Acne » Discussions » Muka berjerawat

  • Posted October 25, 2012
    Dok: halo
    lian: met siang dok
    Dok: siang
    lian: saya punya masalah dengan jerawat di muka saya dok
    lian: tolong dokter beri tahu saya,obat apa yg dapat menyembuhkan saya dari jerawat2 di wajah saya,dok
    Dok: ya
    Dok: maaf saya tidak bisa meresepkan obat disini
    Dok: yang penting mulai dari perawatan sehari2
    Dok: tidak lupa mencuci muka setiap keluar rumah
    Dok: selanjutnya bila bermasalah dengan jerawat terapi akan tergantung dari pemeriksaan langsung dokter kulit
  • Posted October 29, 2012
    daiisy desy tiiaa: dok, muka saya kenapa yaa, tiba" sebulan yang lalu timbul yang namanyaa jerawat penuh dimukaa . gak ada yang gak ditumbuhin jerawat padahal sebelumnyaa saya gak pernah jerawatan sama sekali . palingan saat ingin dapet dan itu juga hanya satu n waktunya paling lama juga 4 hari setelah itu kempes n ilang sendiri tapi kenapa sekarang muka saya penuh dengan jerawat . sampe jerawat batu, bintik" yang dalemnya keluar nasinya sampe jerawatt yang ada nanahnya . padahal saya gak pernah ngebiarin muka berminyak sedikitt . itu karena apa yaa dok ? apa saya salah makan ? dan cara nguranginnya gimana dok ? saya benar" minder karena wajah saya yang sekarang dok ..
    Dok: usianya pada saat ini berapa?
    Dok: apakah ada perubahan pada pola makan?
    daiisy desy tiiaa: tidak ada dok .
    daiisy desy tiiaa: saya memang suka pada pedas
    daiisy desy tiiaa: saya suka banget sama pedas ..
    daiisy desy tiiaa: usia saya 20 tahun .
    Dok: apakah anda rajin cuci muka?
    Dok: selain makanan yang pedas, apakah anda banyak makan makanan yang mengandung minyak?
    Dok: atau coklat?
    Dok: pada saat ini berat dan tinggi anda berapa?
    daiisy desy tiiaa: coklat jarang dok . saya sering cuci muka, keluar minyak sedikit cuci mukaa ..
    daiisy desy tiiaa: berat saya 46 dan tinggi 160
    daiisy desy tiiaa: saya kurang suka makan makanan yang berminyak dok seperti kacang atau gorengan, itu jarang saya makan ..
    Dok: sebaiknya untuk kasus jerawat bernanah periksakan langsung ke dokter kulit
    Dok: jika jerawat sampai bernanah kemungkinan sudah ada infeksi sekunder
    daiisy desy tiiaa: sudah dok, tapi gak ada perubahan sama sekali . masih sama ..
    daiisy desy tiiaa: tapi makanan yang harus dihindari agar engga terjadi jerawat batu apa ya dok ?
    Dok: terutama mknn dengan kadar lemak tinggi
    daiisy desy tiiaa: lalu cara membersihkannya bagaimana dok ?
    Dok: jika sedang berjerawat hindari memegang jerawat karena akan memperberat proses radang
    Dok: dan memungkinkan terjadinya infeksi
    daiisy desy tiiaa: lalu mengurangi rasa gatalnya bagaimana dok ?
    Dok: anda bisa mengkonsumsi obat antihistamin untuk mengurangi gatal
    daiisy desy tiiaa: cara membersihkan seperti biasanya dok ?
    Dok: idealnya membersihkan muka dengan sabun cukup 2kali sehari. karena dalam keadaan normal pun kulit muka butuh minyak.
    Dok: selebihnya cukup dengan air saja
    daiisy desy tiiaa: oh, lalu kalau memberikan alkohol antiseptik bagus dok ?
    Dok: untuk apa?
    Dok: sebaiknya pemberian obat2an harus dibawah petunjuk dokter ya
    daiisy desy tiiaa: oh, iya dok ..
    Dok: alkohol diberikan hanya bila ada indikasi khusus
    Dok: pemakaian obat jika tidak sesuai dengan kondisi kulit anda justru akan memperberat kondisi kulit.
  • Posted October 29, 2012
    Dok: halo
    Goli: Goli
    Goli: dok saya ingin bertanya, bagaimana cara mengatasi jerawat?
    Goli: saya sudah mencoba berbagai jenis obat tapi jerawat saya tidak kunjung hilang
    Dok: yang pertama kali diperhatikan adalah kebersihan muka, hindari menyentuh atau memegang jerawat karena akan memperberat kondisi jerawat dan memungkinkan terjadinya infeksi
    Dok: jerawat bisa timbul karena efek hormonal tubuh
    Dok: atau kondisi2 tertentu yang membuat muka rentan menderita jerawat
    Goli: haid saya tidak teratur dok, apakah itu berpengaruh?
    Dok: ada kemungkinan
    Goli: ada referensi obat untuk menghilangkan jerawat tidak dok?
    Dok: maaf saya tidak bisa meresepkan obat disini
    Goli: Iya dok tidak apa" :)
    Dok: sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter kulit, karena perawatannya tergantung dari keadaan jerawat
    Dok: harus disesuaikan dengan tipe dan jenis kulit
    Goli: ada makanan atau minuman yg bisa memparah jerawat saya tidak dok?
    Dok: makanan tinggi lemak, pedas
    Goli: Dok, haid saya tidak teratur apa itu berpengaruh pada alat reproduksi saya???
    Goli: apakah saya sulit mempunyai anak?
    Dok: maaf sebelumnya... anda sudah menikah?
    Dok: usia?
    Goli: saya belum menikah, usia 22 tahun
    Dok: penyebab mens tidak teratur pada wanita yang belum menikah bisa juga dipengaruhi kondisi psikis
    Dok: jadi kalau mens anda tidak teratur belum tentu ada masalah dengan organ reproduksi anda dan belum tentu mempengaruhi sulit keturunan
    Dok: perlu pemeriksaan lebih lanjut
  • Posted November 30, 2012
    barbara christina tirtawirya: sore dok.. saya mau tanya.. di wajah saya terdapat seperti jerawat warna merah lumayan menganggu penampilan saya.. saya mau tanya di hilangkan melalui cara apa yang baik ya?
    Dok: apakah besar? sakit?
    barbara christina tirtawirya: agak besar.. terkadang terasa cenut " ..sejak saya smp kelas 1 sekarang saya kelas 2 smk tapi belum hilang
    Dok: posisinya dmn? apakah membesar? apakah pernah mengecil/hilang lalu timbul lagi?
    Dok: apakah mudah berdarah?
    barbara christina tirtawirya: di pipi kiri dekat hidung ..tidak berdarah.. belum hilang dok..
    Dok: apakah sudah pernah berobat ke dokter?
    barbara christina tirtawirya: belum dok.. saya takut nanti wajah saya kenapa" ..
    Dok: justru jika anda sudah lama mengalaminya, sebaiknya konsultasikan ke dokter, apakah jerawat ini jg ada di bagian tubuh lainnya?
    barbara christina tirtawirya: belum dok.. apakah itu daging numbuh? soalnya lebih besar dr jerawat biasanya.. biasanya kalau jerawat kan kecil
    barbara christina tirtawirya: tidak ada hanya ada satu di pipi saja
    Dok: apakah di tengah jerawat tsb ada titik/puncaknya?
    barbara christina tirtawirya: tidak ada dok.. kira kira harus di laser atau ada yang buat menghilangkan nya?
    Dok: sebaiknya anda konsultasi ke dokter spesialis kulit, krn hal ini sudah lama berlangsung. jika memang perlu tindakan khusus, akan dilakukan oleh dokter kulit
    barbara christina tirtawirya: thanks yaa dok.
  • Posted November 30, 2012
    nopriyanto: mw nanya dok ...pembersih wajah yg cocok buat wajah berjerawt apa.a?
    Dok: tergantung jenis wajah anda. jika brminyak, maka pilihlah utk kulit berminyak. sebaiknya pilih yg bahan2nya tdk akan menimbulkan iritasi atau alergi bagi wajah anda (akan memperparah jerawat)
    nopriyanto: wajah ku berminyak dan. sering timbul jerawat...kira2 apa yg cocok buat wajahku dok? bsa kash tw dok obtnyax
    Dok: saya tdk bs memberikan resep di sini. utk menyembuhkan jerawat, sebaiknya anda menghindari stres dan kelelahan, perbanyak makan sayur dan buah, lalu rajin membersihkan wajah terutama waktu tidur
    Dok: atau anda bisa konsultasi ke dokter spesialis kulit
    Dok: nanti akan diberikan obat yg sesuai dgn jenis kulit dan jerawat anda
    nopriyanto: oohh, makasih dok info.a )
  • Posted November 30, 2012
    cenny: dok, saya mau tanya, bagaimana cara menghilangkan jerawat yang bernanah?
    Dok: di bagian mana?
    cenny: pipi
    Dok: pertama, anda bersihkan nanahnya. jangan dipencet. kemudian bisa dikompres dgn kain yg dibasuh air dingin atau es batu yg dibungkus kain agar radang berkurang.
    Dok: jika jerawat masih besar beberapa hari setelahnya, sebaiknya segera ke dokter agar mendapatkan obat yg sesuai dgn jenis kulit anda dan jenis jerawatnya
    cenny: kalau tidak boleh dipencet, terus bersihkan nanahnya pake apa dok?
    Dok: bisa dengan tissue/kapas yg sudah dibasahi air hangat
    cenny: o iyya, mksh dok atas solusinya.
  • Posted December 11, 2012
    Dok: hallo
    Anggie: Dokter saya mau tanya seputar wajah.....
    Dok: silahkan
    Anggie: wajah saya kan berminyak bgt.....untuk mengurangi kadar minyak nya gmn ya Dok
    Anggie: udh gitu berjerawat Dok.....bekasnya meningglkn lubang2......karna saya sering mengutak atik nya Dok......
    Dok: pada dasarnya memang jenis kulit anda adalah kulit berminyak..
    Anggie: saya ingin mnghilangkn bekas lubang2 nya itu Dok.....apa gk ada cara lain selain operasi Dok.....sebelumnya tetima ksh dan minta maaf bila pertanyaan saya trlalu pnjg Dok
    Anggie: untuk menguranginya gmn ya Dokter
    Dok: jerawat timbul bisa disebabkan tidak bersihnya kulit, ataupun kita suka memegang muka dengan tangan yang tidak bersih sehingga terjadi sumbatan di kelenjar minyak wajah.
    Dok: jerawat yang dikeluarkan paksa (dipencet) biasanya akan membekas meninggalkan bolongan pada kulit (pori2 membesar).
    Dok: karena pori-pori kulit tidak menutup kembali
    Anggie: trus Dokter bekas jerawat nya kan sampek berlubang2.....adakh cara lain selain operasi Dokter
    Anggie: jujur Dokter kdg saya malu
    Dok: sudah di konsultasikan langsung kedokter?
    Anggie: blm Dokter karena saya sendiri skrg lg di LN
    Dok: nanti saat anda pulang anda bisa langsung memeriksakan ke dokter, agar terapi disesuaikan dengan kondisi kulit anda.
    Anggie: mmmm Dokter seandainya operasi.....kira2 berapakh biayanya Dok
    Anggie: jd gk ada untuk pencegahan sementr Dokter
    Dok: tergantung rumah sakit, bisa ditanyakan langsung.
    Anggie: oh begitu Dokter ya......ya udh terima ksh Dokter untuk infonya......
    Dok: konsultasi langsung dengan dokter kulit ya
    Anggie: iya Dokter. ...psti......sekali lg terima ksh Dokter
    Dok: sama- sama
  • Posted December 11, 2012
    Dok: sore
    samantha: obat jerawat yg ampuh apa ya?
    Dok: tergantung kondisi kulit anda dan perawatan sehari2
    samantha: obat jerawat yg ampuh apa ya dok?
    samantha: kulit sy cenderung berminyak
    Dok: : tergantung kondisi kulit anda dan perawatan sehari2
    samantha: kalo kulit sy cenderung berminyak dok? bagaimana?
    samantha: u/ perawatan muka sehari2 sy bersihkan tiap pagi dan sore hari
    Dok: dengan sabun lembut ya
    samantha: iya dok..
    Dok: hindari penggunaan makeup berlebihan krn juga akan mengahambat pori2 wajah
    Dok: konsumsi banyak sayur dan buah, minum air putih minimal 2L sehari
    samantha: udah dok, malah tiap hr sy ga pernah pake makeup..
    Dok: selanjutnya untuk perawatan khusus saya sarankan langsung konsultasi ke dokter kulit atau dokter kecantikan
    Dok: agar disesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit anda
    samantha: baik, lalu obat jerawatnya apa dok?
    Dok: obat jerawat harus dengan konsultasi dokter
  • Ina
    Posted December 25, 2012
    Dok: hallo
    ina: akhir2 ini saya sering berjerawat,apa ada solusi agar kulit wajah saya bagus?
    ina: hallo jg dokter
    Dok: jaga kebersihan kulit anda, cuci 3-4 kali sehari gunakan sabun yg sesuai dengan kulit anda...
    ina: itu sudah saya lakukan dokter
    Dok: jika berjerawat, hindari mengeluarkan paksa isi jerawat karena akan meninggalkan bekas hitam di wajah anda
    ina: bahkan saya juga mengkonsumsi vit
    Dok: vitamin bagus untuk kulit
    Dok: jika masalah nada masih sanagt mengganggu, segera periksakan masalah anda ke dokter kulit... untuk mendapatkan penanganan sesuai kondisi anda
    ina: iyaa
    Dok: ya
    ina: apa tidak ada solusi lainnya agar terhindar dan wajah bersih dei jerawat?
    Dok: gunakan pelindung kulit saat keluar, hindari paparan langsung dr matahari dan debu
  • Posted December 26, 2012
    ronald: aku mau bertanya cara menghilangkan jerawat
    Dok: Berapa umur anda?
    ronald: 14 tahun
    Dok: Sejak kapan keluhan jerawat dirasakan?
    ronald: sejak umur 12 tahun
    Dok: Apakah keluhan tersebut menetap atau hilang timbul?
    ronald: hilang timbul
    Dok: Apa kondisi yang menyebabkan timbulnya jerawat?
    ronald: berminyak
    Dok: Apakah ada lokasi lain tempat munculnya jerawat?