang tidur?
    Rafael: iya dok
    Dok: kemungkinan yg anda rasakan adl gejala maag. maag bs timbul krn pola makan tdk teratur, stres, kelelahan, atau makan makanan pedas/asam/kopi/merokok
    Dok: yg bs anda lakukan skrg adl tetap makan teratur, hindari pedas, asam, kopi, serta hindari stres
    Rafael: thanks dok
  • Posted November 26, 2012
    rasa mual - muntah umumnya diakibatkan oleh gangguan pada lambung, dimana lambung mengalami hiperreaksi terhadap asam lambung. Untuk mengatasinya atur pola makan anda menjadi lebih teratur, frekuensi ditingkatkan dengan memperhatikan porsi makanannya.
  • Posted November 29, 2012
    Dok: Selamat siang
    fadhil: kalau orang masuk angin kok susah BAB ya dok? dan sering bersendawa, solusinya bagimana?
    Dok: Keluhan ini sudah muncul sejak kapan?
    fadhil: sejak sering kerja di malam hari dan di lapangan terbuka dok
    Dok: Usahakan lambung selalu dalam keadaan terisi, makan sedikit tapi sering
    fadhil: Dok, badan saya kan sering dikerik tuh kalo lagi masuk angin, itu cara yg bagus dan efektif nggak sih dok sebenarnya?
    Dok: Pengerikan tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan iritasi kulit
  • Posted December 2, 2012
    Kondisi yang anda alami merupakan gangguan pada saluran cerna terutama lambung, disarankan apabila anda sering mengalami gangguan ini untuk melakukan pemeriksaan pada dokter anda.
  • Posted December 25, 2012
    Dok: hallo
    khamzawi: selamat siang dok,saya pria umur 30th..koq saya sering skali masuk angin ya dok.?kerokan itu bahaya pa ndak dok?mksih dkter
    Dok: tidak bahaya hanya untuk kulit menimbulkan iritasi akibat gesekan
    Dok: usahakan untuk pola hidup sehat.... diet yg baik diselingi dengan buah dan banyak minum air putih, olahraga dan istirahat yang cukup (tidur 6-8 jam sehari), tidak merokok dan tidak mnm alkohol... hindari stress