Acne » Discussions » Kulit berjerawat

  • Posted October 7, 2012
    Dr. Anna: slmt malam
    agus vanisa: boleh minta saran ngk tentang penyakit kulit...
    Dr. Anna: silakan
    agus vanisa: saya cowok...wajah saya berjerawat udah semua obat telah ku coba ...dari harga murah sampai harga mahal tapi ngak ada hasilnya...kulit saya berminyak...kerja sering di lapangan pasti banyak keringat yg keluar,,,gimna solusinya mohon bantuanyas...
    Dr. Anna: brp usia anda?
    agus vanisa: usia 28 tahun
    Dr. Anna: yg penting adalah menjaga kbersihan wajah.
    Dr. Anna: slalu mencuci wajah dg sabun muka yg ssuai dg rutin;hindari memegang wajah dg tangan atau memencet jerawat. Hindari pemakaian kosmetik sblm tidur
    agus vanisa: udahlah wajah saya selalu bersih walaupun kerja dilapangan....tpi kenapa selalu ada jerawat yg muncul di muka saya udah aku stop makanan yg berlemak....sabun apa dokter
    Dr. Anna: sabun khusus utk kulit berminyak; usakahan yg tdk mengand alkohol.
    agus vanisa: semua sabun cuci muka anti jerawat udh pernah ku coba semua tapi ngak ada hasilnya....kalau obat saran dokter obat apa?...
    Dr. Anna: utk kulit yg berminyak; memang ada bbgai faktor sperti genetik, hormon, makanan, cuaca dll.
    Dr. Anna: hindari makanan berlemak dan cepat saji.
    Dr. Anna: seperti gorengan, coklat, keju dll.
    Dr. Anna: gunakan produk yg non komedogenik.
    agus vanisa: dokter ...kalu obat dalam yg kusus untuk menghilangkan jerawat ada ngak za...kasih contoh nama obatnya donk
    Dr. Anna: sbaiknya anda periksa ke dokter kulit; obat diberikan stlh kulit anda diperiksa dlu sblmny
    Dr. Anna: dan mungkin saja akan dilakukan tindakan khusus sblmnya.
    agus vanisa: aduhhhh...udah berulang kali dokter periksa kulit...katanya pakek obat ini obat itu...tapi belum ada hasilnya ....kalau saran dokter gimana disini dokter kulit belum canggih....
    Dr. Anna: memang utk masalah kulit, dibutuhkn ksabaran krn hasilnya tdk instan.
    Dr. Anna: saran saya, anda cuci muka dg sabun bayi min 3 kali.
    Dr. Anna: lindungi wajah anda ktika bkerja. Dan lakukan hal2 yg tadi saya sebutkan.
  • Ova
    Posted October 15, 2012
    ova: saya mau konsultasi tentang masalah kecantikan
    Dok: silahkan
    ova: dok.....
    ova: muka saya penuhh dengan jerawatan...
    ova: saya sudah coba berobat ke dokter kulit...
    ova: namun setelah saya berobat ke dokter kulit....
    ova: jerawat sya sembuh...tapi setelah obatnya habiss jerawat saya muncul lagi
    ova: itu kira-kira gimana ya dok..?
    Dok: selain obat, anda harus menjaga kulit wajah tetap bersih
    Dok: cuci muka sehari 3x
    Dok: jangan menggunakan produk yang mengandung minyak
    Dok: gunakan produk yang noncomedogenik
    Dok: pola makan juga hrs dirubah
    ova: oo...begitu dok ya....
    Dok: hindari makan goreng2an, coklat
    Dok: makanan yang banyak mengandung lemak
    ova: sya menggunakan produkk wardah....
    ova: kira-kira itu bagus gak ya?
    Dok: maaf, saya tidak familiar dengan produk tersebut
    ova: ooo.....
    ova: dok....
    ova: saya juga punya tanda lahirr di wajah dekat dagu....
    ova: kira-kira itu bisa dihilangkan tidak ya/
    Dok: bisa dihilangkan dengan laser
    ova: o....
    ova: kalau dengann obat tidakk bisa ya..?
    Dok: tidak bisa dengan obat saja
    ova: trus dok temann saya juga punya masalah dengan jerawatnya....
    ova: dulu di mukanya penuh dengan jerawat...tapi akhir-akhir ini jerawat di mukanya hilang...dan mulai tumbuhh k bagiann punggungnya...
    ova: itu kira-kira penyebabnya apa ea?
    Dok: bila sampai ke punggung biasanya adalah masalah hormonal
    ova: oo.....
    ova: kira-kira kelebihann hormon apa itu dok..
    ova: dan sembuhnya kapann?
    Dok: biasanya hormon androgen, estrogen
    Dok: dengan pola hidup yang baik, dan seiring dengan bertambahnya usia
    ova: jd harus menghindari makanan yg bagaimana dok?
    Dok: pola makan yang bergizi
    Dok: hindari makanan yang banyak mengandung minuyak, lemak
    Dok: coklat
    ova: apakahh itu ada penyebabnya dengan faktor keturunan?
    Dok: salah satu penyebabnya adalah faktor keturunan
    ova: ok dok
    ova: terima ksiihh atass masukannya...
    Dok: sama sama
  • Posted October 17, 2012
    lily: ak mau nnya ne msalah muka,klau jerawat sering nimbul ini cara ngatasi nya qmna??
    Dok: sebaiknya rajin cuci muka min 2x/hari, terutama jika habis bepergian, hindari menggunakan kosmetik tebal2 atau terlalu lama (max 4 jam), hindari makanan2 berminyak, pedas, dan mengandung coklat. hindari stres
    lily: kalau noda bekas jerawat itu,bsa hlang gak dok,trs gmna bsa hlang bekas nya?
    Dok: bisa, tapi lama
    Dok: utk cara cepatnya, silakan konsultasi ke dokter kulit utk mndpt obat yang sesuai
    lily: thankyou ya dok atas saran nya
  • Posted October 17, 2012
    wawan: aku mau konsul, usia aku 21 th, ada sedikit masalah dengan kulit wajah saya , (jerawat) hehe ..
    wawan: maaf ya dok, kenapa di saat saya mimpi basah, jerawat saya tumbuh lagi ya ?
    Dok: pada laki2, hormon yg mencegah timbulnya jerawat jumlahnya memang lebih sedikit drpd perempuan (yaitu hormon estrogen), shg kulit laki2 biasanya lbh kasar, berminyak, dan mudah berjerawat. hal ini tdk ada hubungannya dgn mimpi basah.
    wawan: ummmhh gitu ya. cara alami untuk mencegah kulit berminyak, bagaimana ya dok ?
    Dok: tdk bs mencegah, tapi bisa mengurangi minyaknya saja. kalau kulit sedang berminyak, boleh diserap minyaknya dgn kertas minyak khusus wajah (banyak dijual), bs jg dgn mengurangi makanan berminyak, kacang2an, dan pedas2
    wawan: nah , yang sulit ngurangi makan pedes dok, padahal saya ada Magh di lambung saya, klw minum kopi aja saya suka mual, pngen muntah gituu :( sedih
    Dok: sebaiknya dikurangi
    wawan: yang berhubungan dengan Makanan berminyak dan pedes sangat mempengaruhi ya dok ?
    Dok: makanan berminyak akan meningkatkan produksi minyak dalam tubuh termasuk di kulit. makanan pedas biasanya akan membuat berkeringat dan keringat akan menutup pori2 mjd jerawat
    wawan: saya gampang banget berkeringat dok,
  • Posted October 19, 2012
    fira: bgini dok sya bingung hrs pke ap lg.wajah sya berjerawat parah.smp skrg blm hilang"
    fira: ap y obt ny dok??
    Dok: banyak penyebab jerawat
    Dok: bisa krn stres, sering terkena kotoran, jg krn hormon
  • Posted October 22, 2012
    ravael: dok mau naya kok muka sy serawat saya nga bisa sembu2...
    ravael: jerawat
    Dok: berapa usia anda?
    ravael: 22 tahun
    Dok: usia 22 memang hormon masih sangat aktif
    Dok: sebaiknya anda mencuci muka 3-4 kali sehari
    Dok: dan menghindari makan makanan berminyak dan berlemak
    Dok: serta hindari menggunakan make up
    ravael: makasi dok
  • ITA
    Posted October 24, 2012
    ITA: penyebab terjadi nya jerawat kenapa ya dok>
    Dok: jerawat terjadi karena adanya penyumbatan pori2 yang disebabkan oleh karena kotoran
    ITA: soalnya dulu saya tidak jerawatan muka saya trus tiba2 sekrang jerawatan dok
    ITA: ada tidak cara dan obat yg menghilangkan jerawat
    Dok: yang penting adalah menjaga agar wajah selalu bersih
    ITA: tiap malam saya selalu cuci muka dok
    Dok: cuci muka sehari 3x
    ITA: tapi knp da jrawat
    Dok: hindari produk yang mengandung minyak
    Dok: gunakan produk yang oil free
    Dok: dan non comedogenik
    Dok: produk di sini termasuk produk untuk rambut
    ITA: cotoh nama produk buat jerawat pa ya dook
    Dok: maaf, saya tidak dapat menyebutkan nama produk
    ITA: saya sudah sempat konsul kedokter kulit trus dikash cream siang malam
    ITA: tapi kl saya tidak pakai jerawatnya timbul lagi
    ITA: berarti
    ITA: saya ketergantungan dok
    ITA: mksdu saya ada ga cream jerawat yg tidak ketergantungan
    Dok: memang harus digunakan terus menerus
    Dok: yang penting adalah menjaga kebersihan wajah
    Dok: dan kurangi makanan yang banyak mengandung minyak, lemak
    Dok: coklat, gorengan
    ITA: dok ga ada ya obat yg tidak ketergantungan
    Dok: bila anda menjaga kebersihan wajah dan menjaga pola makan anda maka pengobatan tidak akan terlalu bergantung pada obat2an
    ITA: dok obat alami ada ga untuk menghilangkan bekas jerawat
    Dok: untuk pengobatan tradisional itu diluar kompetensi saya sebagai dokter
    ITA: OO
    ITA: MAKASAIH ya dok
    ITA: saya mw tanya lagi dok
    ITA: klw masalah psang behel di ahli gigi
    ITA: berbahaya ga dok/
    ITA: adaefek ga
    Dok: sama2
    ITA: kl pasang behel di ahli gigi bukan didokter gigi
    Dok: utk pasang behel sebaiknya di dokter gigi, tepatnya di spesialis orthodentist
    Dok: krn spesialis itu sudah belajar mengenai pengaturan bentuk gigi2 dan rahangnya selama beberapa tahun sebelumnya di institusi kedokteran gigi
  • Posted October 25, 2012
    tina: dok mau tanya nc msalah jerawat
  • Posted October 29, 2012
    liana: saya mau nanya dokter cara ilangkan jerawat gmana ya
    Dok: di bagian mana?
    liana: wajah dokter
    Dok: yg bisa anda lakukan adl menjaga kebersihannya, mencuci muka min 2x/hari, terutama saat baru pulang ke rumah. jangan gunakan make up atau alat pembersih wajah yg mengiritasi
    liana: ada egk masker alami yang bisa ilangkan jerawat tuch
    liana: klw tuch jenis kulit agak berminyak bagusan pakai bedak padat merck apa ya dokter ya bagus'y.
    Dok: utk masker, boleh gunakan madu alami, atau bengkoang yg dihaluskan
    Dok: utk kulit berminyak sebaiknya bedak tabur
    liana: bedak tabur yg gmana dokter
    Dok: bedak yg berupa bubuk, tdk padat
    liana: di apotik ada juga bedak tabur gitu dong
    Dok: ada
    liana: maksud'y di apotik ada jual bedak tabur gitu dokter, klw ada bilang'y gmana dokter bedak tabur gitu aja ya
    Dok: ada bedak tabur yg dijual di apotek, supermarket, dan toko2 lainnya, tinggal anda bilang bedak tabur utk wajah. sebaiknya sesuaikan dgn jenis kulit anda, jangan sampai alergi
    liana: ok makasi dokter,
  • ida
    Posted November 6, 2012
    ida: dok, ni wajah saya kan dlu asalnya g berjerawat... stelah saya sering naik mtor dan kena wajah saya jadi rusak
    ida: kemarin saya sempat berobat ke dokter, dikasih obat... ti geh hasilnya sama saja
    ida: mungkin ada saran saya sebaiknya pake produk apa?
    Dok: apakah anda berobat ke dokter spesialis kulit?
    ida: iya dok
    ida: dikasih obat penghilang jerawat dan ts sensitif serta krim malam
    Dok: apakah berobatnya sudah lama?
    ida: sudah 1 tahun yang lalu
    ida: karena obatnya hargane mahal jadi sya hentikan
    Dok: jerawat saat ini sudah termasuk penyakit kronis. maksudnya, utk pengobatannya tdk bisa hanya 1-2 bulan saja. kadang ada jenis jerawat yg muncul dipengaruhi faktor keturunan, ketdkstabilan hormon, dll.
    ida: trus untuk sya gimana solusinya dok?
    Dok: penyebab jerawat yg paling sering adl krn kotoran byk terjebak dalam pori2. jd anda hrs sering membersihkan wajah (min 2x/hari) terutama setelah kembali dari luar. utk makanan sebenarnya tdk ada pantangan, tapi utk mempercepat penyembuhan, bisa hindari makanan berminyak dan pedas. begitu pula utk kosmetik, sebaiknya gunakan yg tdk terlalu tebal dan tdk mengiritasi wajah
    Dok: obat2an dari dokter kulit biasanya mahal krn dibuat khusus sesuai jenis wajah anda, seperti sabun pencuci wajah, alas bedak, dll, dibuat yg seminimal mungkin menyebabkan iritasi pd wajah. jd saya sarankan teruskan saja pengobatan dokter kulitnya. tapi mengenai biaya saya tdk bs komentar, itu adl pilihan anda
    ida: kalo pake produk seperti pond's apa tambah berbahaya dok?
    Dok: selama produknya bukan resep dokter, saya tdk bs berkomentar, krn banyak produk2 yg dijual di pasaran dan bahan pembuatnya jg beda2, efeknya pun tergantung dari pemakai.
    Dok: jika anda ingin tahu aman/tdk, anda bisa konsultasi ke dokter kulit anda
    ida: ok dok, terima kasih