Acne » Discussions » Kulit berjerawat

  • Posted February 21, 2013
    indy: saya memiliki kulit yg mudah brjerawat solusinya gimana ya dok?
    Dok: usia anda berapa?
    indy: 24 tahun dok
    Dok: yang penting dilakukan adalah menjaga agar kulit wajah tetap bersih
    Dok: cuci muka sehari minimal 3x
    Dok: gunakan produk yang oil free dan non comedogenic
    Dok: hindari makan makanan yang banyak mengandung lemak, minyak, coklat
  • Posted February 22, 2013
    Tamara: tiba2 banyak jerawat di wajah saya
    Tamara: saya pernah memakai cream tetapi jerawat muncul setelah saya mens
    Dok: sejak kapan munculnya?
    Tamara: Saya bingung gimana cara ngehilangin.nya Karna Banyak sekali ... dan munculnya 2 minggu yang lalu
    Dok: jerawat bs timbul krn ada pengaruh hormon, stres, atau keturunan. jg bisa jika kurang kebersihan pada kulit
    Dok: jika muncul tiba2 banyak saat akan mens dan menghilang begitu mens selesai, maka anda tdk perlu khawatier
    Tamara: Iya Mungkin saya karna jarang cuci muka Mau tidur
    Tamara: obatnya Gimana Dr??
    Dok: utamakan membersihkan muka sblm tidur
    Tamara: udah selesai mens 1 minggu yg lalu tapi tetep Aja belum hilang .. malah tambah banyak dr
    Tamara: dr anna mungkin Tau gimana Caranya Menghilangkan Memakai Cara
    Dok: pengobatan sebaiknya dilakukan oleh dokter spesialis kulit. anda bisa konsultasi lebih dulu supaya diberikan obat yg sesuai jenis kulit dan penyakit
  • Posted February 24, 2013
    Dok: halo
    otto: kulit saya berminyak dan berjerawat, bagaimang untuk menghentikannya dan bagaimana menghilangkan bekas jerawaj ??
    Dok: bagaiman perwatn wajah anda selama ini?
    otto: seperti biasa, saya selalu membersihkannya dengan pembersih wajah yg beredar di pasaran. tp tdk juga berhasil
    Dok:jerawat timbul sebagai akibat sumbatan di kelenjar minyak kulit. Pada kondisi tertentu seperti pengaruh hormonal dapat juga jadi pemicu kulti berjerawat. Untuk perawatan kulit secara langsung saya sarankan aanda konsultasikan lgsg ke dokter kulit agar dpt ditangani sesuai jenis dan kondisi kulit anda
  • Posted February 25, 2013
    Lucky: bagaimana cara menghadapi jerawat bernamah ?
    Lucky: bernanah maksudnya
    Dok: Berapa usiaanda?
    Lucky: 17 tahun
    Dok: Sejak kapan mengalami hal tersebut?
    Lucky: baru sekitar 2 minggu ini
    Dok: Di mana jerawat muncul?
    Lucky: di bagian hidung dan sepertinya akan muncul lagi di bagian kening
    Dok: Apakah anda menggunakan pembersih wajah?
    Lucky: tidak
    Dok: Aktivitas apa saja yang anda lakukan sehari-hari?
    Lucky: sekolah dan 3 jam di perjalanan pulang dengan transportasi umum
    Dok: Apakah cukup konsumsi buah dan sayur?
    Lucky: saya rasa tidak
    Dok: Cukup minum?
    Lucky: bisa dibilang sedikit kurang
    Dok: Sbeaiknya anda cukupi minum 2 liter per hari
    Dok: Cukupi makan sayur dan buah
    Dok: Rajin membersihkan muka
    Dok: Karena bernanah, sebaiknya menggunakan antibiotik
    Dok: Untuk antibiotik tersebut, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit
    Lucky: ok terima kasih , sebelumnya bagaimana jerawat bisa muncul ?
    Dok: Karena ada penyumbatan kelenjar sebum oleh kotoran
    Dok: Bisa juga karena infeksi
    Lucky: bagaimana cara membersihkan kotoran itu dengan benar ?
    Dok: Dengan memberishkan muka selama 3 kali per hari
    Lucky: dengan hanya air atau sabun antiseptik ?
    Dok: Sebaiknya dengan sabun pembersih muka
    Lucky: ok terima kasih
    Lucky: untuk mengecil kan amandel itu ada makanan kusus gak
    Lucky: terus cara menghilangkannya tanpa oprasi gimana?
  • Posted February 28, 2013
    agusti novita: met siank dok,..dok saya ingin bertanya knapa ya kulit saya cenderung gampang bintik2 jerawat gtw.dan gampang kering....apa yg hars saya lakukan biar kulit saya lembab dan kenyal
    agusti novita: dan gmn cara memutihkn kulit...
  • Posted March 8, 2013
    Benny: bagaimana cara menghilangkan jerawat
    Dok: di bagian mana jerawatnya?
    Benny: di wajah
    Dok: sejak kapan jerawatnya muncul?
    Benny: udah 2 Minggu
    Dok: apakah sebelumnya belum pernah berjerawat?
    Benny: ya dulu pernah
    Dok: jika anda memang sering berjerawat, maka kemungkinan jerawat ini bisa disebabkan banyak hal
    Dok: misalnya: krn keturunan, krn infeksi pada kulit, karena penggunaan produk kulit yg kurang tepat, krn luka, krn stres, dll
    Benny: obat yg bisa membantu menghilangkan Nya apa?
  • Posted March 8, 2013
    inTan permata sari: mengapa jerawat saya susah hilang
    Dok: jerawat di bagian mana?
    inTan permata sari: kening dan dagu
    Dok: apakah anda sudah pernah berobat ke dokter?
    inTan permata sari: blm pernah
    Dok: sejak kapan jerawatnya muncul?
    inTan permata sari: udah Lama
    inTan permata sari: bintik kecil2 nya gak hilang kayak komedo
    Dok: jerawat bs disebabkan banyak hal, misalnya krn stres, keturunan, atau krn adanya infeksi pada kulit. tergantung penyebabnya, obatnya pun berbeda2
  • Posted March 9, 2013
    devismaulidy11: dok bagaimana caranya jerawat biar bs hilang dok?
    Dr. Anna: slmt sore
    Dr. Anna: brp usia anda?
    Dr. Anna: utk menghilangkan jerawat, kebersihan wajah harus dijaga. Bersihkan wajah min 2kali sehari (terutama sebelum tidur). Hindari produk kosmetik berlebih dan gunakan produk yg sesuai dg jenis kulit serta non comedogenik. Jgn memencet jerawat yg timbul serta hindari konsumsi makanan berlemak berlebih (cokelat,gorengan, keju dsb). Utk mengobatinya sebaiknya berkonsultasi dg dokter kulit anda.
  • Posted March 19, 2013
    Safira: bisa gak menghilangkan jerawat mnggunakan lidah buaya?
    Dok: saya belum pernah membaca penelitian mengenai hal itu
    Safira: gmn dok?
    Safira: lalu cara alami lainnya gmn dok?
    Safira: atau memakai saleb. kira kira saleb apa dok yg cocok
    Dok: tergantung apa penyebabnya. penyebab jerawat macam2: krn keturunan, krn infeksi pada kulit, krn kurangnya kebersihan wajah, krn stres. sebaiknya menghindari semua hal itu. jika krn keturunan, sebaiknya konsultasi ke dokter kulit utk mendapat obat yg sesuai resep
    Safira: sy rasa bkn karena keturunan.
    Dok: utk mengetahui penyebab pastinya, harus diperiksa secara langsung. anda bisa ke dokter spesialis kulit lebih dulu. setelah pasti penyebabnya, baru diberikan obat yg sesuai
    Safira: biasa nya pakai apa dok untuk menghilangkanya? tolong sarannya dok
    Dok: saya tdk bs memberi resep pada anda krns saya tdk memeriksa anda secara langsung
  • Posted March 19, 2013
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: makanan apa aja dan jenis makanan apa aja yang di hindari untuk mencegah jerawat?
    Dok: Makanan yang pedas dan berminyak, mengandung lemak dan gula tinggi
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: em pdahal saya suka pedas ap kh masih boleh jika makan pedas walau di kurangi?
    Dok: Boleh, asal tidak berlebihan
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: oh.ia .. adakah salap yang bgus untuk mnghilangkan jrawat yang mau tumbuh
    Dok: Ada beberapa bahan untuk jerawat yang dijual bebas di pasaran
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: apakah dokter tau yang bagus bagaimana?
    Dok: Misalnya yang mengandung Alpha hydroxy acid, Benzoyl peroxide, Resorcinol, Salicylic acid
    Dok: Merk bermacam-macam, silahkan anda pilih. Saya tidak bisa merekomendasikan satu merk tertentu
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: bagaimana dengan meminum obat. seperti di iklan2 tv tapi itu yang iklanin cwe dok apa boleh untuk pria?
    Dok: Obat apa?
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: obat.. untuk wajah nuriskin kalo ga salah?
    Dok: SIlahkan saja, pria juga bisa mengkonsumsi
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: oh baik lah dok. saya pernah baca di artikel
    Dok: Artikel apa?
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: saya pernah baca di artikel katanya tlur penyebab kanker apa bner itu dok?
    Dok: Tidak betul
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: tentang jika mengunsumsi telur terlalu banyak maka akan menyebab kan kangker katanya bgtu apa bner itu?
    Dok: Tidak betul
    Dok: Namun memang sebaiknya konsumsi dalam jumlah cukup, jangan berlebihan karena bisa meningkatkan kadar kolesterol darah
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: jadi yang benarnya bgai mana dok?
    Dok: Konsumsi dalam jumlah cukup
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: sore dok?
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: oh jadi jika berlebihan apa efeksampingnya dok?
    Dok: Konsumsi telur berlebihan bisa menaikkan kolesterol
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: oh . kan katanya makanan berminyak penyebab jeraeat
    Dok: Betul
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: jerawat . jadi pola makan saya di ganti dengan rebus2 bgtu dok?
    Dok: Sebaiknya makan normal saja, jangan drastis merubah pola makan
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: jika mrubah drastis . apa yang bisa terjadi?
    Dok: Akan ada fase balas dendam, karena terlalu lama makan rebus-rebusan saja, suatu saat anda akan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti goreng-gorengan berlebihan
    Dok: Boleh makan pedas, asal sekali seminggu saja
    Dok: Boleh makan gorengan, sekali seminggu atau dua minggu saja
    Dok: Boleh makan telur, asal sehari tidak lebih dari satu
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: oh ia benar juga?, jadi saya cukup meminimalis makanan berminyak seperti itu?
    Dok: Betul sekali
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: oh jadi makan telur yang baik , benar, sehat itu sehari sekali aja dok?
    Dok: Betul
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: saya melihat teman saya di suka makan yang berminyak tapi dia ga berjerawat ko bisa dok, apa ada perbedaan kulit di antara kami ini dok?
    Dok: Bisajadi perbedaan pada tipe kulitnya, lalu jumlah kelenjar sebum di kulit muka
    Dok: Semakin banyak kelenjarnya, semakin banyak minyak yang diproduksi, tipe kulitnya berminyak, rentan berjerawat
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: jadi tipe kulit saya ini yang benar2 harus di jaga dengan baik bgtu dok?
    Dok: Betul
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: bgaimana dengan penggunaan sabun muka dok?
    Dok: Pilih sabun muka yang cocok dengan muka anda
    Dok: Jika kulit berminyak dan berjerawat, pilih produk yang khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat
    Dok: Jika jerawat banyak, hindari penggunaan sabun muka yang mengandung scrub karena bisa mengakibatkan peradangan pada jerawat
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: penggunaan beberpa kali shari itu ga papa kab dok?
    Dok: Cuci muka 2 kali sehari, pagi hari dan setelah aktivitas
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: j
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: bagai mana jika lebih dok?
    Dok: Jangan terlalu sering mencuci muka, karena bisa mengakibatkan minyak wajah terangkat seluruhnya, kulit menjadi kering dan akhirnya akan merangsang kulit untuk produksi minyak lebih banyak
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: oh .. tapi jika membasuh saja tidak papa kan dok , kan wudu buat solat
    Dok: Jika hanya basuh tidak apa-apa
    Dok: Saat mengeringkan, jangan menggesek handuk terlalu kencang ke kulit muka, cukup ditempelkan saja
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: wah ia terimakasih dok . di kulit lengan saya seperti ada bndolan dan itu kya daging di dalam entah apa itu ... itu apa ya dok?
    Dok: Benjolan sejak kapan?
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: sejak kecil dok. dan agak membesar sedikit .
    Dok: Apakah ada matanya?
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: tidak dok?
    Dok: Lunak?
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: benar dok dan menggupal kecil
    Dok: Tumor jinak terbanyak adalah lipoma
    Dok: Namun tidak menutup kemungkinan merupakan jenis tumor jinak lain
    Dok: Lipoma adalah penumpukan lemak di bawah kulit
    Dok: Jika mengganggu, bisa dioprasi
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: apa yang harus saya lakukan dok?
    Dok: Sebaiknya anda periksa ke dokter untuk dipastikan jenis tumor jinak yang anda alami
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: terimakasih lagi. apakah itu dari efek makanan juga dok?
    Dok: Biasanya tidak
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: efek keturunan?
    Dok: Tergantung apa jenisnya
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: apa kah mengkonsumsi mi instan tidak baik dok?
    Dok: Sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang mengandung pengawet
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: apakah berjerawat memiki fase dok? balik lagi :-P
    Dok: Pada wanita biasanya ya
    Dok: Namun tidak pada pria
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: bekas jerawat hilang dalan jangka waktu 28 hari apa itu benar dok?
    Dok: Pergantian kulit normal terjadi dalam waktu 120 hari
    Dok: Bekas jerawat yang terbatas pada lapisan atas kulit bisa menghilang dalam jangka waktu 1-3 bulan
    Dok: Namun bekas yang lebih dalam membutuhkan waktu yang lebih lama
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: emm apa kah wartel bagus untuk wajah dok?
    Dok: Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk epitelisasi kulit, jadi ya, baik untuk wajah
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: sip dok. em bagai mana dengan sering makan nasi goreng yang di ,goreng pake margarin?
    Dok: Tidak baik untuk kulit berjerawat, karena selain mengandung minyak, juga banyak mengandung karbohidrat
    Muhamad.Nopan.Akhirudin: apakah margarin sama halnya dengan minyak goreng biasa dok?
    Dok: Margarin lebih sehat dibanding minyak kelapa