Dokter Umum » Discussions » Kapan waktu olahraga yang baik?

  • Posted May 1, 2012
    Saya: maaf jika mengganggu,, saya hanya sedang cari2 info soal kesehatan & olahraga ^^
    Dok: baik
    Saya: kalau boleh tanya,, kapan waktu yg baik (jam berapa saja) untuk berolahraga yg tepat bagi kesehatan tubuh ? :D
    Dok: sebenarnya jam berapa pun baik asal bukan pada jamtidur malam
    Dok: namun bila ingin menurunkan berat badan, yang paling baik adalah pagi hari
    Saya: bukan masalah berat badan sih dok,, tapi cuma untuk memantapkan wktu latihan saja.. :D
    Saya: lihat2 di info katanya latihan di siang hari kurang baik ya?
    Dok: kapan biasanya anda berolahraga?
    Dok: waktu kapanpun baik, asal anda tidak sedang kelelahan
    Dok: selain itu anda baru boleh berolahraga 2-3 jam setelah makan
    Saya: ya seperti biasa,, menyempatkan joging atau sepedaan sebelum berangkat sekolah
    Dok: karena pada saat berolahraga, peredaran darah difokuskan pada otot-otot tubuh yang sedang dilatih. sehingga aliran darah ke saluran pencernaan berkurang
    Dok: akibatnya pencernaan kurang lancar dan bisa nyeri perut
    Dok: baik. berolahraga pagi hari pun baik. namun, baru dianggap olahraga bila anda melakukannya secara terus menerus selama minimal 30 menit
    Saya: pulang sekolah saya sore, & saya juga kelelahan sehabis pulang sekolah, lebih baik waktu itu saya gunakan untuk istirahat saja atau bersepeda?
    Dok: anda boleh beristirahat dahulu sebelumnya. bila sudah kuat, anda boleh berolahraga lagi
    Dok: intinnya jangan sampai olahraga itu sendiri membuat kelelahan berlebihan hingga sakit
    Saya: oh ya dok,, saya juga sering ngelembur kalo lagi bikin tugas sekolah ,, apa itu baik ya?
    Dok: begadang maksudnya?
    Dok: jam berapa sampai berapa?
    Saya: iya, hehe
    Saya: biasanya sih sampai jam 11, tapi kalo tugas nya bener2 banyak sih bisa sampai lbih dr jam itu
    Dok: begadang itu pastinya tidak baik untuk tubuh karena pada waktu tidur sebenarnya tubuh kita memperbaiki sel-selnya rusak. sehingga bila kita begadang maka kita menghalangi proses ini
    Dok: selain itu mengganggu hormon kita sehingga mengakibatkan banyak hal lain. belum lagi kelelahan yang menumpuk
    Dok: apakah tidak bisa dicicil? atau dikerjakan lebih dahulu?
    Dok: berapa jam sehari anda tidur?
    Saya: iya bisa sih. sy sedang brusaha membagi waktu dg baik
    Saya: kalau gitu saya pakai sistem kebut pagi saja lah :D kalau bangun pagi yg bagus jam berapa ya?
    Dok: biasanya mulai mengerjakan jam berapa?
    Dok: kalau masih sampai jam 11, saya rasa masih tidak apa-apa. yang penting anda tidur malam minimal 6 jam sehari
    Saya: ooh, minimal nya 6 jam ya.. bangun pagi yang baik jam berapa dok?
    Dok: jam 5 pagi juga boleh :)
    Saya: wah,, kalau lbih pagi gimana? sperti jam 3 atau setengah 4? baik gak tuh?
    Dok: kurang baik
    Dok: itu adalah saat di mana aktivitas tidur tidak boleh diganggu
    Dok: jadi sebisa mungkin dihindari
    Saya: yaah,, minimal jam 5 atau lebih pagi lagi boleh?
    Dok: diusahakan jam 5. jadi bila anda tidur jam 11 dan bangun jam 5, total tidur 6 jam
    Dok: bila perlu sekali, di atas jam 4
    Saya: ooh,, kalau tidur nya 9 an,, apa tetap lbih baik jam 5 untuk bangun?
    Dok: lebih baik jam 5
    Saya: oke lah dok, jd kesimpulannya olahraga kapan saja baik asal tdk terlalu kelelahan, lebih baik lagi stelah makan. juga jangan tidur malam2 & min tidur 6 jam sehari. begitu kan dok? :D
    Dok: jang segera setelah makan. bila sudah makan maka baru boleh berolahraga 2-3 jam setelahnya
    Dok: kesimpulan lainnya benar
    Saya: oh, haha.. kalau gitu tidur (malam) yang tepat jam berapa dok?
    Dok: sebaiknya jam 9 malam
  • Posted June 29, 2012
    heyyyy Allaaammmm..semangat yaaa..
    kalo mau olahraga kaya yang kamu pinginin itu yaa, niatnya musti tinggi banget tuh..hehehehehe..
    kayanya kamu obses mau ngebentuk body gitu yaa..but it's oke lhoo..pilihan-pilihan aktivitasnya uda tepat banget..
    dari sepeda-jogging.. uda oke banget ituuuu =P

    tapi saking obsesnya,jangan ampe kelebihan sampe musti bnagun jam 3 subuh dll..gak perlu terlalu lama ko..misal bangun jam6, lalu lari, udah oke tuh..soalnya kalo terlalu pagi juga ga terlalu bagus buat pernafasan lhooo anginnya..nanti malah paru-paru basah :S

    nahhhh..kalo kemaleman juga ga bagus..karena kalo kecapean kemaleman karna olahraga, dijamin badan bukannya jadi bisa langsung tidur, tapi malah terjaga..
    wahhh..bisa malah jadi berantakan tuh polanya,,yang penting teratur aja :) suksesssss lhoooo body buldernya :)
  • Posted April 26, 2013
    danny: begini dok, olah raga apa yg paling cocok buat sy yh krn waktu kerja sy yg boleh terbilang panjang
    Dok: apa saja yg sempat anda lakukan. naik turun tangga daripada menggunakan lift jg termasuk olahraga, juga jalan kaki ke tempat2 yg dekat