Dokter Umum » Discussions » Ingin hamil

  • Posted May 1, 2012
    Saya: saya sudah menikah 4 thn lebih,, tp belum hamil juga... udh periksa ke dokter kandungan,,
    Saya: selama saya nikah belum pernah kb,, pas kmrn coba2 minum kb pil ternyata fleknya ga brenti2 keluar.. apa saya gak cocok dengan pil kb?
    Dok: bisa jadi tidak cocok dengan pil kb yg diminum
    Saya: trus saya harus gmn dokter?
    Dok: Ibu mau pakai pil kb? tujuannya apa?
    Saya: katanya pil kb bisa u/ mancing kesuburan
    Dok: ibu dapat pil kb dari dokter kandungan?
    Saya: saya minumnya juga ga rutin tiap malem tp selang seling dok
    Saya: bukan,, tp beli dr apotek
    Saya: tp sudah konsul dengan bidan juga
    Dok: apa hasil pemeriksaan dokter kandungan selama ini? apa ada masalah?
    Saya: saya pernh periksa ke dr ono ( dr kandungan ) trus pernah juga di USG tp kandungan saya baik2 saja
    Dok: apakah pernah dilihat secara keseluruhan saluran reproduksinya?
    Saya: saya gak tau dokter,,cuma di periksa trus di usg udah itu di kasi obat penambah kesuburan.
    Dok: apa saya boleh memberikan saran?
    Saya: boleh dok
    Dok: saya sarankan untuk ke dokter kandungan lain, untuk diperiksa secara menyeluruh.. sebab mengambil langkah sendiri (minum pil kb) saya sangat tidak sarankan, karena salah2 malah bisa menghambat usaha ibu untuk hamil.. karena ditakutkan tidak tepat sasaran dan sesuai dengan permasalahannya..
    Dok: meskipun sudah konsultasi dengan bidan, namun saya sarankan diperiksa kembali dengan lebih lengkap
    Saya: mksh dokter sarannya,,,
    Dok: iya bu betty
    Saya: maaf dokter ap dokter punya kenalan dokter kandungan yg ada di bdg?
    Dok: karena domisili saya di jakarta, maka saya tak ada kenalan.. tapi saya mungkin bisa bantu cari info untuk dokter kandungan di bandung yang biasa menangani ibu yang ingin hamil
    Saya: iyaa dehh mksh ya dr Ana,,, mdh2an impian saya u/ jd ibu terwujud
    Dok: aamiin
    Dok: tetap semangat ya bu
    Saya: iya
  • Posted May 28, 2013
    Dr.: siang
    fifififififi: dokter
    Dr.: ya?
    fifififififi: saya mau tanya nih
    Dr.: silahkan
    fifififififi: usia pernikahan saya udah 2,5 tahun. tapi belum diberi momongan. boleh saya tanya caranya gmn ya dok
    Dr.: sudah coba sistem kalender?
    fifififififi: caranya dok?
    Dr.: masa subur itu 14 hari sebelum haid hari pertama
    Dr.: berhubungan badan 3 hari saat masa subur itu
    Dr.: misal haid tanggal 5 mei, siklus 28 hari. diperkirakan haid mendatang 2juni. jadi masa suburnya 19 mei. berhubungan saat 18-19 dan 20 mei
    fifififififi: saya period tgl 20 mei kmrn dok
    Dr.: berapa hari1 siklus?
    fifififififi: masa periodnyaya dok
    fifififififi: taggal 27 dh selesai
    fifififififi: 27mei dah selesai period
    Dr.: itu haidnya 7 hari. tapi dalam 1 siklus berapa hari?
    fifififififi: satu siklus itu gmn dok
    Dr.: haid ketemu haid berapa lama?
    fifififififi: maret tgl 27,april tgl 21, mei tgl 20
    fifififififi: gak menentu haidnya dok
    fifififififi: gmn dok?
    Dr.: sulit dihitung jika haid tidak teratur
    fifififififi: jd gmn dok
    Dr.: pakai siklus rata2
    fifififififi: caranya
    Dr.: selama 3 bulan siklus dijumlah, kemudian dibagi 3
    fifififififi: totalnya gmn dok
    fifififififi: maret taggal27, april 21, mei 20
    Dr.: 25 dan 29 hari
    fifififififi: trs gmn dok
    Dr.: baru 2 siklus
    Dr.: 1 lg belum
    fifififififi: loh
    Dr.: yg sebelum maret
    fifififififi: februari period di tgl 1 maret, bulan maret period di tgl 27 maret, bulan april period di tgl 21 april, bulan mei period di tgl 20 mei
    fifififififi: gmn dok
    Dr.: jadi kira2: 27 hari
    Dr.: terakhir 20 mei, jadi diperkirakan mendatang tanggal: 16 juni
    Dr.: masa subur diperkirakan: 2 juni
    Dr.: jika ingin dapat berhubungan tanggal: 1,2 dan 3 juni
    Dr.: 3 hari berturut2
    fifififififi: dok kl saya menggunakan betadine vaginal douche boleh ga dok
    Dr.: buat apa? itu kan pembersih
    fifififififi: gak perlu dipake itu dok
    fifififififi: ituloh dok yg dimasukin ke agina
    Dr.: iya, itu untuk membersihkan vagina
    fifififififi: vagina
    Dr.: apa ada keputihan?
    fifififififi: ya aku sih biar bersih aja, takut kl ada keputihanjd menyebabkan susah hamil
    fifififififi: selama ini aku pake lactacyd aja dok
    Dr.: boleh saja untuk bersih2
    fifififififi: ooo
    fifififififi: ga berbahaya itukan dok
    Dr.: gak, selama pemakaian sesuai aturan
    fifififififi: distu ada cara pemakaian, yg buat infeksi dan buat cuci
    Dr.: jika sehari2 yg cuci aja
    fifififififi: satu hari sekali aja ya dok
    Dr.: iya
    fifififififi: soalnya itu dimasukin divagina. takut jg saya
    fifififififi: makanya saya tanya ga ada efek apa2 kan
    Dr.: tidak apa, jika sesuai aturan
    fifififififi: terimakasih dok untuk infonya
    Dr.: sama-sama
  • Posted August 22, 2013
    Dr.: siang
    lina: bagaimana dok biar cepat hamil?
    Dr.: usia berapa?
  • Posted October 8, 2013
    widi: iya dok
    Dok: endometrium ialah lapisan rahim yg paling dalam
    widi: gjalanya seperti aoa ya dok
    widi: krna kalo saya browsing itu kayaknya saya kena deh dok
    Dok: endometrium merupakan nama bagian dari organ, bukan merupakan nama penyakit
    widi: oo
    widi: kok saya browsing itu penyakit
    widi: saya sudah menikah 4,5 thn blm punya keturunan
    Dok: penyakit yg menyerang endometrium misalnya kista atau tumor yg bertempat di endometrium
    Dok: apakah ibu sudah pernah konsultasi ke dokter ahli kandungan?
    widi: dan saya suka sakit perut bag bawah,keputihan dan sekitar bibir vagina suka gatal dok knap ya?
    widi: sudah dok
    widi: suami juga pernah cek sperma
    widi: kalo saya baru d usg dan via tranvaginal aja dok
    Dok: Lalu bagaimana hasil pemeriksaannya?
    Dok: menurut dokter apakah ada kelainan pd sperma suami ibu atau organ reproduksi ibu?
    widi: katanya smu sht dok
    widi: dan normal
    widi: yg sya bingung itu knap ya stelah saya menikah kalo mens saya sakit sekali pdhal sblm nikah menikah tidak pernah seperti itu
    Dok: kalau bgitu ibu dan suami tingal lebih memperbaiki pola hidup saja, misalnya dengan makan makan teratur dan bergizi, menghindari rokok-alkohol, olahraga teratur minimal 3X30 menit sminggu
    Dok: apakah sakit hanya hari pertama haid saja?
    widi: kadang dah men msh sakit dok
    widi: sktnya kayak d tusuk2
    Dok: memang normal ko' bu nyeri haid pd hari-1 dan 2, apa lagi ibu sudah melakukan pemeriksaan usg dan dinyatakan normal, brarti rahim ibu baik2 saja.
    widi: oo gitu dok tp kok sakit bgt ya dok...
    widi: dok kalo senggugut itu apa ya dok
    Dok: memang nyerinya bermacam2 bu ada yg biasa saja sampai yg nyeri sekali, bisa dikurangi dengan kompres air hangat pada perut
    Dok: Senggugut itu nama lain nyeri haid seperti yg ibu alami. Oya bu, ibu harus lebih rajin menjaga kebersihan vagina y supaya tidak gatal dan keputihan. Caranya cukup dengan mengganti celana dalam minimal 2X sehari dan membersihkan dengan air bersih lalu dilap sampai kering setelah BAK.
  • Posted July 16
    fina: dokter usia sy 34th ingin hamil kembali terakhir sy melahirkan th 2005, tapi sampai saat ini sy blm bisa hamil
    Dokter: sejak kapan anda lepas KB dan menginginkan hamil lagi?
    fina: sblmnya sy pake spiral kmudian pil sy sdh tdk minum pil 2th lalu dan kb pil hny 6bl saat itu
    Dokter: jadi sudah 2 tahun ini anda berencana hamil?
    fina: iya
    Dokter: bagaimana dengan riwayat haid anda, apakah teratur?
    fina: teratur tiap bulannya hny tglnya tidak sama beberapa bln terakhir ini tglnya maju terus mulai tgl 15,13,7,2
    Dokter: apakah anda sedang menderita penyakit lainnya?
    fina: tidak ada dok
    Dokter: sudah pernah periksa ke dokter mengenai masalah belum hamil ini?
    fina: sdh dokter bilang tdk ada masalah rahimnya siap utk dibuahi
    Dokter: kapan anda ke dokter?
    fina: 6bl yl
    Dokter: bagaimana dengan suami anda? apakah sudah memeriksakan diri juga?
    fina: suami memang blm memetiksakan diri dok
    Dokter: coba diperiksa dulu bu
    fina: baik dok, oya dokter sy mau tanya masa subur itu stlh haid brp hari y? dan yg dimaksud dg inseminasi itu apa dok?
    Dokter: masa subur tergantung panjangnya siklus haid
    Dokter: inseminasi buatan itu sperma diambil dan diproses, kemudian dimasukkan ke dalam vagina wanita
    fina: kisaran biayanya brp y dok utk inseminasi?
    Dokter: maaf, untuk harga saya kurang tahu bu. silahkan tanyakan di bagian administrasi masing-masing penyedia layanan
  • Posted August 4
    husnahusna: malam dok , dok saya ingin promil saya menikah sudah 8 bulan tetapi haid saya gak teratur selalu maju , yg saya ingin tahu kpn masa subur nya dok
    Dokter: siklus haid anda berapa hari?
    husnahusna: 6 hari
    Dokter: maksud saya, siklus haid (jarak dari hari pertama haid bulan lalu sampai dengan hari pertama haid bulan ini)
    husnahusna: bulan juli aq haid tgl 7 ,, sekarang bulan agustus haid nya tgl 1 ,,
    Dokter: apakah setiap bulan pasti maju 6 hari?
    husnahusna: gak tentu dok kadang maju 3/4 hari ,
    Dokter: kalau siklus haid anda tidak menentu, tidak dapat dipastikan kapan masa subur anda dengan perhitungan saja
    husnahusna: haid bisa tidak teratur itu kenapa ya dok
    Dokter: banyak sebabnya, paling sering karena ketidakseimbangan hormon
    husnahusna: kira2 dokter tau masa subur saya kapan , saya haid baru tgl 1 ini
    Dokter: seperti yang saya katakan sebelumnya, untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur tidak dapat ditentukan masa suburnya hanya dengan perhitungan biasa
    Dokter: anda harus mengeceknya ke dokter kandungan melalui usg atau melakukan pengukuran suhu basal
  • Posted September 25
    hendrik Mau tanya ama dokter, saya sdh nikah 2thn
    Tp blm ada tanda2 hamil dr istri
    
Dokter
istri anda haidnya teratur?
    
hendrik
Udh nikah 2thn tp blm ada tanda2 hamil dr istri
    
Dokter
anda melakukan hubungan seks secara teratur minimal 3 kali seminggu?
    
hendrik
Kadang2 ada terlambat jg dok
    1minggu kadang2 2ato1 kali dok
    
Dokter
haid istri anda tidak teratur?
    
hendrik
Iya dok. Kadang2
    
Dtg nya kadang2 terlambat dok
    
Dokter
baiklah. coba makan makanan bergizi, tinggi protein. olahraga rutin. kemudian tingkatkan frekuensi hubungan seksual anda samapi tiga kali seminggu.
    
setelah 1 bulan dievaluasi kalau tidak ada hasil mungkin harus ke dokter kandungan biar istri anda di usg.
    apakah ada kelainan tidak di indung telurnya. atau pada rahimnya.